Skip to content

5 Manfaat Terlibat dalam Sebuah Kompetisi

BMR Andy F Noya depan

Sebuah kompetisi adalah kesempatan belajar. Apapun hasilnya selalu ada yang bisa kita pelajari untuk langkah pengembangan bisnis selanjutnya. 

Rabu pagi (28/07/11), aku terbang ke Jakarta sebagai wakil dari Batik Madura Raddina untuk mengikuti acara penyerahan penghargaan Aksi Semangat untuk #IndonesiaProduktif. Sebuah kesempatan untuk jalan-jalan  mendapatkan banyak pengalaman yang menarik. Sesampai di Jakarta, eh ternyata dalam satu pesawat ada 3 orang peserta lainnya, 2 dari Surabaya dan 1 dari Malang. Wah ternyata Jawa Timur berhasil menempatkan 4 wakilnya dari 10 finalis Aksi Semangat. Banyak juga ternyata…..

Begitu berkumpul dan bertemu dengan tim penjemput, akhirnya kami naik mobil menuju Rumah Perubahan, yang digagas oleh Prof. Rhenald Kasali, PhD. Begitulah Jakarta, sekeluar dari bandara langsung dihadang oleh kemacetan. Jangan bayangkan akan menuju kompleks perkantoran atau perumahan, Rumah Perubahan berada di ujung Pondok Gede. Kami menyusuri jalan kampung yang hanya cukup satu mobil untuk mencapainya.

Jalan Masuk ke Rumah Perubahan

Begitu masuk Rumah Perubahan yang luasnya hampir 5 hektar ini, kami disambut rindang pepohonan dengan bangunan yang didominasi bambu dan kayu. Kami masuk ke sebuah ruang yang didalamnya sudah ada Pak Rhenald, Bu Nora dan peserta Aksi Semangat lain yang berasal dari berbagai daerah. Intinya, kami terlambat hampir satu jam hehe…. Para peserta kemudian mendengar ceramah dari Pak Rhenald tentang membangun bisnis yang bisa lestari.

Apabila membangun bisnis yang bermanfaat bagi orang lain, maka bisnis itu akan abadi. Agar kita bisa terus bermanfaat tentu perlu terus berinovasi menciptakan produk atau layanan baru. Sementara pesan bagi pebisnis awal, harus bersedia ngeloni suatus bisnis agar bisnis tersebut menjadi bagian dari kehidupan. Karena yang penting bukan gebrakan awal di depan, tapi menjaga konsistensi agar bisa terlihat titik akhir dari bisnis tersebut.

Setelah menyimak inspirasi dan foto bersama, peserta berkesempatan berkeliling ke berbagai penjuru Rumah Perubahan. Meski jalan menujunya sangat sempit, tapi begitu masih terasa begitu lapang. Bila bagian depan terdapat beberapa bangunan seperti beranda, aula, ruang training dan kantor, maka bagian belakang lebih seperti alam terbuka dengan berbagai arena permainan atau outbond. Wah jadi seperti pusat pembelajaran terpadu….

Usai berkeliling, para peserta makan siang dan mendengar penjelasan rencana acara hari itu. Setelah itu, peserta menuju hotel untuk istirahat sejenak. Sore harinya kemudian kami meluncur ke Studi Kick Andy Show untuk mengikuti acara penghargaan pemenang Aksi Semangat sekaligus pengambilan gambar untuk sesi Indonesia Produktif. Sampai studio, yihaaaa…..makan malam…..hahaha belum apa-apa sudah makan….

Baru pertama kali, aku ikut pengambilan gambar Kick Andy Show, sebuah program favorit yang menebarkan inspirasi dan optimisme buat Indonesia. Ternyata studio penuh banget, sepertinya lebih dari 200 orang masuk studio. Ada beberapa narasumber yang tampil di kesempatan itu. Mereka adalah sebagian dari finalis Aksi Semangat Indonesia Produktif.

Paling mengasyikkan dari nonton pengambilan gambar ini bukannya mendengar narasumber yang inspiratif, yang bisa ditonton di televisi. Paling mengasyikkan justru cara Andy F Noya mengisi jeda antar pengambilan gambar, sesi yang tentu tidak disiarkan di televisi. Andy banyak mengeluarkan cerita lelucon yang bikin penonton terpingkal-pingkal dan lelucon yang paling banyak dilontarkan itu tentang keunikan orang Madura….hehe belum tahu dia…..

Puncak acaranya ketika diumumkan pemenang Aksi Semangat Indonesia Produktif yaitu…….Kementrian Desain Republik Indonesia (KDRI). Penghargaan diterima oleh pasangan suami isteri pendiri KDRI, Wahyu Aditya dan Arie Oktaviani. Tentang KDRI ini aku akan cerita di posting berbeda.

Acara pengambilan gambar di Kick Andy Show agak mengganjal buat beberapa peserta. Karena finalis yang di panggil di panggung untuk mendapatkan piagam penghargaan hanya 4 dari 10 orang. Padahal beberapa peserta sudah terlanjur bercerita bahwa dirinya akan muncul di Kick Andy Show sebagaimana yang disampaikan oleh panitia. Jadi maafkan bila aku tidak ada di panggung ya teman……hehe

Selesai puncak acara, tentunya acara foto-foto bersama dan spesial bersama Andy F. Noya. Pukul sebelas malam, aku ikut mobil pertama yang kembali ke hotel dengan harapan bisa segera tidur. Tinggal capeknya. Tapi sekali lagi, kemacetan Jakarta menghambat harapan itu. Tengah malam pun jalan begitu padat dan merayap pelan. Oh Jakarta…

Hari kedua, acara terakhir adalah kunjungan ke pabrik Fatigon selaku sponsor Aksi Semangat Indonesia Produktif. Kunjungan ke pabrik ini belajar tentang beragam obat dan cara kerjanya bagi manusia. Tapi yang paling seru tentu perjalanan berkeliling ke dalam pabrik. Para peserta memakai pakaian kerja yang berlapis-lapis untuk bisa masuk dalam ruang produksi. Ternyata sebuah obat yang terlihat kecil dan sepele membutuhkan sebuah proses rumit dan panjang untuk menghasilkannya. Sebagaimana sebuah ide bisnis yang butuh proses rumit dan panjang untuk mewujudkannya menjadi bisnis yang bermanfaat buat banyak orang.

Pada akhirnya meski tidak berhasil menjadi pemenang, keterlibatan Batik Madura Raddina dalam kompetisi Aksi Semangat memberi banyak pelajaran. Pertama, bisnis bukan sekedar berjualan, tapi harus mempunyai kejelasan misi yang memberi manfaat bagi banyak orang. Sebagaimana Batik Madura Raddina yang tidak sekedar berjualan, tapi juga mempunyai misi memberdayakan perempuan Madura. Video aktivitas Batik Madura ini bisa dilihat di sini dan di sini.

Kedua, kompetisi bisa menjadi ujian atas kejelasan misi sebuah bisnis tersebut. Kompetisi memacu para pelaku untuk mewujudkan misi dalam bentuk kegiatan terbaik. Manfaat ini terutama bagi kompetisi yang memberi dukungan dana untuk melakukan kegiatan atau program. Ketiga, kompetisi memberi kesempatan berjumpa dengan banyak orang dan jejaring yang bisa memberi manfaat positif buat bisnis. Keempat, kompetisi memberi kesempatan publikasi buat para pesertanya. Kelima, kompetisi bisa bikin kita jalan-jalan…ahahay….

Menurut anda, apa pelajaran atau manfaat dari sebuah kompetisi?

Klik untuk Langganan Bukik.com via Email 

Catatan : Bukik.com adalah media partner dari Batik Madura Raddina.

9 Comments Post a comment
  1. wiiihiiiiyyy…keren bangets!🙂

    02/11/2011
  2. wah selamat om, sukses terus aksi-sksi kreatifnya.😀

    10/10/2011
  3. jk #

    menurutku, kompetisi adalah salah satu motivator terbaik

    04/10/2011
  4. Waahh rumah perubahannya keren banget mas.. suka deh lihatnya..

    Trus masalah kick andy emg yg paling menyenangkan itu sesi jedah yg gak disiarin yak pasti.. itu pembeda kita nonton secara langsung dan melalui tv

    30/09/2011
    • Ho oh……aku langsung ngiler bikin ajang seperti rumah perubahan itu……hehehe

      03/10/2011
  5. ups…maaf maksudnya Mas Bukik, itu salah pencet keyboard

    30/09/2011
  6. memicu semangat untuk membuat karya … hehe itu kali ya Mas Bukin ^0^

    30/09/2011
    • Yuuuk…..berkarya…..sesuai kepasitas unik kita…

      03/10/2011
  7. Wihhh updated bangeettt…

    30/09/2011

Ngasih Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: