Skip to content

Bukik Bertanya: Berlian yang Bersinar – @Salsabeela

Ollie Depan

Kehidupan telah membentuk Ollie menjadi berlian yang bersinar menerangi sekitarnya. Bagaimana kisah hidupnya? 

Aku pertama berjumpa @Salsabeela atau biasa dipanggil Ollie waktu aku mengundang @byotenega buat berbagi tentang NulisBuku.com. Sebuah partner buat penulis yang ingin melakukan self-publishing. Ketika tengah memandu seminar tersebut, tiba-tiba masuk seorang perempuan yang membawa kamera dan penuh percaya diri jeprat-jepret sana-sini. Selesai acara, aku baru dikenalin ke Ollie. Oh ini tho ternnyata pendiri @nulisbuku.

Setelah itu, aku baru tahu lebih banyak tentang Ollie dari linimasa twitter @Salsabeela maupun blognya, Salsabeela.com. Wah bisa dibilang perempuan super! Kesibukannya seabreg. Bukan-bukan kesibukan karena dapat kerjaan dari perusahaan. Justru, kesibukan yang diciptakannya, kesibukan yang bikin orang lain juga jadi sibuk. Dan tentu jadi lebih produktif, lebih kreatif.

Apa saja kesibukannya? Kalau baca di Linkedin.com, kesibukan Ollie saat ini adalah Co-Founder at Project Eden, ChairWoman at ON | OFF 2011, Chief Technology Officer at Nulisbuku.com, Initiator at #StartupLokal, Chief Marketing Officer at Tempa Labs, Committee at Fresh, Director at TukuSolution.com, Photographer at JakartaDailyPhoto.com, Owner at Kutukutubuku.com, Blogger at Salsabeela.com. Weleh! Mulai dari blogger, fotografer, penulis, penggiat komunitas, hingga entrepreneur.

Meski sama-sama masuk sebagai finalis pemimpin komunitas digital di Bubu Award, tapi semangat dan keaktifan Ollie jauh lebih besar. Ia aktif berkeliling ke seluruh Indonesia untuk menularkan pengetahuan dan kreativitasnya. Bahkan bisa dikatakan, ia benar-benar mengoptimalkan manfaat internet dari banyak dimensinya.  Indonesia patut berbangga mempunyai seorang perempuan yang kreatif, aktif berbagi dan peduli.

Siapa Ollie dan bagaimana perjalanan hidupnya? Simak hanya di rubrik Bukik Bertanya.

Tentang identitas diri

Nama yang diberikan oleh ayah dan ibu saya adalah Aulia Halimatussadiah. Berpindah dari satu pulau ke pulau lain saat orang tua saya menjalankan tugas, saya selalu merasa dipanggil dengan agak janggal. “Aul” “Au” dan lainnya. Keluarga saya sendiri memanggil saya Lia, tapi tentu, tidak banyak orang yang spontan memanggil Lia, mereka memilih kata pertama sebagai panggilan.

Maka saat saya kuliah dan berada satu kelas dengan orang yang juga bernama panggilan Lia, saya merasa mendapatkan kesempatan untuk ‘rebranding’. Saya minta dipanggil dengan nama Ollie. Nama ini saya dapat sewaktu SMA, di saat yang lain memanggil saya dengan sebutan “Au”, ada salah satu teman yang memanggil Ollie, and I like it. So, I decided to use it.

Seiring berkembangnya diri saya yang hanya anak kuliah biasa, kemudian menjadi penulis, saya akhirnya menggunakan nama Ollie juga sebagai nama pena. Nama itu lah yang kemudian banyak dikenal.

Soal identitas online saya @salsabeela – Salsabeela.com – sebenarnya dulu kebanyakan orang menggunakan online nickname untuk berkomunikasi di dunia maya (ketauan umurnya deh hehe). Dulu saya menggunakan bat girl. Saat saya beranjak ‘dewasa’, saya tau diri dan merubah nama bat girl itu menjadi salsabeela. Artinya stream from heaven.

Saya adalah orang yang saya putuskan saat ini.

Tentang kejadian yang menggetarkan

Kejadian yang paling menggetarkan hati ketika bersama ayah dan ibu? Bersama Ayah saya, ketika beliau menikahkan saya. Bersama Ibu saya, saat beliau bersaksi di sidang perceraian saya.

Tentang kejadian yang mengubah diri

Saya adalah anak yang ‘painfully shy’. I didn’t born this way; as my latest personality test said: ENTJ. Kejadian-kejadian yang mengubah diri saya menjadi seperti saat ini adalah:

Kejadian 1. Saya anak yang cukup pintar, tapi saya tinggi dan kurus melebihi teman-teman lain, saya berbeda, sehingga saya lumayan minder. Saat saya SMP di kota Kupang, saya selalu berjalan menunduk, tidak berani menatap orang. Saya juga menjadi ‘shadow’ untuk wanita terpintar dan tercantik di sekolah saya. She’s my bestfriend. Dan kehadiran saya di sampingnya, membuatnya tampak jauh lebih cemerlang lagi hehe.

Di Kupang, budaya dan cara berbicaranya lebih ‘kasar’ & blak-blakan daripada let say, teman-teman di Jawa. Gaya blak-blakan ini yang membuat teman saya bilang, “Bego lo!” dengan enteng, pada saat saya tidak bisa menemukan arti kata ‘Grow’ yang diucapkan seorang Australia yang sedang berkunjung ke sekolah. Sejak itu saya belajar bahasa Inggris mati-matian untuk bisa ‘mengalahkan’ dia. Keahlian ini terbukti kemudian sangat berguna untuk berbagai macam urusan saya di hari ini

Kejadian 2.  Di Banjarmasin, saya dibelikan laptop oleh orang tua saya & berkenalan dengan internet pertama kali. Saya mulai mempraktekkan bahasa Inggris yang saya pelajari. Saya semakin percaya diri, karena dibandingkan teman-teman yang lain, saya paling ‘jago komputer’, meskipun itu artinya saya bisa mengetik lebih cepat dari yang lain😀.

Guru saya bilang: “Kamu hebat! Orang yang bisa menguasai bahasa Inggris dan komputer, akan menguasai dunia di era globalisasi!” – Saat itu kita semua masih mengira-ngira globalisasi yang seperti apa sih. Dan guru saya berhasil memotivasi saya dengan kata-katanya.

Kejadian 3. Saya berhubungan spesial dengan seseorang selama lebih dari 5 tahun saat saya mengetahui dia mengkhianati saya (yang sangat setia padanya). Ini turning point dalam hidup saya, mengingatkan saya untuk membenahi kehidupan saya yang lain, terutama perubahan tone ini terlihat dari blog post saya yang isinya semakin wise dan berubah format. Tidak lagi an ordinary journal, but becoming a journal of reaction, atas apa yang terjadi di sekitar saya.

Kejadian 4. Hal terbesar yang merubah hidup saya adalah perpisahan saya dengan orang yang paling saya cintai di awal tahun 2011. Saya belajar bahwa nothing lasts forever. Belajar untuk mencintai dalam cakupan yang lebih luas lagi: mencintai sesama. Dan mulai lebih ‘aware’ kepada hidup dan kehidupan serta lebih banyak berbagi (ilmu/harta/kasih sayang) kepada yang membutuhkan, terutama concern saya kepada sesama wanita.

Tentang yang dihargai

Bahwa saya adalah salah satu makhluk ciptaan Tuhan yang luar biasa, dan I am worth every love & happiness that God could ever give kepada umat-Nya

Keluarga adalah people yang akan menerima saya unconditionally. Mungkin hanya keluarga yang bisa begitu, dan saya sangat beruntung memiliki keluarga saya

Bahwa setiap orang membawa cerita dan burden-nya sendiri, maka saya selalu berusaha untuk melihat setiap hal dari sisi positif-nya dan menolak untuk berprasangka buruk

Indonesia adalah salah satu negara paling indah di dunia & mataharinya hangatkan penduduknya sepanjang tahun. Jika saya tidak tersenyum hari ini, maka saya adalah orang yang paling tidak tahu terimakasih di dunia, karena negara kita memberi semua alasan untuk tersenyum

Hidup hanya sebentar sekali, maka I want to live life to the fullest. Enjoy every moment. Be in the moment.

Tentang simbol diri 

Diamond. I am shaped by life, to be as shiny & beautiful as I feel today.

Tentang imajinasi Indonesia 2030

Saya mendengar dan menyaksikan pada tahun 2030, seluruh umat manusia hidup layak, berkecukupan, bahagia dan mengagungkan Tuhannya. Mereka pemaaf, mensyukuri mulai dari hal-hal kecil dan tidak membesar-besarkan masalah.

Untuk mewujudkan imajinasi tersebut, saya selalu encourage people observe & write- baik di blog, dalam bentuk buku, dan lainnya. Agar lebih banyak orang memiliki empati, tidak hanya melihat permukaan, namun melihat lebih dalam lagi.

Tentang judul biografi 

Saya sendiri yang akan menuliskannya. Judulnya: Better Self – My Never Ending Journey to Perfection

Tentang hal konyol dalam hidup 

Membeli mimpi. Sejak dulu saya tidak berhenti berjuang melawan jerawat yang nggak berhenti tumbuh di wajah. Waktu saya ke Beijing, saya ditawari chinese med yang bisa menyembuhkannya dan tidak akan muncul lagi seumur hidup!! Hampir US$ 1000. Nggak pikir panjang, because he’s selling in the right spot of my ego, I bought it. Of course, what’s promised never happened😀

Aku paling suka dengan kalimat ini: “Saya adalah orang yang saya putuskan saat ini”. Bahwa kehidupan menawarkan beragam petualangan tapi pada akhirnya sikap dan keputusan kita yang menentukan siapa diri kita. Setiap kejadian hidup akan menawarkan pilihan, dan kitalah yang menentukan pilihan akhir cerita hidup kita.

Apa inspirasi yang kamu dapatkan dari kisah hidup Ollie?

Tidak ingin ketinggalan Bukik Bertanya edisi berikutnya? Klik untuk Langganan Bukik.com Melalui Email

20 Comments Post a comment
  1. I can’t say anything except she’s amazing. Saya terinspirasi sejak lama dengan kak Ollie dan saya rajin membaca webnya. Wish I can see her in person someday🙂

    08/12/2011
  2. Walau jarang ketemu mba’ Ollie..tapi beliau selalu menampakkan senyum manisnya sejak pertama kali ketemu sampai sekarang.
    Dan mba’ Ollie ini selalu jadi inspirasi saya🙂

    05/12/2011
  3. sudah bertemu sekali sama mbak ollie di #ABCBali. Walau belum sempat kenalan dengan beliau. Biografinya sungguh menginspirasi saya untuk lebih maju ke depan

    30/11/2011
  4. Annastasia #

    THanks utk sharng-nya..inspiring banget mengikuti proses metamorfosis kehidupanmu.
    Keep inspiring ya Ollie & Bukik !

    25/11/2011
  5. Wah aku baca postingnya dari awal sampek akhir😀
    pernah ketemu mbak Ollie ini, waktu Akber di Solo.

    Sukses mbak.

    24/11/2011
  6. DV #

    Hmmmm… manis… *ngga nyambung

    23/11/2011
  7. Udah sering demger di nulisbuku neh orang.. tapi baru tahu dia pemimpinnya.. hehehe

    23/11/2011
  8. Berkali-kali aku ketemu sama Mbak Ollie dan belum pernah menyapanya. Berkali-kali aku mampir ke blognya. Tapi baru kali ini aku merasa dapat eureka moment tentang dia yaitu “Saya adalah orang yang saya putuskan saat ini.” Salut untuk Mbak Ollie🙂

    23/11/2011
  9. ada sedikit yang mirip dengan kisah ibu saya,
    dimana ia harus berjuang “sendiri” ketika anak2nya masih SMP dan awal SMA hingga sekarang, karena ayah saya meninggal dunia😀

    Itulah wanita, seringkali jauh lebih kuat daripada pria *eh*

    23/11/2011
  10. boeloek #

    Hidup itu bagai berlian…setiap sisi padanya terbentuk dari sikap positif yg dipancarkan O/ sang pemilik. Berlian kian kemilau akibat dari tempaan hidup yg smakin bervariasi. Beruntunglah mereka2 yg memilki berlian DIRI…hingga saatnya nanti berlian kembali pada sang KHALIQ..tetap dg pancaran diri…

    23/11/2011
  11. wahyu asyari m #

    aku punya buku2 nya mbak ollie😀
    hihihi

    22/11/2011
  12. Wah..salut buat mba ollie, yg begitu terbuka dengan kisah hidupnya.

    22/11/2011
  13. Kesuksesan kadang mengorbankan sisi hidup yang lain.

    22/11/2011
  14. salah seorang yang akan meng-inspirasi hidup saya mulai saat ini dan hari2 selanjutnya……

    22/11/2011
  15. Semangat untuk selalu memperbaiki diri.

    Like Rene Suhardono ever said, “Success is the JOURNEY of becoming the best version of ourself.”🙂

    22/11/2011
  16. Ketemu 2 kali di #BN2011 dan #ABCbali tapi belum *berani* ngobrol… hehehe…

    22/11/2011
    • Aku donk sudah ngobrol pas #ABCBali😀

      23/11/2011
  17. wow muanteb, ayu, dukur, pinter… hai ollie, salam kenal ya dari saya😉

    22/11/2011
  18. Apa inspirasi yang kamu dapatkan dai kisah hidup Ollie?

    si Ollie uda jadi dai ya? baru tahu…😀

    22/11/2011
  19. dewi nurlaily putri #

    pak bukik kenal sama ollie?
    itu novelis favoritku…. ^^

    22/11/2011

Ngasih Komentar

