Skip to content

RIP Steve Jobs | 3 Inspirasi

Steve Jobs depan

Pagi ini ketika berangkat kerja, aku mendengar dari radio berita mengejutkan, Steve Jobs (56 tahun) meninggal dunia. Apa yang bisa kita pelajari dari Steve Jobs? 

Aku mengenal Apple sejak SMP tapi menjadi pengguna ketika Apple meluncurkan Macbook White. Sekarang, produk Apple yang aku mampu beli dan gunakan hanyalah Macbook Unibody, generasi pertama hehehe. Mengapa aku memilih Apple? Ada banyak pengalaman luar biasa dan menakjubkan ketika menggunakan produknya.

Steve Jobs adalah sosok yang luar biasa. Kiprah Steve Jobs telah banyak berdampak pada peningkatan kehidupan manusia. Dunia digital menjadi lebih baik, indah dan mudah. Steve Jobs tidak hanya menciptakan produk baru, ia mengubah lapangan permainan.

Aku sebagai blogger akan mengulas 3 inspirasi yang paling berkesan bagiku. Apa saja?

We worked hard and in ten years, Apple had grown from just the two of us in a garage into a $2 billion company with over 4,000 employees. We’d just released our finest creation, the Macintosh, a year earlier, and I’d just turned thirty, and then I got fired. How can you get fired from a company you started? Steve Jobs – Stanford commencement speech, June 2005

Menjadi pemimpin, menjadi inovator adalah menjadi sendirian. Menjadi pemimpin bukanlah menjadi orang yang disukai semua orang. Menjadi pemimpin bukanlah menyenangkan semua orang. Mengapa? Pemimpin menyaksikan masa depan dengan terang. Masa depan yang belum bisa dilihat oleh kebanyakan orang. Wajar bila pemimpin yang berani menyampaikan masa depan yang terang itu akan ditertawakan, dilecehkan dan bahkan di tendang oleh orang-orang di sekitarnya.

“You can’t connect the dots looking forward; you can only connect them looking backwards. So you have to trust that the dots will somehow connect in your future. You have to trust in something — your gut, destiny, life, karma, whatever. This approach has never let me down, and it has made all the difference in my life.” Steve Jobs – Stanford commencement speech, June 2005

Menjadi pemimpin bukanlah merencanakan masa depan. Tugas pemimpin bukan menyusun rencana dan mewujudkannya. Menjadi pemimpin adalah mengenali potensi semua sumber daya (manusia, teknologi, ekonomi, sosial budaya dll),  merangkai dan mewujudkannya menjadi karya terbaik. Tugas pemimpin adalah menggalang kekuatan bawahannya untuk mewujudkan sebuah impian indah.

Being the richest man in the cemetery doesn’t matter to me. Going to bed at night saying we’ve done something wonderful… that’s what matters to me. Steve Jobs – The Wall Street Journal, May 25, 1993

Menjadi pemimpin bukanlah menjadi mediocre. Menjadi orang yang melakukan setengah-setengah, mengerjakan tugas asal selesai. Menjadi pemimpin adalah melakukan aktivitas yang hebat. Sekecil atau seremeh apapun peran kita, lakukanlah secara luar biasa. Lakukan peran kecil kita hingga membuat orang menjadi takjub.

Aku pikir 3 inspirasi ini penting bagi kita, baik sebagai individu, sebagai sebuah bisnis maupun sebagai bangsa Indonesia. Selamat jalan Steve Jobs! Semoga kehidupan yang damai menyambutmu di sana.

Apa inspirasi yang anda pelajari dari Steve Jobs? 

Saksikan Video pidato Steve Jobs “Stay Hungry, Stay Foolish”

Link Pendek Posting Ini : http://bit.ly/InspirasiSteveJobs 

__________________________________________________________________

Klik untuk Langganan Bukik.com via Email

Sumber Gambar : COG LOG LAB. & stevegarfield

23 Comments Post a comment
  1. Sangat Inspiratif, Steve Jobs merupakan revolusioner teknologi, #tributetosteve

    07/10/2011
  2. awalnya, saya hanya tertarik dengan produk apple saja (tanpa mau tau siapa di balik gadget yang revolutioner ini). walaupun tidak punya produknya, tetapi saya tetap ikut perkembangan seputar produk-produk apple. *oke, ini tidak terlalu penting.

    tapi setelah membaca biografi jobs, saya baru paham mengapa i”Series” selalu laku di pasaran. ternyata di balik semua teknologi yang “tidak biasa” ini ada sosok yang luar biasa. selamat jalan jobs.

    “Sekali lagi, Anda tidak dapat menghubungkan titik-titik harapan, Anda hanya bisa melakukannya dengan merenung ke belakang. Jadi, Anda harus percaya bahwa titik-titik Anda bagaimana pun akan terangkai di masa mendatang. Anda harus percaya pada sesuatu intuisi, takdir, hidup, karma, apapun. Pendekatan ini tidak pernah mengecewakan saya, dan itu telah membuat semua perbedaan dalam kehidupan saya” Steve Jobs, Stanford University june 12th 05.

    06/10/2011
    • Ada sebuah sosok dengan visi yang luar biasa.
      Keagungannya tercermin dari keindahan karya-karyanya

      08/10/2011
  3. Walaupun belun pernah mempunyai produk apple tapi rasanya sedih melihat dia meninggal..

    RiP

    06/10/2011
    • Apalagi sudah punya seperti aku ya? *pamer

      08/10/2011
  4. orang hebat adalah orang yang berani berimpi dan berjuang untuk memperoleh impiannya, dan berhasil sukses dengan impiannya

    06/10/2011
    • Yuk bermimpi…..
      Dan memperjuangkannya menjadi nyata

      08/10/2011
  5. Theo #

    Yang kurang dari steve jobs adalah ketidak mampuan dia melahirkan leader baru di apple yg mempunyai kemampuan visioner seperti dia, memang melahirkan pemimpin visioner susah, tapi ada attitude lain steve yg membuat apple kaya tapi juga miskin. Yaitu dominasi dia akan seluruh karya dan pemikiran apple dan ketidak percayaan dia akan delegasi yg muncul dr sifat ultra perfeksionis steve. Dgn attitude ini tidak dipungkiri apple menjadi pemain terdepan dibidangnya, inovasi yang wow! Dan merk yang paling berpengaruh di dunia. Tapi sifat ini pula yg membuat apple miskin akan figur pemimpin seperti steve.

    06/10/2011
    • Yup. Waktu yang akan menunjukkan. Apakah Jobs meninggalkan warisan yang lestari

      08/10/2011
  6. Mengenali semua sumber daya, itu yang kita perlukan sebelum melangkah lebih jauh terlebih memimpin banyak orang.
    Selamat jalan Steve Jobs

    06/10/2011
    • Apresiasi kekuatan diri, untuk mencapai mimpi

      08/10/2011
  7. nice post bu anda membahas di track yang sesuai dengan blog anda.NIce

    06/10/2011
    • Makasih

      08/10/2011
  8. banyak quotes yang oke di commencement speech-nya di stanford. mari mulai belajar dari inspirasi beliau

    06/10/2011
    • Bener banget. Pidato itu adalah warisan dari sang legenda

      08/10/2011
  9. jk #

    “Pemimpin menyaksikan masa depan dengan terang. Masa depan yang belum bisa dilihat oleh kebanyakan orang”

    kata-kata ini membuatku merinding, luar biasa mas bukik

    06/10/2011
    • Terima kasih…….
      Itulah tuga pemimpin, lead, mengarahkan ke suatu tempat di masa depan

      08/10/2011
  10. nice quotes from him om bukik…
    “You have to trust in something — your gut, destiny, life, karma, whatever”

    06/10/2011
    • Sesuatu yang membuat kita yakin melakukan aktivitas yang kita sukai

      08/10/2011

Trackbacks & Pingbacks

  1. Belajar Menjadi Pemimpin Seperti Steve Jobs
  2. 15 Hal Unik Tentang Steve Jobs | bukik ideas
  3. Eros, Sumber Energi Personal Brand | bukik ideas
  4. Stay hungry, stay foolish | bukik ideas

Ngasih Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: