Skip to content

TDL12: Bersabar mengenali Pola


: Serial Insert The Dancing Leader
Alkisah, seorang manajer tengah mengunjungi pabrik bersama seorang konsultan. Ketika sedang berjalan manajer melihat genangan oli di lantai. Manajer memanggil seorang karyawan dan menegur “Ada oli di lantai itu. Tolong segera bersihkan”. Pada saat itu, sang konsultan menyela, “Mengapa ada oli di lantai?” Sang manajer mengulangi pertanyaan tersebut dan karyawan menjawab, “salah satu mesin mengalami kebocoran”. “Oh begitu….kalau begitu bersihkan oli itu dan perbaiki mesinnya”, ujar sang manajer. “Tapi mengapa mesin itu bocor?”, bisik sang konsultan. “Ups…iya….mengapa mesinnya bocor?”, ulang sang manajer. “Gasketnya tidak baik”. “Oh….jadi bersihkan lantai, perbaiki mesin, dan lakukan sesuatu terhadap gasketnya”, perintah sang manajer. “Dan mengapa gasketnya tidak baik?”, tambah sang konsultan. “Betul….mengapa gasketnya tidak baik?”, lagi-lagi sang manajer mengulang. “Kami diberitahu bagian pembelian mendapatkan banyak masalah dengan gasket-gasketnya”, jawab sang karyawan.

Singkat cerita, setelah kunjungan sang manajer berbicara dengan beberapa orang di kantornya. Dan terlihat, kebijakan perusahaan 2 tahun yang lalu telah mendorong bagian pembelian untuk mencari harga terendah. Oleh karena itu, perusahaan mendapatkan gasket yang tidak baik, mesin yang bocor dan oli tercecer di lantai.

Bayangkan, dampak sebuah kebijakan 2 tahun yang lalu baru tampak menjadi gangguan pada hari ini. Sebab dan akibat jarang sekali duduk berdekatan. Sebab dan akibat biasanya terpisah jarak waktu dan ruang.

Menjadi The Dancing Leader itu berarti bersabar menanti hadirnya sebuah pola. Tidak terburu-buru merespon suatu kejadian. Tidak bersikap reaksioner terhadap suatu peristiwa. Menjadi The Dancing Leader bersabar memahami suatu pola sehingga tindakannya selaras alunan gelombang perubahan yang lebih besar. Dengan bersabar, kita bisa menemukan tindakan pengungkit, tindakan kecil yang berdampak besar pada keseluruhan organisasi kita.

Tanyakan pada diri sendiri dan rekan anda, “Apa tindakan anda atau keputusan perusahaan yang bersifat reaksioner? Bagaimana harusnya tindakan atau keputusan itu apabila dilakukan setelah memahami pola kejadiannya?”

Ikuti terus dengan follow @bukik di twitter

Bukik.com bekerja sama dengan Trijaya FM Surabaya
akan menyiarkan insert
The Dancing Leader
mulai Senin 4 Oktober selama satu bulan
Ingat, setiap 18.45 atau 19.00 WIB
stay tune on Trijaya FM 104.7
Buat rekan-rekan luar Surabaya
Ikuti streamingnya di http://radiotrijaya.co.id
Jangan lupa masukkan reminder

No comments yet

Ngasih Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: