Skip to content

Blogger Nusantara Blogpreneur Indonesia

blogger nusantara bloggerpreneur Indonesia 2

Kopdar 1000 Blogger Nusantara Blogpreneur Indonesia adalah awal kebersamaan blogger, sekaligus langkah lahirnya semakin banyak bloggerpreneur. 

Alasan Ngeblog dan Tipe Blogger

Aku dan mungkin kebanyakan orang Indonesia lainnya, awalnya menulis di blog hanya sekedar untuk menyalurkan hobi nulis sekaligus pelampiasan rasa galau yang menyesakkan. *uhuk* Aku sendiri menulis di blog sejak 2007 dengan menggunakan free blog dari WordPress.com. Sempat beralih ke blogspot.com atau blogger.com tapi kembali lagi menggunakan wordpress.com. Wajar karena hanya sekedar penyaluran, maka lebih memilih layanan gratis dari pada menggunakan hosting sendiri yang berbayar.

Selama 4 tahun ngeblog, tulisanku sifatnya lebih seperti onani atau bertendesi memuaskan diri sendiri. Tulisan tentang apa yang terlintas dipikiran, apa yang dirasakan, atau apa yang dialami. Tidak peduli struktur tulisan, pemilihan kata atau bahkan keinginan untuk berinteraksi dengan pembaca. Blogger semacam ini, sebut saja blogger pemula, mungkin kategori terbesar dari blogger di Indonesia.

Selain blogger pemula, ada beberapa kategori blogger yang menghuni dunia blogging Indonesia berdasarkan intensitasnya yaitu :

  1. Blogger pemula yaitu mereka yang baru diawal tahap ngeblog dan masih menulis sekedar untuk menulis
  2. Blogger bisnis gelap adalah mereka yang ngeblog untuk mencari uang dengan jalan pintas. Cirinya penggunaan SEO tanpa disertai mutu posting yang memadai.
  3. Blogger perusahaan adalah mereka yang menghidupkan blog buat perusahaan tempatnya bekerja.
  4. Blogger personal adalah mereka yang ngeblog untuk mengekspresikan hobi dan kehidupannya serta menjalin relasi dengan mereka yang mempunyai kesamaan.
  5. Blogger profesional adalah mereka yang menangani blognya berdasarkan pada suatu profesi atau topik=topik tertentu. Biasanya, kepentingan utamanya adalah membangun personal brand.
  6. Bloggerpreneur adalah blogger yang menjadikan blog sebagai bisnis dengan memberikan manfaat tertentu pada orang banyak. Manfaat tertentu itu diberikan secara gratis atau dengan suatu persyaratan tapi tetap relatif gratis.

___________________________________________________________________

Ide tentang BloggerPreneur

Aku yakin bagi banyak blogger pemula, gagasan mendapatkan uang dari blog itu tidak terbayangkan dan mengejutkan. “Loh ngeblog bisa dapat uang?” “Enak sekali ya?!” “Bisa ya? Gimana caranya?” “Berarti blogger itu bisa jadi profesi?” Demikian respon-respon mereka terhadap ide mengenai bloggerprenur.

Mengapa tanggapan terhadap ide bloggerprenur seperti itu? Meski sudah ada banyak komunitas blogger lokal, tapi masih belum ada komunitas pada tingkatan nasional. Akibatnya, jangankan pengenalan tentang blogpreneur, bahkan pengenalan blog sebagai media informasi alternatif kepada masyarakat luas pun terasa kurang menggigit. Blog masih dianggap sebagai media pinggiran yang tidak begitu penting. Meskipun kenyataannya, blog & media sosial lainnya telah berperan sebagai penyeimbang bagi pemberitaan media konvensional yang seringkali timpang.

Apa contohnya? Pemberitaan kasus SMA 6  yang menunjukkan dinamika antara media mainstream dengan media sosial. Sebuah posting berjudul Sulutan Api di Bumi Mahakam yang ditulis blogger personal, siswa SMA, berhasil menjadi pengimbang pemberitaan sebagaimana diberitakan media konvensional. Terakhir ketika aku cek, posting itu mendapat lebih dari 750 komentar dan blog itu dikunjungi 120 ribu kali. Jangan pernah anggap remeh sebuah blog, begitu mungkin pesan dari kasus tersebut.

Ide bloggerpreneur sendiri semakin matang dengan adanya kehadiran IDblognetwork yang memungkinkan blogger mendapatkan penghasilan dengan cara yang absah. Beberapa teman blogger yang telah menjadi bloggerpreneur sudah bisa menikmati pendapatan yang lumayan hanya dengan menulis posting. Mengapa mereka bisa menjadi bloggerpreneur? Kalau aku mengamati 2 rekan bloggerku, Rusa Bawean dan Sibair, ada beberapa poin yang bisa dipelajari:

  • Pertama, mereka menulis posting yang bisa memberikan manfaat buat banyak orang.
  • Kedua, mereka mempunyai jejaring yang luas di dunia digital. Jejaring ini terbentuk mulai dari blogwalking hingga melakukan kopdar blogger.
  • Ketiga, mereka mengelola blognya secara serius sehingga mudah diakses dan nyaman dilihat.
  • Keempat, struktur tulisan mereka yang terdiri dari lead, badan dan penutup yang memancing komentar.

___________________________________________________________________

Blogger Nusantara dan Perannya

Beruntunglah beberapa kawan merasakan kegelisahan tentang peran blog bagi Indonesia dan keguyuban blogger di Indonesia. Kegelisahan yang berdampak positif dengan lahirnya Blogger Nusantara yaitu :

Paguyuban blogger yang bersifat lintas daerah dan lintas komunitas dengan cita-cita memupuk semangat kebersamaan dan persaudaraan blogger indonesia.

Paguyuban ini baru saja lahir dengan mengadakan kegiatan Kopdar 1000 Blogger Nusantara. Kegiatan yang bertemakan Blogger Nusantara Blogpreneur Indonesia ini diadakan pada 28 – 30 Oktober 2011 di Sun City, Sidoarjo. Pilihan lokasi kegiatan di Sidoarjo menarik, bukan karena aku tinggal di Sidoarjo, tapi kota ini sendiri sepertinya belum mempunyai komunitas bloggger. Dalam webnya disebutkan, Blogger Nusantara sejak awal dirancang untuk ‘anomali’ dengan menjauhi ‘ibukota’. Sebuah keberanian yang patut diacungin jempol.

Adanya Blogger Nusantara memungkinkan terbentuknya jejaring blogger dengan content positif dan bermutu. Jejaring yang sedikit banyak bisa mengatasi blogger bisnis gelap. Mengapa ini penting? Kalau kita melakukan pencarian dengan kata kunci bahasa Indonesia yang populer, maka hasil yang didapatkan sebagian besar adalah posting sampah. Hal ini disebabkan blogger bisnis gelap memainkan kata kunci popular. Dengan berjejaring, maka blogger positif bisa saling memperkuat dan memudahkan dikenali mesin pencari.

Paguyuban blogger bisa saling mendukung dalam mengatasi kasus plagiat blog. Pelakunya tidak saja blogger pemula yang mungkin tidak tahu aturan, blogger bisnis gelap yang cari jalan pintas, bahkan ada kasus isi blog yang diterbitkan menjadi isi buku. Kasus-kasus itu kadang bisa diatasi secara individual oleh blogger yang diplagiasi, tapi ada pula kekhawatiran akan adanya serangan balik (dihack). Pola serupa bisa juga digunakan untuk menghadapi ancaman dari pihak-pihak yang mempunyai kekuasaan.

Tapi lebih penting dari itu semua, Blogger Nusantara membuat blogger berkenalan dengan semakin banyak blogger lainnya. Semakin banyak kenal, semakin luas relasi. Relasi yang baik memungkinkan antar blogger bisa saling dukung, saling bantu dan saling belajar menjadi blogger profesional dan/atau bloggerpreneur. Terutama bagi aku yang masih menjadi blogger personal untuk bisa belajar menjadi bloggerpreneur.

Buat teman-teman blogger yang akan hadir di Kopdar 1000 Blogger Nusantara, bersiaplah untuk menikmati kuliner khas Sidoarjo. Teman-teman juga bisa menyaksikan bagaimana kejamnya Lumpur Lapindo yang melanda kota kami. Aku akan berusaha menjadi tuan rumah yang baik buat teman blogger semua.

Blogger tipe apakah anda? Apa harapan anda terhadap keberadaan Blogger Nusantara? 

Klik untuk Langganan Bukik.com via Email

Sumber Gambar : Mike Licht, NotionsCapital.com 

Catatan: Posting ini diikutsertakan dalam lomba Blogger Nusantara. 

122 Comments Post a comment
  1. salam kenal ya

    09/10/2012
  2. wah sama masih blogger pemula.. :malus

    28/11/2011
  3. salam kenal aja yaaa…:)

    24/11/2011
  4. kalau saya masih no 4
    Blogger personal adalah mereka yang ngeblog untuk mengekspresikan hobi dan kehidupannya serta menjalin relasi dengan mereka yang mempunyai kesamaan.
    tapi pingin no 5🙂

    salam kenal pak
    selamat atas galaxy tabnya😀

    17/11/2011
    • Yup, perlahan tapi konsisten untuk terus maju
      Yuuuuk

      terima kasih

      17/11/2011
  5. Saya ucapkan selamat dan sukses gan atas terpilihnya BUKIK.COM sebagai Pemenang Lomba Semi SEO di Blogger Nusantara

    15/11/2011
  6. hebat dapat galaxy tab ya kmrn..

    11/11/2011
  7. salam kenal mas.
    aku tinggal di surabaya.
    ngeblog hanya diwaktu luang saja.

    ingin gabung di komunitas blogger nusantara.
    bagaimana caranya?

    03/11/2011
  8. Anugrha13 #

    ooohhhhh karena ini tho samsung g tab melayang ke tangan om bukik😀
    hahaha
    *dikeplak*

    31/10/2011
  9. salam kenal mas, saya baru tahu ada komunitas blogger nusantara😀 thanks mas info..🙂

    27/10/2011
  10. semoga blogger nusantara makin jaya dengan terus mengusung hal yg positif

    26/10/2011
  11. Postingannya panjang tapi isinya muantep mas😀
    Semuanya dibahas satu per satu😀
    Ah..sayang gak bisa dateng.
    Bukan karena jauhnya, tapi waktunya bentrok dengan kegiatan lain😦

    25/10/2011
  12. SElamaaaat,… masuk 10 Besar🙂

    25/10/2011
  13. wiihhh bang tolong dong nagi jimat nya😛

    25/10/2011
  14. rumahbetujuh #

    blogwalking ke rumah saya di sini ya http://rumahbetujuh.wordpress.com/2011/08/02/mulai-dari-rumah-kita

    25/10/2011
  15. Selamat.. masuk 17 kandidat ^_^

    Sampai ketemu di Kopdar nanti yaaaaaaaaaaaaaa

    salam hangat dari kalsel

    22/10/2011
  16. Waduh, kalau saja saya masih tinggal di Malang, saya bakalan datang.
    Tapi untuk saat ini sepertinya nggak mungkin deh😦
    Semoga sukses acaranya!

    18/10/2011
  17. sebetulnya sudah banyak sih gathering blogger yg diadakan oleh komunitas2 blog spt amprokan blogger dllnya…good memperkaya khasanah gathering blogger Indonesia. yg penting damai damai ajalah sesama blogger ^_^

    18/10/2011

Trackbacks & Pingbacks

  1. Skenario-Skenario Pengungkapan Identitas @Poconggg « akuqzero
  2. Paparazzi Digital : Pengungkap Identitas @Poconggg « akuqzero
  3. Kopdar Blogger Nusantara: Menumbuhkan Jiwa Persaudaraan | bukik ideas
  4. Blogger Nusantara Blogpreneur Nasional | themanagers.org
  5. Cara meningkatkan jumlah pengunjung blog « little magic

Ngasih Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: