Skip to content

Kopdar Blogger Nusantara: Menumbuhkan Jiwa Persaudaraan

Blogger Nusantara depan

Meski mendadak dan sangat sederhana, namun Kopdar Blogger Nusantara dihadiri 1300-an blogger untuk menumbuhkan jiwa persaudaraan.

Aku tidak bisa hadir penuh di Kopdar Blogger Nusantara yang diadakan di Ruang Pertemuan Sun City Sidoarjo. Meski loaksinya dekat rumah, tapi karena benturan jadwal pekerjaan membuatku baru bisa hadir pada sore hari kedua (29/10) yang itupun masih dengan wajah bantal gara-gara baru bangun tidur. Akibatnya, aku melewatkan banyak sesi sharing pengetahuan dari berbagai narasumber lokal maupun internasional. Yah gimana lagi…..harus menerima akibat dari pilihan sendiri.  Tapi meski terlambat, aku tetap berusaha menjadi tuan rumah yang baik dengan menjamu teman-teman blogger yang berasal dari berbagai daerah.

1300 blogger memenuhi ruangan

Ada beberapa catatan menarik dari Kopdar Blogger Nusantara yang dihadiri tidak kurang dari 1300 blogger dari beberapa penjuru Indonesia. Pertama, ada banyak kisah perjalanan yang heroik dari pada blogger untuk hadir. Komunitas Plat-M bisa jadi rombongan terbesar yang hadir, dengan 52 orang yang mengendarai motor. Bahkan, ada blogger yang kehabisan uang untuk melanjutkan penerbangan hingga memilih kereta ekonomi untuk menempuh perjalanan dari Jakarta ke Sidoarjo.

@DonnyBU dari @internetsehat sedang mengisi mimbar bebas

Blogger telah tumbuh dari sebuah keisengan, menjadi profesi sampai menjadi sebuah komunitas yang militan. Komunitas yang bergerak berkat dorongan eros (gaya hidup) untuk sebuah misi sederhana tapi penuh makna, membangun jiwa persaudaraan antar komunitas. Komunitas tumbuh dan hilang silih berganti tapi begitulah sebuah komunitas yang hidup sebagaimana alam semesta yang dinamis. Ada yang bosan dan berhenti, ada yang antusias dan lahir untuk menjadi bangga sebagai seorang blogger.

Suasana Mimbar Bebas di Camp Penginapan

Kedua, kebanyakan kopdar atau kegiatan digital hanya mempertemukan pesertanya pada momen utama hingga mungkin peserta satu sama lain hanya mengenal sisi formal. Tapi peserta Kopdar Blogger Nusantara tinggal di sebuah camp yang awalnya adalah lapangan tenis indoor GOR Sidoarjo. Waktu melihat camp ini, aku langsung teringat persami (perkemahan sabtu minggu) ketika masa sekolah dulu. Kita bisa mengenal teman kita pada sisi kehidupan yang berbeda, minimal bisa tahu bagaimana wajah bangun tidur teman kita hehe.

Formatur Blogger Nusantara Sedang Ucapkan Tekad Blogger

Tempat menginap di sebuah lokasi camp ini sangat membantu mendekatkan antar peserta sekaligus menumbuhkan jiwa persaudaran. Ada banyak kesempatan bagi peserta untuk melakukan aktivitas kecil bersama mulai dari antri mandi sampai jalan-jalan seputar lokasi. Lokasi yang sama juga menumbuhkan perasaan senasib sepenanggungan. Ide lokasi satu tempat penginapan ini penting untuk dipertahankan dengan peningkatan kualitas layanan kebutuhan/kepentingan umum.

Bersama Blogger Paling Senior

Ketiga, acara kopdar pada siang hari mungkin bisa ditemui juga di banyak kegiatan digital lain. Ada 1 atau lebih narasumber yang telah ditentukan berbagi pengetahuan kepada banyak peserta yang duduk diam menyimak, aku menyebutnya sebagai Pertemuan 1.0. Tapi di kopdar ini telah melangkah lebih maju dengan acara yang disebut mimbar bebas. Acara ini berlangsung pada malam pertama dan kedua, dimana aku hanya bisa hadir pada malam kedua.

Makan Siang di Hari Terakhir. Satu Rasa, Satu Hati

Mimbar bebas awalnya diisi oleh pembicara yang direncanakan, mungkin sebagai pancingan tapi selanjutnya setiap orang dan komunitas bebas mengekspresikan ide, gerakan, dan aspirasi mereka. Ciri pertemuan 2.0, orang relatif bebas untuk berbicara kepada semua orang. Aku dan peserta yang lain bukan saja menyimak pengetahuan umum tapi pengetahuan lokal dari berbagai daerah. Berbagi pengetahuan lokal ini membuat kita tahu keadaan daerah lain yang memudahkan tercapainya pemahaman bersama.

@Almascatie, Seorang Blogger Ambon

Tantangan buat kopdar tahun berikutnya adalah mencoba format Pertemuan 3.0 yang memungkinkan semua orang bicara pada semua orang. Pertemuan yang tidak saja membangun pemahaman bersama tapi juga melejitkan kreativitas kolektif. Baca juga: Pertemuan 3.0 : Melejitkan Kreativitas Kolektif.

Bersama @justsilly, blogger perempuan yang inspiratif

Kopdar memungkinkan aku berkenalan dengan banyak orang hebat baik dari pusat maupun daerah. Salah satu yang paling berkesan adalah percakapan singkat dengan Arsyad Indradi, blogger paling senior yang hadir, yang tak kenal lelah untuk memperkenalkan sastra lokal melalui puluhan blog yang dikelolanya. Jujur aku langsung tertarik mewawancarainya untuk rubrik Bukik Bertanya. Sementara bila ingin tahu sosoknya, silahkan kunjungi Arsyadindradi.blogspot.com dan Sastrabanjar.blogspot.com

Kuliner di Bursa Kupang Sidoarjo

Selebihnya, aku mengajak teman dari daerah lain untuk lebih mengenal Sidoarjo. Aku mentweet ajakan makan kepiting gaul yang disambut oleh beberapa teman blogger yaitu @IndahJuli @mashendri @almascatie @slamsr @araingetwit @kopithok dan @cosaaranda. Pada hari terakhir, ajakan tweet ke Lumpur Lapindo dan makan kupang disambut oleh @anugrha13 @anggi_iboo @BpnBlogger @suwitopoms @HadiSungkono @arkachevy dan @rusabawean yang menemaniku sebagai teman ngobrol.

Pada akhirnya, selamat dan salut buat teman-teman penggagas, panitia dan sponsor Kopdar 1000 Blogger Nusantara yang dalam waktu singkat dan terbatas telah membuat kegiatan keren ini.

Apa ceritamu tentang Kopdar 1000 Blogger Nusantara? 

Klik untuk Langganan Bukik.com via Email

73 Comments Post a comment
  1. Mas, kalo ada BlogNusantara tahun ini, kita foto bareng yah… #plisss😀

    15/05/2013
  2. Blogger Nusantara memang menyisakan seribu satu kenangan dan hikmah.. Salah satunya, jadi tahu dr dekat wajah Mas Bukik🙂

    31/12/2011
  3. ketinggalan informasi nie g bisa ikut hehehe

    12/12/2011
  4. Sayang ane gak bisa ikut..
    gak tahu ada info ini sie..😦

    01/12/2011
  5. dinneno #

    Saya ingin ikut di #BN2011 tapi karena kesibukan terpaksa niat itu diurung.

    05/11/2011
  6. Haii..haii… saya Lutfi. Peserta Kopdar dari Jogja. Salam kenal. Saya juga nulis tentang kopdarnya lho.

    04/11/2011
  7. Salam Blogger Nusantara . .ada Plat-M disini🙂 http://plat-m.com

    Sesungguhnya Blogger Nusantara ini memang benar sangat mempersatukan Blogger nusantara. Semua seakan mempunyai rasa ke-nusantaraan-nya apalagi ketika tekat blogger dikumandangkan..terharu bangeet🙂

    03/11/2011
  8. inspiratif, yg bikin acara dan yg menyusun isi acara keren, banyak yg di dapat dari 3 hari ikutan BN, sedang di ekstraksi, siap2 berbagi dalam postingan aja kak🙂

    02/11/2011
  9. akhir’e isok salaman juga🙂

    02/11/2011
  10. Seru!
    Saya senang bisa bertemu banyak teman baru di sana.
    pengalaman yang unik banyak saya dapatkan, dan terasa betul semangat teman-teman blogger untuk saling bertemu satu sama lain.

    Seneng bisa ketemu lagi sama Cak Bukik di sana. Sepakat dengan pendapat sampeyan, bahwa kekurangan memang pantas ada, karena dari sanalah bisa membuat perbaikan.

    02/11/2011
  11. Oalaaahhh…mas Bukik foto bareng sama mba Valencia😀 trus di tangan mas Bukik ada kotak apa tuhh?? ipad yaahh? hihihihi

    02/11/2011
    • Hahahaha
      Bukan iPad kok
      Cuma Galaxy Tab 10.1

      02/11/2011
  12. akhirnya saya bisa ketemu sama mas bukik..
    meskipun cuman bentar..
    aku kira masnya itu udah lumayan tua gitu, ternyata masih cukup segar..
    hehehehe..

    *mlipir*

    02/11/2011
    • Iya kapan kita ngopi-ngopi santai gitu……
      Wah terima kasih buat pujiannya…..jamuku manjur berarti *eh

      02/11/2011
  13. Semoga kopdar blogger nusantara tahun depan, diadain di Jogjakarta.🙂 Bloger nusantaraaa…. Luar biasaa….!!🙂

    02/11/2011
  14. Ah, aku bener2 ndesooo…. ditraktir kepiting cak Bukik paginya langsung alergi… hiks… serasa gak lengkap nich ikutan BN 2011….. hiks…

    01/11/2011
    • itulah sebabnya kenapa aku gak ikutan makan😀

      01/11/2011
  15. nyesel deh gak ikut😦

    01/11/2011
  16. Senang rasanya membaca liputan mas Bukik disini. Sayang saya tidak bisa datang ke Kopdar Blogger Nusantara karena kesibukan dikantor dan hari Minggu membawakan materi di Pelatihan Blog utk Guru di Bekasi. Semoga semangat persaudaraan, kebersahajaan dan kebersamaan yg menjadi spirit Blogger Nusantara terus menyala dan menjadi bagian dalam proses menuju perubahan Indonesia menjadi lebih baik..Maju terus Blogger Nusantara!

    01/11/2011
    • Salam blogger!
      Semoga di lain kesempatan kita bisa berjumpa…..

      02/11/2011
  17. Acaranya kayak acara sekolahan euy.. hehehe.. kalau aku pasti bgg mau ketemuan siapa saking banyaknya..

    01/11/2011
  18. wibisono #

    O iya,, bantal dan kasur di camp blogger nusantara gak bisa dibawa pulang ya..😀

    31/10/2011
    • Hahaha spesial buat mereka yang beruntung…..

      31/10/2011
  19. wibisono #

    Salam blogger nusantara kang bukik.. Selamat juga dapt galaxy tabnya..
    seru banget acara blogger nusantara ini..
    sayangnya saya belum bisa jalan-jalan ke sidoharjo selama 3 hari itu..😀

    31/10/2011
    • Wah eman…..banyak tempat dan kuliner yang menarik.
      Kalau belum sempat, berarti itu pertanda harus berkunjung lagi ke Sidoarjo hehehe

      31/10/2011
  20. wow bener-bener event yang hebat yah,.. hkz sayanggggg bangett g isa ikutann😦

    31/10/2011
    • Tahun depan yuuuuk

      31/10/2011
  21. DV #

    Ngiri…. iri…. dengki! :(( ugh….. hahahahha… sukses, Cak!

    31/10/2011
    • Makanyaaaaa……..
      Aku penuhin janji buat traktir2…sayang dirimu gak datang….hehehe

      31/10/2011
  22. Anugrha13 #

    mantabs pak bukik…lain kali saya mau merasakan lontong kupangnya hehehe
    eh saya juga punya oleh-oleh loh hehehe http://wp.me/p1bvJ7-cr

    31/10/2011
    • Tahu ketinggalan pesawat gitu mending makan kupang dulu ya
      hahahaha

      31/10/2011
  23. yg aku rasakan sepulangnya dr sidoarjo pembelajaran ttg kekeluargaan termasuk orientasi sbg seorg blogger khususnya sajian konten😀 *ah ngelantur… Sukses terus pak!

    31/10/2011
    • Energi yang berlimpah
      Bukan saja pengetahuan, tapi juga emosi positfnya
      Sama-sama sukses yuk

      31/10/2011
  24. Menyesali karena tak bisa hadir tidak membuat acara di ulang:( Sukses selalu blogger NDESO!!!!😀

    31/10/2011
    • nDeso itu keren!

      31/10/2011
  25. terima kasih kehadirannya mas bukik. senang berkenalan dg blogger hebat spt panjenengan. maaf ya jika kami banyak kekurangannya. sampai ketemu lain waktu. blogger nusantara digagas untuk persaudaraan dan semoga tetap demikian.

    salam blogger nusantara.

    31/10/2011
    • Kekurangan itu harus ada, sebagai agenda buat tuan rumah berikutnya hehehe
      Secara umum, kesederhanaannya sudah membangun kebersamaan
      Semoga ke depan, bisa lebih seru dengan semangat kebersamaan yang lebih besar

      31/10/2011
  26. waahhh….keren pak bukik…

    semoga Kopdar Blogger Nusantara menjadi lebih GILA dan NDESO….

    31/10/2011
    • Amiiiin….

      31/10/2011
  27. gk bisa berkata-kata lagi selain “HEBAT, HEBAT dan HEBAT”. Jadi nyesel bngt gk bisa hadir di acara ini karena Juragan yg lagi “ngambek” (krjaan kantor menumpuk). Smoga event-event berikutnya saya bisa hadir deh. Amin… , btw…amazing artikel mas🙂

    31/10/2011
    • Wah lebih beruntung diriku berarti. Masih bisa mensiasati pekerjaan hehe
      Ayo tahun depan ikutan

      31/10/2011
  28. mau donk galaxy tab nya🙂

    31/10/2011
    • *tendang
      Hahahaha…….

      31/10/2011
  29. Hore, ada photo saya walaupun kecil🙂 Sayang ga sempet nyalamin mas Bukik sama mas Rusa yg fenomenal. Hidup Blogger Nusantara…

    31/10/2011
    • Yuhuuuu…….BB-ku agak repot kameranya…..jadi pilihan foto yang bagus terbatas banget
      Hehehehe
      Jiah fenomenal……kayak paranormal ae

      31/10/2011
  30. ceritaku tentang Blogger Nusantara: sibuk dengan deadline sehingga gak jadi datang. xixix…

    31/10/2011
    • Woooooo……
      Padahal sampai pagi lho acaranya…..

      31/10/2011
  31. wkwkwkwk BLOGGER NUSANTARA, NDESOOO!!!
    MCNYA, NDESOO!!!

    Masih terasa kental atmosfer di #BN2011 kemaren, semoga di #BN2012 kita bisa bertemu🙂

    salam, iyoriblog

    31/10/2011
    • Ndeso!
      Hahahaha mantra yang memikat
      Semoga #BN2012 lebih heboh dengan jiwa persaudaraan

      31/10/2011
  32. wahyu asyari m #

    rame!
    sampai ketemu tahun depan..

    31/10/2011
  33. wahhaa tau saja saya tukang nyamber
    makasi kopdar kepitingnyaa….

    baru kali itu saya ngemil kepiting paling banyak
    sampe jumpa disemarang mas

    31/10/2011
    • Jiahahaha
      Iya sampai harus dibungkus…..
      Tenang saja. Habis ini ada undangan ke semarang kok *mringis

      31/10/2011
  34. sydih gak bisa ikut acara BN :((

    31/10/2011
  35. keren nih acaranya, kemarin sudah niat berangkat tapi ada kegiatan kampus, gak jadi deh :((

    31/10/2011
    • Hehehe sayang gak ikutan……

      31/10/2011
  36. setuju ma Om Rusa … meskipun saya hanya hadir tiap malam sampe pagi tapi rasa kekerabatan, kekeluargaan, kebersamaan dan kesederhanaan begitu mengena … semoga taun depan bisa hadir pagi dan malam #BN2012

    31/10/2011
    • Yup. Sederhana tapi bersama. Jauh lebih penting dari persoalan-persoalan lain.

      31/10/2011
  37. Avy #

    ndeso…ndesooo yang xlangkah lebih maju…..suwun pak kepitingnya walau ndak makan…asli saya ndak suka, trauma masa kecil dari bau masakan kepiting…

    31/10/2011
    • Nah maksudku itu kan terapi kepiting, buat membongkar trauma itu
      Jiahahahaha

      31/10/2011
  38. mantap surantap…karena keterbatasan waktu belum sempat sungkem euy.. hehehehee

    31/10/2011
  39. Speechless… Dan hanya bisa terkesan. Lanjutkan! :))

    31/10/2011
  40. gak ada foto Rusa males baca ahhhh *kabur dulu* *belum baca beneran*

    31/10/2011
    • ehhh ada ternyata huehehehe😀

      31/10/2011
      • Makanya……simak duluuuuu

        31/10/2011
      • Mesti gak pernah baca sampe selesai :p wkakaka

        03/11/2011
    • initinya makna yg rusa dapat dalam Kopdar Blogger Nusantara adalah: kekerabatan, kekeluargaan, kebersamaan dan kesederhanaan

      31/10/2011
  41. Blogger Nusantara Ndeso, Ndeso..

    Blogger Nusantara Luar Biasa..

    Semoga Kopdar Blogger Nusantara bisa dilaksanakan di berbagai daerah yang lain dan menjadi lebih baik lagi.. Amin..

    31/10/2011
    • Yuhuuuu……semoga menyebar dan menerangi setiap sudut nusantara

      31/10/2011

Trackbacks & Pingbacks

  1. Posting blog te… « ririzoziel10
  2. posting blog te… « daritirta
  3. 17 Tipe Posting Blog | bukik ideas
  4. Kita Adalah Blogger Nusantara, Mari Bersatu | Agus Wibisono
  5. Pertemuan 3.0 : Melejitkan Kreativitas Kolektif | bukik ideas

Ngasih Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: