Skip to content

Bukik Bertanya: @Akbar___, Kecil yang Besar

header posting akbar

Kecil tapi besar. Orangnya kecil tapi namanya @Akbar___, komedian, runner up Stand-up Comedy Indonesia. Dengan rangkatan kata, bikin kita tertawa. 

Aku menyimak diam-diam tentang Stand-up Comedy sejak dikultuit oleh @radityadika sekitar awal tahun 2011. Sebuah konsep komedi yang menarik. Tapi ya begitu, saya hanya diam-diam mengamati, menjadi penonton yang baik. Sampai kemudian Stand-up Comedy menjadi program televisi. Terus terang, aku gak cukup sabar mengikuti sesi-sesi awal yang tingkat kelucuannya masih labil *eh. Maksudnya, ada yang lucu sekali, ada yang jayus sekali. Tapi menuju final, aku mulai mencuri waktu untuk nonton Stand-up Comedy.

Nah pas kebetulan seorang teman @nawalagama, memberitahu kalau kenal dengan salah satu finalis, Insan Nur Akbar  atau di twitter dikenal sebagai @Akbar___, karena dia orang Sidoarjo. Singkat cerita, kami kopdar bareng plus @debadr di Eatrock Coffe, lingkar barat Sidoarjo. Obrolan yang menyenangkan dan banyak tawa. Namanya juga ketemu sama komedian. Beda kalau sama kodian *ups.

Aku belajar sedikit tentang Stand-up Comedy eh Akbar juga minta belajar, belajar ngeblog. Sayangnya, aku belum juga bisa menampilkan Stand-up Comedy, eh malah Akbar sudah bisa ngeblog. Cek aja di Humorologi.wordpress.com. Tapi lumayanlah aku masih beruntung karena Akbar bersedia aku wawancarai via email untuk rubrik Bukik Bertanya.

Bagiku, Akbar seorang komedian yang unik, berani tampil dengan gayanya sendiri. Nonton Akbar ya berarti nonton Akbar. Bukan nonton Pandji atau Raditya Dika. Paduan antara kegesitan asosiatif, ide-ide nakal dengan kritik sosial. Dan setelah membaca hasil wawancaranya, aku jadi salut dengan kisah kehidupan yang menurutku begitu berwarna atau setidaknya memberi warna yang berbeda.

Oh ya bila belum tahu bagaimana penampilan Akbar, bisa melihat beberapa video berikut ini. Kualitas gambarnya buruk tapi lumayanlah masih bisa menikmati humor-humornya.

Ingin mengenal sosok Akbar lebih jauh? Simak rubrik Bukik Bertanya ini

Tentang Identitas Diri

Nama saya insan nur akbar…saya gak tahu mimpi apa Bapak saya memberi saya nama sebagus itu…sampai akhirnya saya tahu itu artinya adalah manusia bercahaya besar..itu pun setelah saya sadari saya berkulit gosong..hehehe..cahayanya kegedean… Sehari hari teman saya memanggil akbar..kalau musuh saya lain lagi manggilnya “hey cuk..kon Akbar yooo…?? hahahaha..kalau sehari hari saya dipanggil akbar, dua hari saya dipanggil Akbar Akbar…kalau tiga hari..Akbar Akbar Akbar

Saya anak pertama dari 3 bersaudara…dan saya satu satunya pejantan…..

Tentang Kejadian yang Menggetarkan

Ayah saya adalah sosok yang sangat berpengaruh bagi saya…karena tempaan dan didikan beliau saya bisa menjadi manusia yang tidak cengeng dalam menjalani hidup…satu ucapan ayah saya yang sangat saya ingat adalah “sekolah, belajar dan ibadah itu penting…gak peduli kamu nanti mau jadi apa.. Hal itu pasti akan berguna”. Itu diucapkan beliau saat sempat sakit dulu…

Dan itu memang saya rasakan benar adanya…walaupun saya hanya seorang komedian. Alhamdulillah berkat dorongan Bapak, saya bisa punya gelar Sarjana Ekonomi…walaupun sekarang menjadi Ekomedi…ternyata yang berguna bagi hidup saya bukan masalah gelarnya..tapi bagaimana dengan sekolah kita jadi tahu bagaimana harus bersikap menghadapi semua permasalahan…kesimpulan saya: gelar itu untuk “kerja” tapi kalau sekolah untuk kita “bekerja”

Ibu..saya biasa memanggil mama…walaupun Bapak saya cemburu saya panggil mama..karena dia saya panggil Bapak…merupakan sosok yang banyak menempa saya supaya disiplin, tidak manja. Mulai kecil saya terbiasa cuci baju..setrika sendiri…bukannya ibu saya gak mau…tapi lebih pada mengajari saya supaya tidak gampang tergantung orang lain…

Dan itu benar-benar saya rasakan manfaatnya hingga sekarang…ucapan beliau “tak selamanya kita ada” jadi belajarlah seakan-akan kita orang tidak berada…

Tentang Kejadian yang Mengubah Diri

Banyak kejadian suka yang saya alami walaupun didalamnya juga terselip duka yang tak sedikit juga jumlahnya…imbang dong..hahahaha…namun ada beberapa yang sangat berpengaruh mengubah saya…begini ceritanya..eng ing eng..hahahaha…

Saya dulu sempat keluar rumah..hampir 5 tahun saya kos..Dan anda tahu jarak kos saya dengan rumah saya? Hanya berjarak 100 meter…saya ingin mencari kebebasan, mandiri dan lepas dari orang tua termasuk urusan finansial..itu mulai saya awal kuliah sampai nemu gelar sarjana.

Segala pekerjaan saya lakukan untuk hidup…mulai jaga toko peralatan naik gunung…Jualan nasi pecel..supplier telur ke pabrik…hingga akhirnya nyemplung di dunia komedi hingga saat ini… Istilah pak ustad pokoke halal…susahnya cari duit dan gak punya duit saya rasakan…tapi saya bangga…tapi banggakah orang tua ??

Disatu sisi orang tua saya bangga..tapi disisi yang lebih lebar..mereka kecewa..saya telah meninggalkan rumah…itu saya sadari saat ayah saya jatuh sakit…ibu saya bilang “Bapak mikirin kamu “…mak jleeebbbbbb…nangis saya…ya maklum..Audisi lawak Aja saya nangis..apalagi dengar kata kata seperti itu…kata pepatah bagaikan petir di siang bolong…ehhh ngomong2..Siapa yang bikin siang sampai bolong yaaaa….

Apa makna yang saya petik..”keluarga adalah sumber bahagia “..Lho kok koyok toko kamera “Sumber Bahagia”….tapi benar..harta tak menjamin bahagia kalau anda jauh dari keluarga…. Itulah kejadian yang membentuk saya, bagaimana saya harus belajar hidup…belajar mencari rejeki..Dan akhirnya menyadari semua tiada berarti tanpa keluarga disisi…Dan itu mengubah saya menjadi sosok yang sangat mencintai keluarga, istri dan anak saya..

Saya sebenarnya terjun di dunia komedi boleh dibilang karena lingkungan..di daerah sekitar rumah saya di rewwin Sidoarjo, ada sebuah perkumpulan seni..namanya KENTRUNG, seni pertunjukan kolaborasi antara musik tradisioanal dan lawak…tapi disampaikan dengan gaya bercerita.

Karena saya sering kumpul, akhirnya saya coba coba ikut main. Karena saya tidak bisa memainkan alat musik, karena saya lebih terbiasa memainkan Alat yang lain…alat dapur maksudnya…akhirnya saya ditunjuk menjadi yang bagian melawak…nah disinilah saya mau gak mau harus belajar bagaimana membuat orang tertawa…sampai satu waktu grup saya ini mendapat kesempatan mengisi acara di sebuah stasiun TV lokal di Surabaya…

Disinilah keinginan saya terhadap komedi semakin besar..karena saya akhirnya tahu..komedi juga bisa jadi rejeki..hehehehehe.. Hingga di pertengahan tahun 2011, sebuah televisi nasional membuat program acara “STAND UP COMEDY “…bagi saya inilah tantangan yang harus dihadapi…membuat tertawa orang sendirian…Dan Alhamdulilah tantangan itu mendapat jawaban..saya menjadi runner up kompetisi Stand up komedi Indonesia yang pertama….

Tentang yang Dihargai

Perjalanan hidup saya mengajarkan kepada saya..bagaimana saya belajar bergaul dengan semua jenis dan tipe manusia..bagaimana menempatkan diri berbagai lapisan umur pergaulan..itulah yang saya sebut menghargai diri sendiri yaitu bisa mendapat penghargaan dari lingkungan sekitar kita…

Keluarga bagi saya segalanya…perhatian…dorongan…support…adalah hal yang tak tergantikan..keluarga merupakan suplemen terhebat bagi vitalitas perjalanan hidup dan karier saya…viagra pun kalah…hehehehehe

Lingkungan dan orang lain bagi saya adalah partner hidup, sumber inspirasi dan materi bagi karier saya….

Indonesia bagi saya adalah tempat..apa dan bagaimana saya berbuat…semoga apa yang saya lakukan dapat bermanfaat bagi masayarakat…lewat  komedi tapi yang bêrisi..

Kalau kita bisa menjalankan semua itu dengan baik dan selalu di jalanNYA…itulah yang namanya kita menghargai kehidupan…menjalankan Tugas kita dari ALLAH SWT sebagai khalifah di muka bumi…

Tentang Simbol Diri

Kalau saja saya bisa memilih dijadikan apa oleh TUHAN…saya ingin jadi air..bermanfaat bagi kehidupan…mampu mengisi setiap ruang kosong…Dan bening menyegarkan bagi setiap yang memandang maupun yang merasakan…istri saya sih bilang saya menyegarkan..karena memang hanya dia yang pernah merasakan…hhahahhahaa..

Tentang Imajinasi Indonesia 2030

Bangun di tahun 2030 ?….berarti saya umur berapa ya…?? Syukur syukur kalau masih berumur… Saya pengen melihat semuanya berbalik 180 derajat dari yang sekarang…tak ada lagi teriakan ketidakpuasan…tak ada lagi ancaman..tak ada lagi sabetan pedang dan letusan senapan…

Dan saya ingin dengar sapaan “apa kabar teman..ayo mari  makan “…tak ada lagi kelaparan….

Komedi…itulah hal kecil bermakna besar yang saya bisa lakukan..komedi bisa membuat orang tersadar, tanpa merasa dia dihajar…bisa membuat orang menangis tanpa hatinya teriris…komedi bisa membuat orang merasa dikritik tapi tetap tergelitik…Dan dengan komedi bisa membuat orang sadar bahwa hati nurani belum mati….hidup komedi…hiduppp..

Tentang Judul Biografi

Biografi..?…apa ya judulnya…”AKBAR….orang kecil bernama BESAR ”

Tentang Hal Konyol

Hal konyol..???…konyol kambing ?? Hhahahhahaa…tak pernah pulang selama 1 tahun…padahal rumah hanya berjarak 100 meter dari kos..TOLOL..LOL..LOL… Banyak sih yang lain…waktu sma, guru ngajar..nyalain petasan dalam kelas..hasilnya SKORSING…3 jam berpakaian gatutkaca nongkrong diatas rumah orang…nunggu dipanggil waktu pentas di kampung, sempat diteriaki orang dikira maling…

————-

Apa inspirasi yang anda dapatkan dari kisah Insan Nur Akbar? 

Klik untuk Langganan Bukik.com via Email

Baca juga posting lainnya dari rubrik Bukik Bertanya

17 Comments Post a comment
  1. ryan hardianto #

    terakhir ketemu wingi pas nak wedding grandcity mbe p.wasis😀

    24/10/2012
  2. ryan hardianto #

    mas akbar sek manggon rewwin

    24/10/2012
  3. Hahaha kocak nih, baru liat nulis disisipin lawak gitu. Tiwas udah serius baca, endingnya hakdes banget. Salam kocak selalu cak.!!

    11/08/2012
  4. bambang prasetyo #

    Bisa dapat info bagaimana kontak dengan Mas Insan Nur Akbar, siapa tahu manajemen perusahaan saya mau make jasanya Mas Akbar untuk eventnya.

    02/02/2012
  5. salah satu komedian kebanggan jawa timur,cerdas

    25/01/2012
  6. Baru tau Akbar di sini
    *duh aku koq ya kuper bener* :mrgreen:

    14/01/2012
  7. Seseorang tidak akan tau dirinya hebat sampai org itu benar2 bisa mempengaruhi org lain..*in good ways, ofcourse!
    Kisah hidup mas akbar menjadi inspirasi dan motivasi saya dlm menjalani khdupan ini *walaupun berbeda minat dan bidang yah. thanks to you, great akbar!

    12/01/2012
  8. wahyu asyari m #

    walo gak sempet nonton livenya, bisa nonton video yutupnya kan😀

    11/01/2012
  9. @akbar… keren dan berkelas banget (ga tau kelas ekonomi atau bisnis)…hahahaha…aku kebayang kalo Akbar diundang ma pak SBY dalam rangka acara Hari Humor Nasional…(emang ada??):D…pasti kaku banget perutnya pak SBY nahan ketawa…hahaha…ditunggu manggung di Bandung ya…suwun…

    @sbayukuya

    11/01/2012
  10. Akbar favoritku. Kenapa? Sekian banyak comic, yang paling menonjol dalam hal sinis dan bicaranya kenceng. Kalau Akbar kencingnya yang kenceng hehehe. Ndak, aku merasakan Akbar itu natural, kalem dan sedikit rada polos, maksudku item polos hahahaha…

    Eh, baru tahu kalau Akbar ternyata Kakaknya temanku satu angkatan di Psikologi Unair dulu. Pucuk dicinta ulam tiba. Sik, aku pake pribahasa ini tapi ndak tahu artinya apa.. Apa ya artinya? Ya pokoknya pengen banget ketemu sama Mas Akbar untuk membesarkan yang kecil #eh, sekelas Mak Erot dong hahaha

    Sukses Mas!

    10/01/2012
  11. Menarik sekali tentang seorang @akbar___ dan saya sangat suka gaya komedinya, merakyat sederhana dan mengena…ciri khas seorang yang sering nongkrong di warung kopi tapi bahasanya luar biasa…cerdas, merakyat sederhana tapi mengena . .

    Hidup bang akbar…semoga suatu saat pingin ketemu…

    10/01/2012
  12. DV #

    Hahahaha ini konyol sekali.. beberapa waktu silam aku menikmati aksinya di youtube waktu di final Standup comedy di kompasTV.. Menarik sekali..pintar dan khas Surabaya.
    Aku membayangkan kalau Akbar main ludruk dan dipasang di bagian Jula Juli (?? bener ngga soalnya yang suka ludruk dulu almarhum Papa yg orang Blitar).. pasti akan lucu dan sangat njawani🙂

    Salut!

    10/01/2012
  13. Waahh aku ketinggalan banget nonton ini di kompas.. coz kemaren gak dapet siarannya😦

    09/01/2012
    • sama, saya juga gak bisa menerima siaran kompastv😦

      10/01/2012
  14. boeloek #

    Suka…*santai, tapi bertanggungjawab*

    09/01/2012
  15. salam ya Om Bukik, buat akbar :))

    09/01/2012

Trackbacks & Pingbacks

  1. Bukik Bertanya: @Akbar___, Kecil yang Besar | Bukik Ideas

Ngasih Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: