Skip to content

Keajaiban Andi Rianto, Berimajinasi dan Mencipta untuk Indonesia

Andi Rianto - _dessey

Mendengar aransemennya Andi Rianto itu seperti menanti keajaiban di nada-nada yang akan terdengar. Merinding! Apa yang bisa kita pelajari untuk Indonesia? 

Aku bukan orang musik. Aku tidak tahu seluk beluk dunia musik beserta orang-orangnya. Tapi aku masih bisa merasakan keajaiban dari musik yang dimainkan oleh Andi Rianto. Tepatnya ketika Andi Rianto masih di Harmoni SCTV. Ini salah satu video musik dari Andi Rianto yang aku suka banget.

Dalam video itu, duo Gamaliel & Audrey menyanyikan medley lagu-lagu perjuangan seperti Sepasang Mata Bola, Bengawan Solo, Aryati, Pantang Mundur, Indonesia Pusaka. Tapi percayalah kalau kita simak, seolah kita mendengar sebuah lagu baru, lagu yang masih segar di telinga kita. Seolah bukan lagu lama, lagu yang sudah berulang-ulang kita dengar. Andi Rianto berimajinasi menggunakan lagu yang sudah ada untuk mencipta aransemen baru yang beda.

Apa yang dilakukan Andi Rianto sebenarnya bisa kita model untuk kemajuan Indonesia. Apa yang kita pelajari? Pertama, mengapresiasi apa yang sudah ada. Andi Rianto mengenali kekuatan lagu-lagu yang sudah ada. Kedua, berimajinasi tentang keadaan masa depan. Andi Rianto berimajinasi, membayangkan dirinya tengah mendengar sebuah lagu baru. Ketiga, mendesain paduan lagu yang ada dengan aransemen yang diimajinasikan pada masa kini. Masa lalu dan masa depan berpadu dengan indah di masa kini.

Model serupa juga digunakan oleh Singgih S. Kartono, seorang desainer. Kayu dari masa lalu, imajinasi radio dari masa depan, berpadu dalam desain Radio Magno. Kayu sebagai simbol kekayaan alam Indonesia. Imajinasi sebagai simbol puncak kapasitas manusia Indonesia. Radio Magno sebagai produk nyata yang menjadi ikon di mata dunia. Kalau kita cari di Google dengan kata wooden radio, maka yang muncul di halaman pertama, Radio Magno.

Mungkin ada yang nyinyir berkomentar, “tapi itu kan semua sudah baik sejak awalnya. Bagaimana dengan setumpuk persoalan Indonesia?”. Justru model desain ini meski tidak terfokus pada penyelesaian persoalan, bisa menyelesaikan beberapa persoalan sekaligus. Radio Magno adalah solusi persoalan lingkungan hidup, menggunakan jauh lebih sedikit kayu untuk menghasilkan produk kelas dunia. Radio Magno adalah solusi perekonomian bangsa, menghasilkan devisa karena pasarnya ekspor. Radio Magno adalah solusi problem urbanisasi, menyediakan lapangan kerja di desa.

Bagaimana dengan lagu perjuangan hasil aransemen ulang Andi Rianto di video itu? Lagu ciptaannya menjawab apatisme generasi muda, membuat tertarik mendengar lagu perjuangan. Lagu ciptaannya membuat generasi yang tua pun bisa memaknai ulang makna perjuangan. Dan tentu saja, lagu tersebut memanjakan telinga kita dengan musik yang bermutu, ditengah maraknya musik yang nadanya cuma itu-itu saja.

Problem malasnya orang muda mendengar lagu perjuangan tidak bisa diselesaikan dengan mewajibkan mereka untuk mendengarnya. Tantangan bagi kita adalah berimajinasi dan mencipta kembali Indonesia dalam bentuk terindahnya di saat ini. Bagaimana kuncinya? Apresiasi masa lalu, imajinasikan masa depan dan desainlah pada masa kini.

Tapi kan tetap saja ada banyak kebobrokan Indonesia? Bagaimana caranya? Simak dulu video yang satu ini

Saya pertama nonton dan saya putar ini di beberapa pertemuan, responnya sama. Awalnya, lagu apa ini? Setelah agak lama, Wow! Lagunya kok jadi keren begini. Benar, di tangan Andi Rianto, lagu C.I.N.T.A yang dinyanyikan d’Bagindas ini menjadi begitu mempesona. Andi Rianto tidak membiarkan dirinya terjatuh. Ia justru terbang dengan imajinasinya, membayangkan rasa baru dari lagu itu dan mendesain aransemennya menjadi keren.

Dari mana pun kita bisa belajar, karena semesta raya ini adalah ruang belajar yang kaya dengan pelajaran. Kita bisa belajar dari Andi Rianto melalui caranya dalam mengaransemen ulang untuk diterapkan dalam bidang kita masing-masing.


Tadi malam aku seolah diingatkan kembali. Ketika menyaksikan 4 lagu cinta milik Iwan Fals yang diaransemen ulang Andi Rianto di Simfoni Semesta Raya, peluncuran KompasTV. Rasanya ajaib banget. Mendengar aransemennya itu seperti menanti keajaiban di nada-nada yang akan terdengar. Seolah diingatkan kembali untuk terus berimajinasi dan mencipta untuk Indonesia.

Apa yang anda rasakan ketika mendengar karya Andi Rianto?

Klik untuk Langganan Bukik.com via Email

Sumber Gambar: Desy Khoirunnisa Rahman

13 Comments Post a comment
  1. Asli Aransemen Andi Rianto keren-keren pak!! Izin nyedot video Youtubenya,,, hehe

    19/09/2011
  2. isti qomarsih #

    Wwwow…ulasan yang cantik untuk aransemen musik yang dapat memetik hati siapapun!

    Aransemen lagu perjuangannya bikin saya gak sadar mengikuti tiap syair dengan hati yang ….membungah (kata ini kurang menggambarkan kehebatannya) dan yg lebih menyebalkan (kata lain teramat kagum) saya tidak bisa menghentikan butir air mata yg keluar dan mengalir. Mungkin karena terlalu kagum dan ini membuat saya malu…(mendengarkan al qur’an saja saya belum sampai bersikap seperti ini, mungkin nanti yah saat berada di Rumah-NYA,aamiin).

    Semua arransemen nya saya dengarkan sambil sesekali mulut berdecak…gila banget deh nih! Dan yg membuat tambah kagum, ketika lagu Iwan Fals dapat dinyanyikan oleh penyanyi lain dan Subhanallah…Andi Rianto berhasil membawa penyanyi yg membawakannya keluar dari patron iwan fals (saya merasa lagu yg dinyanyikan dg sangat enak oleh iwan Fals, akan sangat sulit dinyanyikan oleh penyanyi lain. Tepatnya kalo pas karokean dg teman-2, saya mengalami kesulitan menyanyikan lagu Iwan meski saya sangat menyukainya…hihihihi.

    Om Bukik, benar banget yah…belajar dari Andi Rianto untuk membenahi Indonesia tentu dimulai dengan membenahi kemampuan yg kita miliki sehingga dapat memberikan keajaiban kecil pada sekeliling. Great om Bukik, bisa melihat keajaiban musik ini dan darinya kita mencoba membuka kunci keajaiban dan mengaplikasikan pada semua lini kehidupan, sehingga keajaiban kecil yg tiap kita ciptakan akan mengalir dan bermuara menjadi keajaiban besar bagi Indonesia.

    Makasiiiih Ya Om Bukiiiiiik…..:)

    17/09/2011
  3. memang golden hand!

    16/09/2011
  4. Airin #

    Om Andi Rianto itu adalah salah seorang dari arranger yang sangat sangat saya kagumi di Indonesia. Dulu bela2in begadang dan ngantuk2 di sekolahan demi nonton harmoni. Aransemennya itu gila banget lho ! lagu2 yang dianggap “udah basi” bisa jadi indah bahkan terdengar modern banget. dari lagu2 lawas sampe lagu2 zaman skrg bisa diaransemen jadi oke banget ! salut sama om Andi, keep it up !🙂

    15/09/2011
    • Wohohoho jaman sekolahan? Jempolan……..
      Iya waktu itu Harmoni di taruh di waktu yang gak asyik, tapi tetap saja asyik bahkan beberapa kali trending topics di twitter

      16/09/2011
  5. Andi Rianto ituu… Wow, I’m a huge fan of him!!
    Kereeeeennnnn!!!! mesti merinding kalo denger aransemen beliau. rasanya itu yaaa… ikut terbawa gitu.. gak bisa dijelaskan, hahaha…
    bahkan tiap kali beliau re-arange lagu orang, hasilnya bisa jadi jauh lebih keren… Suka banget pokoknya.. Pengen liat live shownya, pengen nyanyi diiringi Magenta Light Orchestra *yang ini asli ngayal*😀
    Makasih pak Bukik, postingannya keren!

    12/09/2011
    • Wohohohoho gak pengen ngundang ke Surabaya?

      16/09/2011
  6. DV #

    Andi Rianto beda dengan yang lain, Mas…
    Terasa betul ketika mengamati tayangan musik Harmoni SCTV ketika masih dipegang beliau dengan ketika pada akhirnya dialihkan ke orang lain.

    Kupikir kuncinya bagaimana ia, Andi Rianto, bisa mencipta harmoni yang baik di setiap lagu. Aku yakin dia punya keyakinan bahwa se-biasa apapun lagu, pada dasarnya lagu adalah tetap karya seni yang bisa lebih kelihatan elegan kalau dikulik sisi-sisinya.

    Tulisan yang menarik… aku lom bisa nangkep siaran Kompas TV dari sini, sementara masih ngejar Youtube-nya saja🙂

    12/09/2011
    • Setuju mas. Harmoni sepeninggalan Andi Rianto sudah tidak pernah jadi TT lagi. Orang suka tapi gak sampai “Wow!”
      Tulisan saya ini sebenarnya cuma mereka-reka, berkhayal apa yang dialami Andi Rianto ketika melakukan aransemen. Tunggu hasil interview saya dengan Andi Rianto mas. Pasti lebih seru.
      Bukannya KompasTV bisa streaming?

      12/09/2011
  7. Aahhh aku gak suka dengerin musik mas.. jadi kurang mengikuti.. tapi emg byk yg blg keren yak aransemen mas andi rianyo ini.. lagu yg menurut kita lebay pun bs jadi ok ditangannya..

    11/09/2011
    • Lebay jadi ok. Sentuhan emas……

      12/09/2011
  8. Saya pertama kali “ngeh” banget sama aransemen andi rianto @dudutna waktu ada harmoni SCTV .. Sampai jujur saya merinding dan pengen nangis tiap denger lagu yang dibawakan dan diaransemen andi rianto dan magenta orchestra.. Enak! Keren! Beda dan ada soul nya.. Jd kita terbawa banget waktu dengerin lagu itu. Dan saya bener2 kecewa pada saat Harmoni SCTV skrg uda ngga sama andi rianto lg. Ada yang hilang.sangat hilang. Duh jd panjang curhatnya..hehe.. Yang pasti saya speechless harus komen apalg mengenai andi rianto..dia dan magenta telah memeberikan warna yang beda thd warna musik indonesia..saya sbg anak muda sangat tergugah dg lagu2 perjuangan yg pnh andi rianto garap..great! Awesome! Anyway makasih pak bukik sudah memposting ttg ini..keren banget postingannya!😀 suka suka suka !

    10/09/2011
    • Iya beneeeer……kita menanti acara baru yang diaransemen Andi Rianto yaaaaa

      12/09/2011

Ngasih Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: