Skip to content

Andai Aku Menjadi Ketua KPK, Dunia Pasti Tertawa

Sinergi Pemberantasan Korupsi, Terbitnya Kebangkitan Indonesia

Andai Aku Menjadi Ketua KPK, dunia pasti tertawa. Tapi aku tidak peduli, orang berandai-andai masih lebih terhormat dari pada koruptor. 

Andai Aku Menjadi Ketua KPK, aku mensinergikan semua kekuatan positif Indonesia untuk pemberantasan korupsi. Mengapa? Upaya pemberantasan korupsi bukan saja menghadapi para koruptor, tapi juga cara berpikir masyarakat yang keliru dalam mencapai kesejahteraan.

Andai Aku Menjadi Ketua KPK, aku konsisten melakukan pemberantasan korupsi dengan menindak koruptor. Lebih dari itu, aku mengkampanyekan “Sejahtera itu Tanpa Korupsi” dengan mengkombinasikan metode Appreciative Inquiry, Positive Deviance dan Kekuatan Media Sosial, yang langkahnya adalah:

  1. Menyiapkan materi kampanye “Sejahtera itu Tanpa Korupsi” berdasarkan riset tentang hubungan tingkat korupsi kepala daerah dengan faktor kesejahteraan masyarakat
  2. Melakukan pemilihan “Sosok Integritas”, kepala daerah yang dinilai anti korupsi oleh masyarakat
  3. Melaksanakan “Jambore Integritas” yang dihadiri oleh komunitas orang muda & “Sosok Integritas” untuk bercerita praktek baik mengenai kepemimpinan daerah yang “Sejahtera Itu Tanpa Korupsi”
  4. Memfasilitasi komunitas peserta “Jambore Integritas” untuk menciptakan program kreatif “Sejahtera itu Tanpa Korupsi”
  5. Mensinergikan seluruh langkah dengan kekuatan media sosial baik Twitter, Facebook, Google+, Blog maupun Youtube

Tarian pun bisa menjadi kampanye pemberantasan korupsi

Andai Aku menjadi Ketua KPK memang hanya berandai-andai. Tapi orang berandai-andai masih lebih terhormat daripada koruptor. Setuju?

Catatan: Posting ini ditulis untuk mengikuti Lomba Blog KPK 

Klik untuk Langganan Bukik.com via Email

24 Comments Post a comment
  1. Wah keren pak Bukik…
    Wondering kalo pak Bukik yg jadi ketua KPK, segala ilmunya langsung dikerahkan gituh..
    But pernyataan sejahtera tanpa korupsi dan mengubah pola pikir masyarakat itu emang yang seharusnya paling utama…
    Bila pola pikir berubah secara tidak langsung perilakunya juga nantinya akan berubah…

    03/12/2012
    • Hahaha ndak janji….aku sumbang gagasan saja…..

      01/01/2013
  2. febrii #

    tapi biasa nya yang model gini cuma 2.. kalo bukan di dongeng ya di film2..
    bukan saya ga percaya, cuma kebanyakan kalo sudah di tempat yang enak orang bisa lupa dan menghalalkan segala cara..

    /clap..

    18/11/2012
    • Nah itu….ujian sebenarnya memang ketika seseorang memegang jabatan. Aku menyaksikan orang-orang berubah ketika mereka memegang jabatan

      01/01/2013
  3. Reblogged this on Kisah Mayang and commented:
    Add your thoughts here… (optional)

    15/11/2012
  4. inspiratif
    semoga sukses selalu..ya
    dan semangat tetap terpelihara
    Semoga Indonesia bisa bebas dari Korupsi untuk Indonesia Mandiri

    namun boleh dong ditambah jejaring sosial bangsa sendiri http://www.ayobai.com.. terima kasih

    salam ayobai (Ayo Bangkit Indonesia)
    jejaring sosial anak indonesia

    14/11/2012
  5. noel #

    salut, mas buki … yg penting integritas

    hero should be zero … zero tolerance to integrity breaching

    12/11/2012
    • Makasih……..

      13/11/2012
  6. sepakat… orang jujur itu bakalan miskin…. itu yang ada dimasyarakat…

    karena tidak bakalan sejahtera deh kalau dirimu tidak jujur.. saya pernah menulis mengenai ini.. Jadi memang gerakan perubahan mind set masyarkat seperti yang diusulkan sangat baik.

    semoga menang nih ya…

    09/11/2012
    • Iya aku juga pernah nulis tentang #IndonesiaJujur. Keyakinan masyarakat bahwa jujur itu hancur. Tantangannya, mengubah menjadi jujur itu mujur.

      Terima kasih ya

      09/11/2012
  7. Tapi masalahnya mas, banyak masyarakat yg megagumi sosok pemimpin tapi gak tahu sebenarnya pemimpin itu korupsi lebih parah. ya hanya karena dia banyak program ke masyarakatnya aja. hmmm…

    *edisi curcol*

    09/11/2012
    • Iya, makanya dilangkah awal itu kampanye berdasar riset bahwa #SejahteraituTanpaKorupsi

      09/11/2012
  8. setuju sedelapan🙂
    ketika kampanye saat ini mengenai cara “memberantas korupsi” yang banyak didengungkan adalah dengan “menangkap semua koruptor, mengadili, menjebloskan ke dalam penjara, dst”, maka yang tidak boleh dilupakan justru “memberdayakan hal-hal positif di masyarakat itu sendiri”, seperti dalam tulisan ini

    08/11/2012
    • Iya, potensi masyakarat masih belum optimal didayagunakan

      09/11/2012
  9. boeloek #

    Setuju bangeets..start from zero..to hero …*.*

    08/11/2012
    • setiap zero adalah hero…

      09/11/2012
  10. Memang, dalam memberantas korupsi itu musuh utama sebenarnya masyarakat. Korupsi kadung ditenggang. Kalo Pak Bukik jadi wali kota misalnya, dan hidup wajar sesuai gaji, maka saya akan menganggap aneh lalu gak mau berteman. Maunya saya, pejabat harus kaya, bisa jadi ATM. Payah, kan?😀

    07/11/2012
    • Asyik….Paman sependapat…..
      Penindakan koruptor adalah agenda jangka pendek
      Mengubah cara berpikir masyarakat adalah agenda jangka panjang
      Tantangannya mensinergikan kedua agenda tersebut

      07/11/2012
  11. Reblogged this on Kumpulan.

    07/11/2012
  12. Aktivis di negeri ini idenya dalam menegakkan demokrasi hanya sebatas “pergantian pimpinan”.

    07/11/2012
    • Hahaha iya…..menjadi pola setelah berhasil melengserkan Soeharto
      Meski lebih kenyataan yang menunjukkan tidak ada perubahan

      07/11/2012
      • betul, bahwa yang didengung dengungkan sebenarnya adalah “suksesi”, biar kelompok mereka yang pegang kendali, Bukan perubahan.

        07/11/2012
        • Hehehe sayangnya pola itu diyakini oleh banyak orang yang sebenarnya tidak tahu menahu tentang suksesi

          07/11/2012
          • Ini pandangan saya dan teman teman tentang “suksesi”

            http://lambangsarib.wordpress.com/2012/11/01/cepat-atau-lambat-suksesi-pasti-terjadi-image-perusahaan-adalah-taruhannya/

            07/11/2012

Ngasih Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: