3 Akun Berpengaruh dari Surabaya
Surabaya itu ibarat diesel, lambat panas tapi begitu panas langsung ngejoss. Begitu pula di dunia twitter. Simak 3 akun paling berpengaruh dari kota pahlawan ini.
Miris rasanya ketika setahun yang lalu menyaksikan sebuah presentasi menunjukkan Surabaya sebagai kota terbesar kedua di Indonesia justru tidak begitu aktif di twitter. Hasil riset dari SalingSilang.com awal tahun ini pun menunjukkan Surabaya hanya menjadi kota ke-5 dalam keaktifan di twitter. Tetapi pada Juli 2011, laporan SalingSilang.com menunjukkan Surabaya melompat menjadi kota ke-3 paling aktif di twitter.
Apa yang terjadi? Pertama, Surabaya sebagai wilayah geografis budaya mempunyai suatu keunikan tersendiri. Para pengguna dari Surabaya dan sekitarnya mempunyai kebutuhan unik yang tidak dapat dipenuhi oleh akun kota lain. Kedua, lembaga dan perusahaan mulai melek media sosial khususnya twitter. Ketiga, adanya akun yang aktif dan berpengaruh di Surabaya. Akun apa? Pencarian informasi yang kulakukan menunjukkan setidaknya ada 3 akun berpengaruh yang berasal dari Surabaya.
Tiga gambar diatas merupakan profil Klout.com dari ketiga akun berpengaruh di Surabaya, @AsliSuroboyo, @GNFI dan @SSFM100. Catatan, pada profil GNFI masih muncul nama admin yang mungkin dulu digunakan sebagai nama akun. Akun @AsliSuroboyo dengan Skor Klout 85 mempunyai gaya celebrity, tingkah polahnya jadi perhatian bagi followernya. Tipe ini serupa dengan tipe @Poconggg. Sementara, @GNFI dengan skor 82 dan @SSFM100 dengan skor 73 termasuk Thought Leader, pendapat mereka diperhatikan dan bahkan menjadi rujukan buat followernya.
Ketiga akun ini mempunyai karakteristik yang berbeda, seolah mereka punya peran tersendiri bagi kota dan warga Surabaya. Perbedaan itu terlihat dari topik-topik yang menjadi obrolan ketiga akun tersebut.
Ketiga gambar ini adalah hasil dari Tweetstat.com yang menunjukkan topik-topik yang diperbincangkan sebuah akun. Semakin besar ukuran tagar berarti semakin sering dan luas diperbincangkan. Terlihat akun @AsliSuroboyo lebih banyak topik yang sifatnya hiburan atau bermain yang menyenangkan followernya. Topik itu banyak mendapat respon sehingga tak jarang akun ini mencetak Trending Topics.
Sementara, @GNFI, sesuai dengan misi yang tertera pada profilnya, mengusung topik berlingkup nasional. Topik-topik yang membangkitkan rasa bangga akan tanah air tercinta Indonesia. Sementara, obrolan @SSFM100 didominasi topik-topik lokal Surabaya meski ada beberapa topik nasional juga. Karakteristik lebih detil ketiga akun tersebut bisa disimak di tabel ini.
Keaktifan membangun percakapan di linimasa tentu berdampak pada penyebaran pengaruh yang lebih luas. Ketiga akun tersebut mempunyai trend untuk terus berkembang dan bertambah followernya.
Kiprah ketiga akun Surabaya ini patut menjadi catatan bagi siapapun yang ingin masuk ke Surabaya melalui media sosial terutama twitter. Akun yang bisa berpengaruh pada suasana dan warna obrolan di linimasa Surabaya dan sekitarnya. Meski tetap perlu diperhatikan akun-akun lain yang terus tumbuh dan berkembang dengan kekhasannya masing-masing.
Karakteristik akun seperti apa yang lebih anda sukai untuk membangun percakapan di twitter?
Biar update informasi terbaru Klik untuk Langganan Bukik.com via Email
Sumber gambar: Zrendavir_
Catatan: Ada beberapa data angka yang terus berkembang dibandingkan ketika pengambilan data untuk penulisan posting ini seperti jumlah follower/following dan skor Klout.
info menarik nih, follow ahhhh, biar banyak teman senusantara
SOK TAHU BANGET….
ORANG SURABAYA (JAWA TIMUR) PAKE BAHASA DAERAH SAYANG PENGUCAPAN SURABAYA ITU SUROBOYO ORANG SURABAYA JARANG PAKE BAHASA INDONESIA SEPERTI JAKARTA ATAU BANDUNG…
BAHASA JAWA SURABAYA BEDA SAMA BAHASA JAWA JOGJAKARTA
BORO-BORO MAU DI TAG TWITTER:
BAHASA SURABAYA BELAJAR DULU DONG BAPOAK-BAPAK
CONTOH BAHASA SURABAYA:
SELAMAT SIANG SURABAYA ARTINYA :
YO OPO KABARE CAK WES AWAN IKI REK JADI GAK TERDETEKSI BAHASA INDONESIA
DULIN NANG SUROBOYO SEK TA, BEN CEK ERUH SUROBOYO KARO RUJAK CINGUR
ARTINYA
MAIN DULU KE SURABAYA COBA2 DULU RUJAK CINGUR…BARU KOMENTAR..
BAROMETER EKONOMI INDONESIA ITU ADA DI SURABAYA TANYA SAMA MENTERI EKOMONI
JAKARTA CUMA KOTA ENTERTAINMENT AJA IKLAN2 TV DI SUPPLAI DARI PERUSAHAAN DARI SURABAYA…
PAHAM
SALAH SILANG ANDA..
Salute to that Akun Originally from Surabaya..
Wah, ulasan unik nan menarik. Jarang2 ada yang mau mengulas soal socmed disalah satu kota yang mungkin berjubel penggunanya. Lagipula, saya pun belum pernah mencoba dengan trik angka begituan 🙂
Keren mas…. 😀
berani beda berani gila!
liputan menarik 😀
pertanyaan pertama, dari mana ketiga nama itu bisa muncul? apakah karena sudah kenal dg mereka sebelumnya atau ada aplikasi tertentu utk mencari ketiganya.
pertanyaan kedua, apakah ada efek antara pengaruh di dunia maya itu pada aktivitas di dunia nyata?
sekian. terima jawaban. :p
Wahahaha pertanyaannya mantap
Tekniknya kombinasi antara aplikasi http://tweet.grader.com/location/ dengan manual, menggunakan Klout.com. Mengapa? TIdak semua akun mengisi nama untuk lokasinya.
Kalau efek, mungkin terlalu jauh. Tapi ada korelasi antara pengaruh offline dengan online, ya ada. Ada postingku tentang analisis putri Indonesia 2011. Bagaimana sebelum, selama dan setelah terpilih
Suwun sudah berkunjung dan berkomentar
Wah terima kasih atas kepercayaannya telah memasukkan GNFI ke daftar akun Twitter yang berpengaruh dari Surabaya.
Sebenarnya admin Twitter GNFI ada di mana-mana, di beberapa kota di Indonesia bahkan luar negeri, karena ini kan utuk Indonesia. Jadi mungkin GNFI bisa masuk analisis untuk akun berpengaruh dari daerah lain juga 🙂
Nah kalau begitu, harus bersedia kuwawancarai. Hasilnya nanti aku siapkan di posting tersendiri. Ya apa?
sya pesen utk jogja mas, siapa yg berpengaruh,,,hehe
Hmmm.. gak terlalu ngeh dengan beginian mas.. hehehe
Saya kok ndak pernah tertarik dengan angka2 seperti itu ya, Mas 🙂
Saya ngga pernah peduli ukuran klout, jumlah follower dan jumlah komentar dalam blog saya misalnya…
Saya hanya ingin mengekspresikan pendapat tanpa (semoga) tidak menyentuh kepentingan orang lain di media yang saya ikuti. Suka tak suka terhadap saya dan pendapat saya, sepenuhnya saya serahkan ke audiens..:)
Tapi bagus juga sih kalau ada yang memerhatikan persoalan demikian.
Tulisan yang baik! 🙂
Tujuan orang ngeblog dan ngetweet kan beda-beda mas
Ada yang bersenang-senang, ada yang menjadikan kehidupan, ada yang melayani orang lain
Di dunia offline, bisa dikatakan melulu riset kuantitatif. Posting diatas adalah “semacam riset” di dunia digital yang ada aspek kuantitatifnya, tapi juga ada aspek kualitatifnya (analisis isi/content percakapan, kepribadian akun).
Mungkin ada pihak yang lebih butuh kuantitatifnya, tapi ada juga pihak yang lebih suka mendiskusikan aspek kualitatifnya. Namanya juga hidup, kan mesti beragam. Ya tho?
Sayangnya, sejauh ini komentar di blog dan twitter lebih banyak menyoroti aspek kuantitatif dari posting ini. Kenapa ya?
jawaban yg sangat-sangat bagus 😐
Ngeles mode on *asahtanduk
wah manteb tenan hasile, Kalo saya masih diposisi juru kunci nih 😀 😀
harus meguru sm yg senior2 di atas saya 🙂
heuheuheu….. #speechless :”>
kalau @rusabawean pak? _____________________________
Om, rusa juga keren…! *nyamber 😀
kalau @bukik ………………………………………… ?
Wow…!
ditunggu analisisnya ttg akun berpengaruh di Jakarta, Mas… 🙂
Hahaha ndak berani mas. Jakarta banyak yang lebih jago…..ntar dianggap lancang hehehe