Skip to content

Hidupkan Blogmu dengan Program Unik dan Personal

Blog adalah media kita untuk menjadi sosial dalam lingkup luas. Gunakan program unik & personal menghidupkan komunitas blog kita.

Hari ini istimewa. Begitu tiba di rumah setelah perjalanan dari Jakarta, aku mendapatkan sebuah kartu pos menarik dari seorang kawan blogger, Donny Verdian, blognya Donnyverdian.net atau ditwitter dikenal sebagai @dv77. Awal aku mengenal beliau gara-gara heboh posting Kalian tidak sedang menjual blog kalian, kan?. Sejak itu, aku berlangganan blognya via email. Tapi justru via aplikasi twitter aku sampai ke posting menarik berjudul Kpd Yth.

Posting Kpd Yth adalah salah satu program unik yang membuat blog Donnyverdian.net jadi hidup dan keren. Program ini ada karena beliaunya ingin terapi menulis tangan, alih-alih menulis menggunakan komputer. Karena itu, beliau berjanji mengirim kartu pos dari Australia kepada mereka yang ikut program ini. Kartu pos ini sebagai penghargaan terhadap pembaca setia blognya.

Aku beruntung terpilih sebagai salah satu penerima kartu pos dari Donny Verdian. Terima kasih Mas atas kehormatan ini. Kartu pos ini sederhana dan mungkin bagi banyak orang dianggap tidak bernilai. Tapi di mataku, kartu pos ini begitu berharga. Mengapa? Kartu pos ini spesial buatku dengan ucapan yang spesial pula.

Sayangnya……..nah ini yang bikin sedih. Kartu pos itu datang ketika tidak ada orang di rumah dan di terima oleh anakku. Dan dengan tanpa merasa bersalah, anakku memperlakukan kartu pos itu sebagai mainan. Ditekuk-tekuklah kartu pos tersebut. Maafkan Mas Don……

Apa yang bisa kita pelajari dari program kartu pos Kpd Yth karya Donny Verdian ini? Pertama, blog lebih dari sekedar ajang kita memuaskan diri dalam menulis. Blog adalah media bagi kita untuk menjadi sosial. Kita bisa menjadi sosial melalui blog. Menjadi sosial berarti menjadi kenal, dikenal, berinteraksi, dan membangun relasi sosial yang hangat dalam lingkup yang begitu luas. Untuk apa menjadi sosial? Tergantung pada kita. Bisa untuk memenuhi kebutuhan bersosialisasi. Bisa untuk membangun personal brand.

Blog itu media kita. Imajinasikan kita mempunyai sebuah stasiun radio sendiri. Sebagaimana twitter itu ibarat radio kita, begitu juga dengan blog atau malah kita sinergikan kedua media sosial itu. Nah kita bisa menciptakan berbagai program untuk menarik dan melibatkan pembaca dalam media blog kita. Beberapa ide program itu diantaranya adalah :

  1. Program apresiasi pembaca. Contoh program ini adalah kartu pos Kpd Yth yang dilakukan oleh Donny Verdian. Sebuah program sederha tapi penuh makna dan sentuhan personal yang bertujuan memberi apresiasi buat pembaca blog kita.
  2. Program survey masukan pembaca. Aku pernah meluncurkan program semacam ini yang berjudul Masukan buat Bukik.com. Apa manfaatnya? Kita bisa mengetahui harapan pembaca blog sehingga kita bisa memutuskan seberapa jauh kita akan memenuhi harapan tersebut.
  3. Program sesuai momen tertentu. Blog Bukik.com punya program yang disebut Kado Merdeka yang telah berjalan dua tahun. Program ini mengajak orang untuk memberikan kado pada Indonesia di hari ulang tahunnya.
  4. Program tantangan pembaca. Aku pernah baca suatu blog dimana penulisnya membeberkan beberapa rahasia dirinya dan menantang pembaca untuk menulis poin yang sama di blog masing-masing.

Ada banyak lagi ide program yang bisa diciptakan oleh seorang blogger. Prinsipnya program itu unik sehingga memikat pembaca, personal sehingga penuh sentuhan hangat, sesuai dengan karakteristik dan misi sebuah blog.

Apa ide program kreatif yang terbayang untuk blog anda? 

Klik untuk Langganan Bukik.com Melalui Email

47 Comments Post a comment
  1. wah iya ya pak, blog seharusnya menjadi sarana ‘move on’ yang bagus walau mungkin tidak secepat social network. saya selalu merasa movement program hanya bisa dilakukan untuk blog yang udah well known…

    01/03/2012
  2. Izzah #

    Salamualaikum..
    ehm. ngeliat blog bapak, saya jadi pgen bikin blog juga..
    tapi waktu saya udah berhadapan sm kotak kosong entri baru, saya bingung mau nulis apa..
    ada ide?

    13/02/2012
    • tulislah tentang kebingungan itu. Rasakan kebingunganmu, eksplorasi kebingunganmu, tuliskan kebingunganmu…..

      13/02/2012
      • Izzah #

        boleh boleh..
        Oke oke..
        Makasih 🙂

        14/02/2012
        • beneer om bukik, suatu hari saya pernah kebingungan mau posting apa, kemudian saya tuliskan. ehh.. jadilah satu judul posting. hehe

          10/10/2012
  3. Lewat tulisan ini saya pun terinspirasi dan membuat program serupa…
    Ada yang mau ikutan? hehehe –> http://ivanprakasa.com/2011/12/10/dear-friends/

    16/12/2011
  4. Tulisan yang bagus, akan menjadi inspirasi buat para blogger.

    14/12/2011
  5. gud point.. trims inspirasinya

    09/12/2011
  6. Duh, langsung berpikir program yang tepat untuk blog saya.

    Salam takzim, Mas. Mencerahkan!

    29/11/2011
  7. Kalau kata kaskuser : nice post gan!

    Menurut saya, jika ada sentuhan personalnya, bahkan dengan ada visualisasi fisiknya, seperti kartupos pasti akan membuat pengalaman yang memorable!

    Trims sudah sharing yaa

    26/11/2011
  8. Wah keren juga ya programnya.. Kira2 yang pas u/ blog abal-abal saya apa ya? *mikir di pojokan*

    24/11/2011
  9. wah banyak dapet ilmunya nih, makasih yah
    saya langganan aja deh blognya 🙂

    18/11/2011
  10. sumpah dari pagi saya keperangkap di blog ini, artikel-artikel yang ditulis sama bukik keren-keren, dapet ilmu banyak saya, klo blog saya si baru jadi, belum punya postingan malah *malu* . saya masih bingung apa yg harus saya tulis di blog, mohon masukannya

    17/11/2011
  11. minta izin langganan rss pak…

    17/11/2011
  12. Ide cemerlang…dan akan jadi hebat bila ide itu dilaksanakan…trims inspirasinya, salam kenal pak.

    17/11/2011
  13. bukan blog maksudnya om tapi kartu pos, kenapa jadi salah ketik begini ya?

    17/11/2011
  14. kalo om bukik mau ngirimin saya blog juga boleh 😀

    17/11/2011
  15. Setuju. Makanya saya pilih-pilih kalau dapet tawaran iklan. Bukannya saya nolak duit, tapi klo iklannya nggak sesuai dengan citra yang ingin saya bangun malah jadi nggak konsisten. Untuk jangka panjangnya justru ngerugiin. Jadi inget, punya dua postingan yang belum diupload gara2 blum selesai diedit 🙂

    15/11/2011
  16. sudah cukup lama saya memalas nulis di blog, jeee… piye jal ki?

    09/11/2011
  17. memang inspiratif ya mas-mas di atas … manggut² dan tepuk tangan 🙂

    07/11/2011
  18. Aku kok gak dikirimi ya? padahal udah ikut. Mungkin mas Donny lupa karna sangking banyaknya yang harus dikirimi kartu pos.. 🙂

    04/11/2011
  19. apa ide sy ya?
    harus merenung dulu nih …

    02/11/2011
  20. Benar-benar niat ngeblog ini, sudah seperti mengelola majalah tingkat nasional.
    Ide-idenya menarik juga, kalau cuma update tanpa event2 tertentu memang tidak terlalu istimewa. *mikir, kira2 buat acara apa ya#????

    01/11/2011
    • Yup. Bukan sekedar posting. Bukan sekedar update. Tapi juga melayani dan membangun hubungan dengan pembaca

      02/11/2011
  21. dinneno #

    Sebagai blogger memang harus pintar-pintar cari ide untuk para pembacanya. Tapi saya gak pernah kepikiran dengan ide kartu pos, patut dicoba ni pak.

    31/10/2011
    • Yuuuuk yuuuk……bisa sekaligus untuk mempromosikan potensi wisata/kuliner daerah kita juga kan

      02/11/2011
  22. ladeva #

    Blog itu memang bisa menjadi media untuk mencitrakan siapa diri kita. Dari blog, kita juga bisa menemukan teman baru. Aku juga pernah ngasih kartu pos ke seorang teman blogger di luar kota 🙂 Bukik, blognya bagus 🙂

    28/10/2011
    • Terima kasih buat pujiannya
      Ditunggu kunjungan berikutnya
      Hehehe iya, blog adalah media kita. Blog adalah kita di dunia digital

      02/11/2011
  23. jk #

    program menantang pembaca? ide yang sangat kreatif mas bukik

    27/10/2011
  24. Saya kaget saat membaca posting waktu itu, banyak yang terhenyak. Dan memang sekarang sudah terlalu melampaui batas, blogger tak ada garis yang membedakan ‘pantas’ atau tidaknya menerima ‘job’. Ini juga harus diperhitungkan hingga kita memang menghasilkan ssesuatu berkualitas 🙂

    26/10/2011
    • Hehehe OOT nih…..
      Kuncinya: perlakukan blog kita sebagai media yang mempunyai pembaca. Pembaca blog ini yang perlu kita kelola. TV saja kalau kebanyakan iklan kita pindah saluran kok. Apalagi blog

      02/11/2011
  25. Aku juga dapet dari DV dunk mas 😉
    Tapi gambarnya beda ^_^

    Ide untuk blog? Hmm tahun ini krn kesibukan, aku belum bisa arrange acara mas, tp tahun lalu aku bikin sayembara menulis prosa 🙂

    Yep, blogger memang bisa berbuat sesuatu

    25/10/2011
    • Wah bikin lomba menulis prosa?
      Wah dapat inspirasi nih…….*merenung

      02/11/2011
  26. Dari dulu pengen.buat sesuatu di blog.. tapi belom dapat ide yg tepat.. hehehe

    22/10/2011
  27. sy belum smpai berpikir kesitu pak. Tapi ini sangat inspiratif sekali buat saya,,,

    21/10/2011
  28. wahyu asyari m #

    ih, kartu nya lucu 😀

    21/10/2011
  29. waah, menarik patut di coba 😀

    21/10/2011
  30. DV #

    Makasih udah dituliskan secara spesial di sini, Bung Bukik!
    Anda berhasil meng-capture niatan saya untuk menulis kartupos dan mengirimkannya.. tepat sekali, aku menggunakan blog dan mengejawantahkan kata ‘social media’ benar-benar sebagai media untuk bersoialisasi tentang diriku dan diriku berbuat sosial yang semoga menjadi ‘sesuatu’ untuk sesama 🙂

    21/10/2011
    • Hehehe aku yang terima kasih, Bung!
      Selalu ada manfaat dari setiap niat dan tindakan baik kita

      21/10/2011
  31. gag tau mengapa kok ingin “netes” setelah membaca posting pak Bukik yang ini TT
    pak Bukik… jangan bosen ya untuk mengisnpirasi banyak orang… semoga Allah memberikan kesehatan dan banyak inspirasi ke pak Bukik agar lebih banyak menginspirasi orang2………………………….

    21/10/2011
    • Amiiiin…..terima kasih buat doanya

      21/10/2011
  32. aku pernah iseng-iseng buat kuis di blog dengan hadiah pulsa (masing-masing) 25rb untuk 2 orang, tapi yang ikut cuma 1 orang. hahaha..

    20/10/2011
    • Kalau belajar dari kartu pos itu, sentuhan personal justru jadi penguat. Sementara kalau pulsa, sentuhan personalnya gak kerasa. Ayo semangat……

      21/10/2011

Trackbacks & Pingbacks

  1. Hidupkan Blogmu dengan Program Unik dan Personal bukik.com | Welcome To I Sharing
  2. Dear Friends… « Ivan Prakasa Personal Blogsite
  3. Bukik Bertanya: Anak Panah yang Melaju Kencang @DV77 | Bukik Ideas

Ngasih Komentar