Skip to content

Andai Saya Menjadi Anggota DPD RI: Menghidupkan Keyakinan Bernama Indonesia

Matahari Terbit Sibair.net Depan

Keyakinanlah yang membuat bangsa yang dulu begitu miskin dan bodoh ini menjadi merdeka.  Andai saya menjadi anggota DPD RI, akan saya hidupkan keyakinan itu agar Indonesia sejahtera.

 

Seandainya saya anggota DPD RI: Berawal dari Keyakinan

Saya mengawali dari sebuah keyakinan. Mengapa keyakinan? Keyakinanlah yang menggerakkan kita. Keyakinanlah yang mewujudkan impian menjadi nyata. Keyakinanlah yang membuat kita kuat menghadapi tantangan. Keyakinanlah yang membuat kita bersedia hidup dalam keragaman.

Keyakinan macam apa? Keyakinan bahwa masyarakat bisa melakukan perubahan lebih baik. Keyakinan bahwa setiap orang mempunyai potensi uniknya. Keyakinan bahwa kolaborasi dapat mempercepat perubahan positif. Keyakinan ditengah semua persoalan, kita punya mimpi dan semangat mewujudkan Indonesia yang lebih baik.

Itulah keyakinan bernama Indonesia. Keyakinan yang dahulu menggerakkan berjuta orang berjuang memerdekan bangsa ini. Meskipun ditengah kemiskinan, buta huruf, dan keragaman, tapi sebentuk keyakinan itu menyelamatkan kita dari sikap pesimis, pasif dan mudah menyerah. Situasi sulit tidak mengendurkan semangat  berjuang demi sebuah kemerdekaan.

Andai saya menjadi anggota DPD RI: Saya BUKAN Superman

Saya telah menyaksikan kenyataan yang melukiskan keyakinan tersebut. Memang ada orang malas, tapi ada banyak yang rajin bekerja. Memang ada anak yang bandel, tapi ada banyak anak yang semangt belajar. Memang ada orang muda yang salah arah, tapi ada banyak orang muda kreatif.

Andai saya menjadi anggota DPD RI, saya akan menghidupkan kembali keyakinan bernama Indonesia itu. Saya bukan superman yang bisa menciptakan keajaiban. Tapi upaya saya menghidupkan keyakinan itu akan membuat setiap orang dapat menciptakan keajaiban. Saya bukan superman yang bisa menyelesaikan semua persoalan. Tapi saya akan memfasilitasi kolaborasi antar pihak yang akan mewujudkan aspirasi demi aspirasi.

Saya akan berkeliling menyimak suara, potensi dan impian warga. Saya digitalkan dalam bentuk blog agar suara, potensi dan impian itu tersebar. Penggunaan internet & social media secara kreatif akan menjadi undangan bagi semua untuk terlibat dalam perjuangan mewujudkan aspirasi.

Saya akan praktekkan Appreciative Inquiry atau Asset-Based Community Development (lihat videonya) untuk memfasilitasi pertemuan warga. Pertemuan yang meneguhkan optimisme bahwa kita bisa melakukan perubahan. Pertemuan yang membangun sebuah impian bersama. Pertemuan yang mengkolaborasikan semua kekuatan untuk mewujudkan impian. Rembug akan menjadi gambaran nyata. Gotong royong akan menjadi kenyataan.

Saya akan berusaha mempertemukan potensi daerah dengan kesempatan di lingkup daerah, nasional maupun internasional. Potensi adalah bibit yang membutuhkan tanah kesempatan agar tumbuh. Pertemuan potensi dan kesempatan akan menghasilkan pohon kesejahteraan yang buahnya bisa dinikmati banyak orang.

Terakhir, saya akan mengawal demokrasi dan keragaman sebagai pondasi kehidupan berbangsa. Upaya pengawalan dengan memastikan undang-undang, kebijakan dan peraturan tetap berpijak pada pondasi tersebut. Untuk itu, saya butuh dukungan dari masyarakat berupa penyampaian aspirasi dan upaya mendesak guna memastikan kehidupan berbangsa yang nyaman bagi semua.

Demikian, Seandainya saya anggota DPD RI. Meski berandai-andai, semoga tetap bisa memberi inspirasi bagi semua.

Apa aspirasi yang ingin anda sampaikan, andai saya menjadi anggota DPD RI?

Klik untuk Langganan Bukik.com Melalui Email

Sumber Foto Awal: Sibair.net | Sumber Foto Tengah: http://flic.kr/p/aK6BCP

Posting ini dibuat untuk mengikuti Lomba Blog dan Twit : Andai Saya Menjadi Anggota DPD RI

77 Comments Post a comment
  1. Menurut saya sih budaya bangsa ini mulai terkikis di karenakan datangnya budaya asing di era globalisasi ini, jika kita dapat memperdayakan budaya kita Indonesia ini pasti akan dapat bersinar dan jaya! Melalui potensi wisata kita dapat menambah devisa, menambah lahan pekerjaan di negara sendiri! Jika sudah banyak lahan pekerjaan di tempat sendiri dan mudah mencari pekerjaan di tempat sendiri pasti!! Tak akan ada lagi yang mengangur, tak ada lagi kemiskinan, tak ada lagi TKI yang ke luar negri hanya untuk tersiksa!!! AYO! Indonesia Bisa!!!

    05/02/2012
  2. salman faris #

    Apik pol tulisane sing iki ktimbang yg prtama (klo gak salah ini yg k2kan). Terpapar lugas jelas bablass wes pokok e…trmasuk 4 tulisan trbaik yg saya baca di *andai saya menjadi anggota DPD RI* #lohmacakjuridadakman…

    Wes pokok’e patut juarala lah..
    Up up up
    Sundul sek jeh

    05/01/2012
    • Hehehe ini yang pertama kok. Asyik……semoga…..amiiiin……
      Terima kasih pak juri *eh

      05/01/2012
  3. Semoga apa yang di-andaikan oleh mas bukik dapat diwujudkan para DPD RI kita, yang kayaknya kekurangan ide mau ngapain… Tak doakan sampean juga ketularan jadi anggota DPD amiin..

    04/01/2012
    • Yup. Menulis ide ini dengan harapan dibaca, dipahami dan dilakukan oleh anggota DPD RI. Terima kasih

      05/01/2012
  4. aq daftar dari tim sukses wae wess hihihihiih😛

    02/01/2012
    • Jadi relawan kan?
      *catet

      02/01/2012
  5. Mas Bukik sangat memenuhi syarat untuk menjadi anggota DPD! ayo maju terus! masa kalah dengan Bu Camat Kandangan yg sekarang sudah menjadi anggota DPD? hehehe

    01/01/2012
    • Hehehehe
      Terima kasih mas
      Saya bisa cuma nulis kok

      02/01/2012
  6. @ahim_cux #

    Saya suka sekali gagasannya,bangsa ini harus tumbuh,masyarakat perlu dicerdaskan dgn ‘benar’,menjadi warga negara yg kreatif-proaktif-produktif.. Jarang sekali dilihat anggota DPD yg pny gagasan yg begitu jelas & terarah,bahkan saat mereka kampanye mereka tdk tahu hrs ngapain klo sudah kepilih..
    Mas bukik bisa jadi contoh ideal atas gagasan positif yg kontributif thd tumbuh kembang bangsa utamanya masayarakat daerah..hanya saja,gagasan besar spt ini tdk bisa dilakukan dlm kurun waktu sesingkat masa jabatan Anggota DPD,perlu waktu utk menyampaikan ide positif ini hingga ke hati masyarakat di seluruh Indonesia (bahkan dgn bantuan socmed).. Bila ingin optimal hasilnya dlm 5 tahun,mgkn hrs lebih dr setengah Anggota DPD diisi orang-orang brilian spt mas Bukik..Jd pesan ini bisa disampaikan lbh masiv..
    Tapi mending jd presiden atau minimal DPR deh,biar lbh greget.. Hehe

    01/01/2012
    • Ahahay
      Aku pengen jadi trainer anggota DPD/DPR aja deh
      *mringis

      02/01/2012
  7. Pak Bukik lagi kampanye ya? :O

    Baiklah…
    Saya vote pak Bukik jadi anggota DPR RI deh… eh DPD RI maksudnya😄

    31/12/2011
    • Hehehe
      Kampanye ngeblog?

      31/12/2011
  8. wildan fausan hidayat #

    ojok dadi anggota DPD mas…mending koyok saiki ae,,,
    maen di luar lingkaran aja biar bisa konsisten..
    maen d dalam lingkungan, terbukti banyak yg ga kuat konsistensi’nya buat mengusung perubahan yg posistif..iku khan berarti, pertamane nduwe keyakinan, akhire suwe2 yakin karo wetenge dewe2…

    30/12/2011
    • DPD kewenangannya kecil, beda sama DPR. Kewenangan kecil maka kemungkinan untuk penyalahgunaan wewenang dan godaannya juga relatif tidak besar dibandingkan DPR

      31/12/2011
  9. Hem, bisa jadi resolusi 2012 ini ya? Andai yang diyakini akan jadi kenyataan hehe

    30/12/2011
    • Wih resolusi
      Berapa pixel?
      *eh

      30/12/2011
  10. Andai.. Andai… Andai-andai lumut😀
    Andai sampean jadi DPD RI jangan lupa tetep ngajar, tetep cari tongkrongan yang koneksi wifinya kenceng, tetep niat untuk menghidupkan keyakinan Indonesia..😀
    Salam olahraga!

    30/12/2011
    • Ngajar? Kelasnya pindah ke senayan…..LOL

      30/12/2011
  11. Semoga benar-benar menjadi anggot DPD RI, Mas Bukik, saya dukung!
    kalau terpilih, tetaplah ngeblog🙂

    30/12/2011
    • Hehehe terima kasih mbak
      Ngeblog? Teteeeep…….

      30/12/2011
  12. coblos pak bukik😀 . Inspiratif tapi sepertinya akan lama perwujudannya. Poin2 Pancasila sendiri pun belum tercapai seluruhnya. *eh pesimis gak sih aku* semoga saja tidak.

    30/12/2011
    • Yup. Banyak pesimisme yang bertebaran.
      Memulai tindakan dengan pesimis sama dengan merencanakan kegagalan
      Semangat!

      30/12/2011
  13. semoga beneran terkabulkan kang…klo udah terkabul jangan lpa yia sama tulisannya😀
    kunjung balik yia kang😀

    29/12/2011
    • Amiiiiin……..

      29/12/2011
  14. Keyakinan bernama Indonesia.. sampe sekarang saya sendiri turun naik pak, lebih banyak ga yakin dengan negara ini dari pada yakinnya😀

    28/12/2011
    • Nah itu dia
      Kenyataan yang menjadi fokus kita
      Karena itulah, perlunya menghidupkan keyakinan bernama Indonesia
      Menemukan asset sbg nyawa bagi keyakinan itu
      Menemukan misi sbg arah bagi keyakinan itu
      Menemukan spirit kolaborasi sbg pola keyakinan itu

      28/12/2011
  15. Senang dengan konsistensi Bukik mengusung perubahan positif. Pendekatan ini cocok bagi anggota DPD yang posisi tawarnya lemah di kalangan elite. Bila partai politik memiliki kekuatan uang, orang dan waktu, sebaliknya kekuatan anggota DPD adalah kemampuan menjangkau para pemilihnya, dengan komunikasi yang apresiatif dan senantiasa memberikan inspirasi setiap bertemu dengan konstituennya. Saya pikir Bukik pas menjadi DPD Jawa Timur! Sukses, kawan!

    27/12/2011
    • Kadung jatuh cinta mas hehe
      Aku yakin pendekatan perubahan positif merupakan salah satu solusi terbaik buat bangsa ini
      Melakukan ungkitan kecil yang berdampak besar

      28/12/2011
  16. keberhasilan dimulai dari pemikiran sederhana seperti ini, salut🙂

    22/12/2011
    • Terima kasih
      Persoalan paling rumit itu solusinya simpel
      Begitu juga sebaliknya

      22/12/2011
  17. djoko hu #

    selamat jadi DPD den

    21/12/2011
    • Hehehe lha wong berandai-andai kok…

      31/12/2011
  18. Kalo begini caranya, saya gak ragu pilih pak bukik jadi anggota DPD

    17/12/2011
    • Hahahahaha……*ngilang

      19/12/2011
  19. Kalau saya sih….gak akan tidur saat rapat berlangsung, wkwkwkwk…😆
    Simpel banget ya, tapi pengaruhnya gede banget😀

    17/12/2011
    • Yang dimaksud DPR atau DPD?

      19/12/2011
  20. Ya ampun. Diksinya bagus. Enak dibaca. ck. Saya iri. Sukses dan salam kenal, pak.🙂

    15/12/2011
    • Salam kenal. Terima kasih atas kunjungan dan apresiasinya

      19/12/2011
  21. jarwadi #

    saingan berat nih, hehe

    http://jarwadi.wordpress.com/2011/12/07/andai-saya-menjadi-anggota-dpd-ri/

    14/12/2011
  22. Meski g paham dgn yg namanya politik namun tetap semangat mencoba untuk menyuarakan aspirasi yang terpendam. Lagipula, semua DPD RI Kalimantan Barat saat ini adalah wanita. Masa kalah sih, wanita aja bisa…🙂

    14/12/2011
    • Semangat!

      29/12/2011
  23. Wah artikel yang bagus sekali. mudahan para anggota DPD kita ada yang baca. biar bisa jadi inspirasi.

    10/12/2011
    • Amiiin….

      28/12/2011
  24. DV #

    Andai kamu jadi anggota DPD RI, kubayangkan hal pertama yang akan jadi test case kamu adalah sejauh mana kamu bisa membantu daerah asalmu untuk bangkit dari ketidakberdayaan akibat lumpur sidoarjo🙂

    06/12/2011
    • Iya, ada banyak ide. Tapi tak pernah ada kaki
      Luka ini tidak hanya menciderai kesejahteraan, tapi juga rasa kebersamaan
      Sedih…

      19/12/2011
  25. boeloek #

    kalau mau jujur, saya pinginnya jadi rakyat kemudian punya ‘rakyat’ lagi yang mesti dibina (apapun lapangan pekerjaannya). why? kr saya bisa menerapkan secara APLIKATIF dan INOVATIF pada ‘rakyat’ secara langsung tentang ilmu yang saya punya. kepada para anggota DPD RI, saya hanya menitipkan ‘PR cinta’…please..tolong INOVATIF juga dalam menerapkan KEBIJAKAN. Apa itu? yaitu membuat ATURAN bagi masyarakat yang MENENTRAMKAN… sehingga kita semua bisa mengabdi dengan DAMAI …*selamat bekerja*

    05/12/2011
    • Terima kasih buat masukannya.
      Saya akan perjuangkah
      *eh ini masih andai saya menjadi anggota DPD RI
      Sayangnya, sekarang bukan
      hehe

      19/12/2011
  26. waa…abot pembahasannya pak
    btw, ini memang ada “salju yang turun” ya di blog ini? perasaan saya baru liat hari ini, hehe.
    Bagus Pak, berasa di Eropa🙂
    apa mata saya yg biasanya ndak awas ya?😀

    04/12/2011
    • Salju? Itu kerjaannya WordPress.com…..

      19/12/2011
  27. FX Widiyanto #

    nomor satukan rakyat bukan partai juga minimkan anggaran maksimalkan pencapaian

    04/12/2011
    • DPD tidak mewakili partai kok
      Setuju, salah satu agenda DPD adalah politik anggaran yang berpihak pada daerah

      19/12/2011
  28. dimas bre #

    Nggak paham tentang DPD🙂
    Nggak paham politik🙂

    03/12/2011
    • Semoga baca posting ini bisa sedikit paham ya
      hehe

      28/12/2011
  29. wahyu asyari m #

    wah , mulia sekali mas😀

    03/12/2011
    • Terima kasiiiih…..

      28/12/2011
  30. DPD katanya mau dihapuskan tuh mas.. kurang kerjaannya katanya.. Gak tahu juga seh.. hehehe

    03/12/2011
    • Kalau wewenang dan tanggung jawab bener banget
      Tapi kalau kurang kerjaan, tergantung anggota DPD-nya sih

      19/12/2011
  31. Jika saya menjadi anggota DPR RI saya akan, memulai datang tepat waktu ketika rapat! setelah itu mau nulis hal yang sama tentang ini ah.. heuheu

    03/12/2011
    • Woi! DPD woi……..

      03/12/2011
    • Woi iyo oe, DPD oe.. :))

      09/12/2011
    • Woyyy DPD RI woyyy

      15/12/2011
      • woi DPD woi.

        bair mna bair

        28/12/2011
        • Aku wes mutung komen disini. Pak Bukik gak mau ngapus dulu.. *nesu*

          29/12/2011
          • Huaaaa
            nggondok nggondok…….
            Ampun baiiiir

            29/12/2011
          • Woy mutung woy =))

            31/12/2011
            • Bair lagi tahun baru
              Gak bales komennya

              31/12/2011

Trackbacks & Pingbacks

  1. Andai Saya Menjadi Anggota DPD RI dan Seandainya Saya Anggota DPD RI : Ngorpoos
  2. Seandainya saya menjadi Anggota DPD RI : Memekarkan Senyuman Mereka « justclickado
  3. 10 Tips Menjadi Wakil Rakyat yang “Baik” « Kumpulan
  4. Wajah Ironis Negeri Kita « Kumpulan
  5. Martin Seligman bicara tentang psikologi positif « Kumpulan
  6. Andai Saya Menjadi Anggota DPD RI: Menghidupkan Keyakinan Bernama Indonesia | Bukik Ideas
  7. Andai SuperJunior Menjadi Anggota DPD RI « Kumpulan
  8. Asset-Based Community Development: Kreativitas di Tumpukan Persoalan | Bukik Ideas
  9. Bukik Bertanya: Air yang Menjadi Berkah @ImanUsman | Bukik Ideas
  10. Dapatkan hadiah Iphone 4S Gratis « Kumpulan

Ngasih Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: