Skip to content

TDL11: Temukan pola perubahan


: Serial Insert The Dancing Leader

Satu kali adalah kejadian. Dua kali adalah kebetulan. Tiga kali atau lebih adalah sebuah pola. Diane Ackerman.

Kapasitas mengenali pola adalah kapasitas alami manusia. Seorang anak kecil bisa mengucapkan kata dan kalimat walau belum mengenal huruf-huruf penyusunnya. Kita bisa menikmati sebuah lukisan tanpa perlu mengenali warna-warna yang terkandung didalamnya.

Perubahan menyampaikan pesan pada kita dalam bentuk pola-pola baru. Ada serangkaian kejadian yang membentuk suatu kemiripan, siklus, tatanan, proses, dan aliran. Seluruh semesta ini tertata dalam suatu pola-pola tertentu. Tantangan bagi kita adalah menyadari hadirnya pola baru dalam bisnis kita. Apabila kita abaikan pola itu maka akan terjadi ketidakselarasan antara ritme bisnis dengan gerakan kita.

Satu kali target penjualan tidak tercapai itu kejadian. Dua kali target penjualan tidak tercapai itu kebetulan. Tiga kali atau lebih target penjualan itu adalah pola, sebuah pesan perubahan bagi kita. Satu atau dua kali mungkin penyebabnya adalah individu. Tiga kali atau lebih adalah sebuah pesan bagi kita untuk melakukan perubahan, tidak cukup dengan memberikan reward atau punishment.

Menjadi The Dancing Leader berarti menjadi waspada menyimak alunan pola perubahan. Betul kita perlu menyimak dengan seluruh indera kita untuk mengenali kejadian yang mirip dan terulang kembali atau terjadi bersamaan. Ibarat, seorang penari yang menyimak alunan musik yang akan menjadi pengiring tariannya

Tanyakan pada diri sendiri dan rekan anda, “Apa kejadian-kejadian mirip yang terulang atau terjadi bersamaan dalam organisasi anda? Apa pesan perubahannya?”

Ikuti terus dengan follow @bukik di twitter

Bukik.com bekerja sama dengan Trijaya FM Surabaya
akan menyiarkan insert
The Dancing Leader
mulai Senin 4 Oktober selama satu bulan
Ingat, setiap 18.45 atau 19.00 WIB
stay tune on Trijaya FM 104.7
Buat rekan-rekan luar Surabaya
Ikuti streamingnya di http://radiotrijaya.co.id
Jangan lupa masukkan reminder

No comments yet

Ngasih Komentar