Skip to content

5 Posting Paling Banyak Dibaca di Bukik Dot Com Selama 2012

Terima kasih buat teman-teman yang telah berkunjung ke Bukik Dot Com. Apa saja yang menarik dari blog pribadi ini sepanjang 2012? Simak yuk 

Tepat di hari terakhir 2012, WordPress mengirimkan laporan tahunan (Baca di annual report WordPress) mengenai perkembangan blog Bukik dot com. Ternyata ada 98.000 kunjungan sepanjang tahun atau rata-rata 268,49 kunjungan per hari. Angka ini menurun dibandingkan 2011 yang mencapai 130.000. Kemungkinan penyebab utamanya adalah produktivitas menulis yang turun. Jumlah posting di 2012 hanya 36 posting atau rata-rata 1 tulisan dalam 10 hari. Jumlah posting ini hanya sepertiga dari jumlah posting selama 2011. Pelajarannya, perbanyak tulisan dengan waktu publikasi berkala.

Dari sekian banyak kunjungan selama 2012, hari tersibuk adalah 8 Desember 2012 dengan jumlah kunjungan mencapai 1886 kali. Banyaknya kunjungan tersebut disebabkan tulisan “Akhir Perjalanan Hidupku adalah Awal Sebuah Perjalanan Baru”. Posting yang berisi liputan Penghormatan Terakhir beserta catatan Pak Ino. Ada banyak rasa ingin tahu pembaca mengenai pesan terakhir dari Pak Ino.

Masih menurut laporan WordPress.com, berikut ini 5 posting yang paling banyak dibaca selama 2012, yaitu:

  1. RIP Ino Yuwono: Ketiga Guru Lain Pergi, Guru Ini Tetap Bersama Muridnya. Posting ini berawal dari catatan cepat yang aku buat ketika mendengar kabar Pak Ino meninggal dunia, yang kemudian kukembangkan menjadi catatan refleksi pelajaran yang kudapatkan dari Beliau.
  2. Paparazzi Digital: Pengungkap Identitas @Poconggg. Ini posting lama. Aku menulisnya pada 9 September 2011 dan menjadi posting terbanyak dibaca selama 2011. Ternyata posting ini masih menarik minat banyak orang yang terlihat peringkatnya hanya bergeser menjadi urutan dua.
  3. 12 Aturan Cara Kerja Otak (bagian 1). Ini juga posting lama. Posting yang ditulis pada 5 Agustus 2011 ini justru naik peringkat dari yang pada tahun 2011 hanya menempati urutan 5. Aku tidak tahu persisnya mengapa posting ini menarik perhatian banyak orang. Kemungkinan misteri potensi manusia memang selalu menarik disimak sepanjang masa.
  4. Iya, Aku Mengundurkan Diri Sebagai PNS. Posting ini merupakan pengumuman resmi pengunduran diriku sebagai PNS kepada masyarakat luas. Posting ini menari karena 2 aspek yaitu personal dan publik. Secara personal, posting ini menarik perhatian orang yang ingin tahu penjelasanku mengapa mundur sebagai PNS. Secara publik, ternyata banyak orang mencari kata kunci “mundur dari PNS” dan semacamnya. Ada banyak orang yang mencari pertimbangan dari orang lain yang telah mengundurkan diri sebagai PNS.
  5. Enam Aplikasi Twitter untuk Personal Brand.  Lagi-lagi posting lama. Posting yang kutulis pada 6 Nopember 2011 ini berisi aplikasi yang dapat digunakan untuk mengoptimalkan twitter dalam pengembangan personal brand. Kemungkinan posting ini menarik karena melejitnya popularitas twitter pada 2012.

Itu posting-posting menarik menurut pembaca Bukik Dot Com. Kalau menurutku, ada beberapa posting yang penting dan menjadi catatan hidup sepanjang 2012. Apa saja?

  1. Iya, Aku Mengundurkan Diri Sebagai PNS. Posting ini menandai perubahan jalan hidupku yang semula sebagai pegawai menjadi orang bebas. Selepas mundur, ada saja tantangan yang menarik mulai dari tidak punya uang sampai rejeki tidak terduga datang, mulai dari keinginan untuk fokus sampai tetap berusaha keras untuk fokus. Kenyataan bahwa jumlah posting Bukik Dot Com yang menurun sebenarnya merupakan tamparan terhadap konsistensiku membangun personal brand.
  2. “Akhir Perjalanan Hidupku adalah Awal Sebuah Perjalanan Baru”. Posting ini adalah tulisan terberat secara emosional yang pernah kutulis selama ini. Refleksi sejak mendengar kabar Pak Ino meninggal hingga penulisan posting ini banyak menimbulkan gedoran emosional yang tidak semuanya bisa kutulis. Kedukaan yang tidak hanya kurasakan tapi dirasakan oleh banyak orang yang terlihat dari jumlah orang yang menulis mengenai Pak Ino mencapai lebih dari 100 orang dengan panjang tulisan mencapai 170 halaman A4, huruf 12, spasi 1 dan semuanya hanya dalam 3 hari. Tulisan-tulisan yang akan segera terbit menjadi buku “Inspirasi Pak Ino, Guru yang Tak Pernah Pergi”.
  3. Advokasi Kreatif: Sebuah Upaya Meretas Ide Segar. Posting ini bercerita pengalaman awalku dalam mengembangkan modul Advokasi Kreatif dengan dukungan dari Prorep – USAID. Modul ini memberi kesempatan padaku untuk mengaktualisasikan Appreciative Inquiry dalam konteks perubahan sosial di Indonesia.
  4. Takita, Bercerita Telah Mendekatkan Kami. Posting ini berisi pengalaman sebagai seorang ayah yang merebut hati putri kesayangannya berkat manfaay bercerita. Posting ini adalah satu dari 99 posting blog yang ditulis oleh blogger di seluruh Indonesia untuk membalas Surat dari Takita: Mimpi-Mimpi Takita. Takita sendiri adalah sebuah program rintisan Indonesia Bercerita yang sedang mentransformasikan diri sebagai social entrepreneur.
  5. Mengapa organisasi membutuhkan seorang fasilitator?. Posting ini awalnya dari pertanyaan sederhana yang diajukan seorang guru ke Damai, “Apa pekerjaan orang tuamu?”. Waktu itu aku menjawab “fasilitator, ya seperti menjadi guru bagi banyak orang”. Jawaban sederhana yang menurutku mudah dipahami oleh anak kelas 1 SD. Tapi kenyataannya banya orang termasuk kenalanku yang belum mengerti profesi fasilitator. Oleh karena itulah, aku menulis posting ini sebagai pengantar awal untuk memahami pekerjaan sebagai fasilitator.

Kata kunci yang paling banyak digunakan untuk menuju Bukik Dot Com adalah poconggg, cara kerja otak, kreativitas, employee engagement, and aplikasi twitter. Dua kata kunci memang menjadi fokus dari blog ini yaitu kreativitas dan employee engagement yang akan terus diulas.

Demikian ulasan perkembangan blog Bukik Dot Com selama 2012 yang secara kuantitatif menurun tapi secara kualitatif masih memuaskanku. Ke depan, blog ini akan lebih fokus pada topik yang terkait perubahan kreatif dan personal brand. Topik The Dancing Leader telah dipindah ke blog lain. Sementara, topik social media hanya akan dibahas sejauh terkait dengan dua topik utama blog ini. Semoga fokus ini bisa memberi manfaat buat pembaca Bukik Dot Com, setidaknya memperjelas tulisan yang bisa diharapkan dari blog ini.

Terakhir, terima kasih banyak buat 5 teman yang paling banyak memberi komentar di Bukik Dot Com yaitu Irni Irmayani, Lambang Sari B, Applaus Romanus, Boeloek, dan Donny Verdian. Buat teman-teman pembaca pasif Bukik Dot Com, silahkan mulai aktif menyebarkan materi yang menarik atau memberi komentar agar blog ini bisa semakin memberi manfaat pada banyak orang. Terima kasih!

Apa yang anda harapkan diulas di blog Bukik? Ditunggu masukannya ya 

Klik untuk Langganan Bukik.com via Email

7 Comments Post a comment
  1. mymoneymonitore #

    Editors, who receive no royalties or expenses and who
    are only mymoneymonitor very rarely commissioned by the Society, are encouraged to approach the
    Editorial Secretary with a detailed proposal of the text mymoneymonitor they wish to suggest to
    the Society early in my money monitor their work; interest may be expressed at that point, but
    before any text is accepted for publication the final typescript must be approved
    by the Council (a body of some twenty scholars),my money monitor and then assigned a place in the
    printing schedule.

    19/05/2013
  2. ane baru baca nih blog, artikel2 nya inspiratif mas, apalagi yg tentang keluar dari PNS, soalnya ane juga ada rencana kesana. anyway, keep posting!

    05/01/2013
    • Terima kasih…….siapkan rencana yang mantap ya…

      10/01/2013
  3. Yah! Pembaca pasif kenak lagi de.😀

    04/01/2013
    • Kena lagi? Sebelumnya kena dimana? hehe

      10/01/2013
  4. Asyiikkk.. aku termasuk yg aktif berkomentar. tapi entah itu komentar mutu atau gak.. hihihi..

    Mudah2an komentarnya gak terlalu malu maluin😛

    01/01/2013
    • Hahaha….yang penting aktif…..apapun komentar pembaca kan bikin bloggernya mikir…..yah temasuk mikir, ini maksudnya apa ya….hehe

      01/01/2013

Ngasih Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: