Skip to content

Bukik Bertanya: Permainan Kreatif Aria @Rajasa

Aria Rajasa depan

Hidupnya ibarat permainan, sebuah kehidupan yang menarik, unik banyak variasi, diwarnai   imajinasi dan kreativitas dalam keseharian. Begitulah sosok Aria Rajasa. 

Jadi gini ceritanya, aku ke Jakarta memenuhi undangan dari The Marketeers sebagai YWN 100 tahun 2011. Aku diundang dalam sebuah kegiatan yang diadakah di Ballroom Ritz Carlton – Pacific Place. Wah gak paham Jakarta. Kontan aja ngetweet dan akhirnya janjian sama @yansenkamto. Ternyata ketika ketemu, Yansen sedang bersama seorang teman, aku diperkenalkan, Aria @Rajasa namanya.

Ya bagiku nama yang tidak asing. Nama yang sering disebut-sebut di dunia start-up. Maklum, Aria adalah pendiri GantiBaju.com, sebuah start-up yang keren. GantiBaju.com memfasilitasi para desainer fashion/kaos untuk tampil dan berbisnis. Mereka dapat mengirim desain yang akan divoting dan desain yang menang akan dicetak menjadi kaos. Istilah kerennya: Bisnis Crowdsourcing. Dengar-dengar sudah lebih dari 20 ribu desainer yang terlibat.

Setidaknya aku sudah mendengar nama Aria Rajasa semenjak GantiBaju.com meraih Sparxup Award 2010. Terakhir ini, Aria habis balik dari London karena ia meraih  International Young Creative Entrepreneur (IYCE) Awards 2011 kategori Fashion dari British Council.

Orangnya? Aku pikir orang yang menganggap hidupnya sebagai permainan itu menyenangkan. Sikapnya santai, tanpa beban dan bersahabat. Ngobrol sebentar dengannya sudah dapat banyak inspirasi ide bisnis kreatif.

Ingin mengenal sosok Aria lebih jauh? Simak rubrik Bukik Bertanya ini

Tentang Identitas Diri

Nama saya Aria Rajasa Masna. Nama yang diberikan oleh ayah dan kakek saya. Nama tersebut diambil dari 3 unsur:

Aria diambil dari bangsa Aryan yang menempati daerah Aria, disebutkan sebagai bangsa yang paling kuat sepanjang masa. Sayangnya istilah Aryan yang dulunya netral digunakan oleh Nazi sebagai doktrinisasi yang tidak baik.

Rajasa diambil dari nama Ken Arok, raja pertama dari kerajaan Tumapel (yang kemudian terkenal dengan nama Singhasari). Gelar lengkapnya adalah Sri Rajasa Bhatara Sang Amurwabhumi, namun disebutkan dia adalah raja pertama yang bergelar Rajasa.

Banyak sekali nama yang diberikan orang lain ke saya, tapi yang paling populer seperti panggilan saya waktu sma: Kuya. Saya diberikan nama itu karena basically saya suka mencari masalah. Berawal dari tujuan pencelaan dan berlanjut jadi nama panggilan. Nama itu masih dipakai sampai sekarang oleh teman-teman terdekat saya.

Tentang Kejadian yang Menggetarkan

Ayah saya adalah seorang penikmat sejarah dan Ibu saya adalah wanita yang paling pengertian yang pernah saya kenal. Sepertinya tidak ada hanya satu kejadian yang menggetarkan hati saya, tapi banyak dari hal-hal kecil yang mereka lakukan yang sangat berarti buat saya. Mereka sayang saya saya dan mereka percaya saya bisa menjadi orang yang saya inginkan.

Setelah lulus kuliah, saya sering sekali berganti pekerjaan. Mulai dari perbankan, desain, software house, dan online media saya jajaki. Tidak sekalipun orang tua saya melarang saya, mereka hanya sebatas menyarankan saja. Keputusan tetap di saya. Mereka bilang it’s my life and I should be the one to decide. Mungkin ini hal yang terlihat sepele tapi banyak dari teman-teman saya yang tidak punya privilege ini.

Saya membangun digital agency saya PT. Rajasa Grafika pada tahun 2004 dan orang tua saya tidak pernah mengerti apa yang saya kerjaan. Ayah saya ketika ditanyakan oleh temannya apa pekerjaan saya, dia hanya menjawab: “yaa, internet-internet gitu de..”. Saya kerja di rumah most of the time, seperti orang yang tidak ada kerjaan kalau hanya dilihat tanpa konteks. Tapi tidak pernah sekalipun dia memaksa saya kerja di tempat yang lebih bonafid”. Dia percaya pada mimpi saya walaupun dia tidak mengerti apa yang saya impikan. Tanpa kebebasan itu, mungkin saya tidak bisa menjadi yang saya inginkan sekarang.

Tentang Kejadian yang Mengubah Diri

Saat saya SMP, SMP saya di 74. Bukan SMP unggulan, hanya SMP biasa. Saat itu saya dibilang tidak bisa masuk ke SMA 8 karena saya kurang pintar. Sungguh marah saat itu dan akhirnya saya belajar keras dan akhirnya masuk menjadi salah satu dari 8 orang yang masuk ke SMA 8 dari SMP tersebut.

Saat saya memutuskan untuk membangun perusahaan sendiri. Saat itu saya tidak menemukan kepuasan di dalam dunia korporat. Ruang gerak, kreatifitas dan waktu saya terbatasi. Akhirnya saya memutuskan untuk berontak dan membangun perusahaan sendiri. Semua orang bilang saya akan gagal, tapi saya tidak percaya.

Saat perusahaan saya bangkrut, 2 tahun setelah berdiri. Saya muda dan naif dan saya pikir perusahaan bisa berjalan dengan ego semata. Kegagalan ini mengajarkan banyak hal, jauh lebih banyak daripada 4 tahun di kuliah. Dan yang paling penting: memaksa saya belajar basic accounting! buruknya: I caught severe trust issues.

Saat saya melamar istri saya, 2 minggu setelah saya ‘jadian’ dengannya ahahaha. Tidak menyangka seorang commitment-phobia bisa melamar seseorang juga.

Saat saya memenangkan SparxUp di tahun 2010. Saya tahu bahwa konsep gantibaju.com itu bagus, tapi memenangkan sparxup membuat saya percaya bahwa orang lain pun mengganggap perusahaan ini patut dikembangkan.

Saat putri saya lahir, dan saya menjadi Ayah. Hidup tidak akan pernah sama setelah ini. Saya jadi mulai berpikir panjang, mengambil asuransi keluarga, menyetir lebih pelan dan jauh lebih menghargai hidup.

Dan yang terakhir, saat saya melihat putri saya: Ashya Rhea Azzahra, tersenyum untuk pertama kalinya. She means the whole world for me and I would make the world a better place for her.

Tentang yang Dihargai

Diri Sendiri: Saya menghargai kemampuan diri saya untuk adaptasi terhadap perubahan dan live in the present.

Keluarga: Saya menghargai keluarga saya yang sangat suportif walaupun mereka tidak mengerti apa pekerjaan saya.

Orang lain: Saya menghargai semua orang yang mendukung saya meraih mimpi sederhana saya.

Indonesia: Saya mencintai Indonesia dan seluruh keanekaragaman budayanya. Sungguh sebuah inspirasi yang tidak akan pernah habis

Kehidupan: Saya menghargai kehidupan yang Allah SWT sudah berikan ke saya, anak, istri dan keluarga saya, orang terdekat saya dan orang-orang yang menginspirasi saya di dunia ini.

Tentang Simbol Diri

Saya adalah sebuah NES: Nintendo Entertainment System. Sebuah game console yang kebetulan juga lahir ditahun yang sama dengan saya: 1983. Nintendo punya banyak game yang sangat menarik dengan berbagai variasi. Banyak orang tua tidak bisa memahami alat permainan ini dan dianggap hanya akan membuang waktu anaknya padahal sebenarnya justru melatih kreatifitas dan imajinasi anak dan tentu aja menghilangkan stress.

Saya kurang lebih seperti itu, I’m a jack of all trade, master of none. I’m fun to hang out with dan cukup sosial dalam hidup. Saya sering sekali disalahpandangkan sebagai seseorang yang kerjanya hanya bersenang-senang padahal banyak yang tidak tahu saya sering tidur jam 4 pagi dan seringkali menjalankan 2 pekerjaan full-time sekaligus dalam hidup.

Fun fact: Nintendo masuk ke ranah industri game saat video game crash 1983, dimana sudah terlalu banyak video game console yang beredar dan tidak adanya variasi karena kemampuan teknologi yang masih minimal. Nintendo tetap memaksa masuk dengan teknologi 8 bit yang sangat revolusioner (pada saat itu). Namun dia berbeda dengan yang lain, saat semua video game console dijual di toko elektronik, dia menjual Nintendo di toko mainan seperti Toys R Us.

Bagaimana Nintendo masuk ke toko mainan? Dia ciptakan karakter R.O.B, sebuah robot kecil yang bisa bermain video game bersama anda. R.O.B diciptakan untuk membuka jalan Nintendo masuk ke dunia mainan dan terlepas dari dunia elektronik. Sejak itu langsung bermunculan membuat video game lainnya seperti Sega, Sony dan Microsoft. Nintendo berhasil karena mereka ngotot, dan karena mereka berbeda.

Gantibaju.com dibangun di era dimana tidak ada yang mau membuat startup digital, tanpa dana banyak dan hanya bermodalkan ide gila dan pikiran keras kepala. Jadi ya, mudah- mudahan bisa sesukses Nintendo nantinya.

Tentang Imajinasi Indonesia 2030

Saya dengar sudah tahun 2030, saya saksikan banner besar timnas sepakbola Indonesia memasuki babak final Piala Dunia 2030. Cadangan minyak bumi dunia sudah habis sehingga semua mobil bertenaga surya. Pohon-pohon ditumbuhkan di atap pencakar langit, bahkan sebagian dibuat menyusuri pinggiran vertikal gedung-gedung tinggi.

Pemerintah sudah bebas korupsi karena hukuman mati kembali diberlakukan untuk dia yang korupsi. Indonesia sudah menjadi negara adidaya karena akhirnya sumber daya alam Indonesia sudah dinikmati sendiri dan tidak dikeruk oleh pihak asing. Namun sebesar-besarnya industri sumber daya alam, ternyata Industri kreatif dan digital lebih merajai penghasilan dalam negri.

Di tahun 2030 Indonesia sudah tidak dikenal lagi sebagai pengguna social media terbesar di dunia, tapi sebagai technology enabler tingkat internasional.

Kertas sudah tidak digunakan lagi dalam penggunaan sehari-hari, semua orang sibuk berlalu lalang di jalan sibuk dengan telepon genggamnya yang sudah ter-implant ke dalam tangan masing-masing. Kemacetan tetap terjadi, hanya saja terjadi sambil mengendarai mobil terbang masing-masing.

Saya mencoba untuk mengangkat budaya Indonesia ke media pop melalui gantibaju.com. Agar anak muda bisa mengenal budayanya sendiri dan mengubah pandangan mereka terhadap budaya Indonesia yang sekarang terkenal kolot, kuno dan tidak relevan dengan masa sekarang.

Saya ingin terus menyalakan semangat entreprenerial dunia kreatif di masa muda agar Indonesia bisa terwujud jadi negara produsen, bukan konsumen semata.

Saya ingin mengadakan festival desain bernama Nirmana Award di tahun 2012 nantinya bersama tim gantibaju.com untuk kembali menyalakan api di hati anak-anak muda tentang dunia desain kreatif dan juga langsung mempertemukan mereka dengan masa depan mereka: orang-orang top di dunia kreatif.

Tapi yang paling penting, saya ingin menjadi ayah yang baik dengan mendidik anak saya sepintar dan sebaik mungkin.

Tentang Judul Biografi

Doing the impossible on a daily basis.

Tentang Hal Konyol Dalam Hidup

Saya lakukan hal konyol setiap hari, life is too short to be all serious😛

Begitulah gambaran tentang profil dan kehidupan Aria Rajasa. Apa yang menakjubkan menurutku? Orang yang berfilosofi bahwa kehidupan adalah permainan ternyata bisa juga berhasil dalam dunia yang serius dan penuh perhitungan akuntasi. Salut!

Apa inspirasi yang anda dapatkan dari kisah Aria Rajasa? 

Klik untuk Langganan Bukik.com via Email

Baca juga posting lainnya dari rubrik Bukik Bertanya

6 Comments Post a comment
  1. kalo sampe 2030 orang pakai hp yang sdh ter-implant ke dalam tangan masing-masing, ga kebayang gimana ya jadinya, kalo lagi makan trus ada telp atau email masuk and pas telpnya lagi di silent + getar, bisa berantakan makannya

    wkwkwk

    08/02/2012
  2. dari dulu pengen beli kaos di gantibaju lum kesampean, hiks, pengen yg mahal2 tp tabungan akhir bulan mepet😦. btw, salut buat si kreatif ria rajasa, saia juga follow doi di twitter😀

    22/01/2012
  3. kereen, inspiratif banget, bisa belajar banyak dari Mas Aria Rajasa, bagaimana ngotot memperjuangkan idenya hingga bisa sukses, dan masih banyak lg yg bisa dipelajari, makasih nice article..
    @raniyulianty

    03/01/2012
  4. Waahh dibalik gantibaju.com yg sederhana.ada seorang pendiri yg keren yak..🙂

    30/12/2011
  5. DV #

    Desain gantibaju.com keren2.. meski konsepnya mungkin mirip dengan threadless.com tapi tetep aja keren! Aku udah punya dua kaosnya… Mungkin kalau aku tinggal di Indonesia aku bisa lebih boros lagi beli kaos-kaos produksinya🙂

    27/12/2011
  6. wah artikel yg cukup menarik🙂 biografinya cukup menarik😀 kapan2 ajakin saya kenalan juga dunk ^^ hehe

    27/12/2011

Ngasih Komentar

