Skip to content

5 Perubahan Bukik.com

bukik ideas logo

Apa saja 5 perubahan Bukik.com sehingga bisa lebih bermanfaat dan nyaman buat pembacanya? Simak 

Mengapa Bukik.com mengalami perubahan? Jujur awalnya karena banyak waktu luang dan mulai pasang modem wifi dirumah. Waktu luang membuat saya bisa membaca dan menulis. Ditengah asyiknya menulis, jadi teringat kembali pada majalah dinding SMA dan pers mahasiswa.

Akhirnya terpikir, mengapa tidak menjalani kegiatan majalah dinding? “Bukannya aku enjoy disana?” Lagi pula di era globalisasi 3.0, setiap orang bisa punya majalah dinding. Apa? Ya blog personal kita. Dalam hal ini, Bukik.com. Akhirnya, mulai berniat menggarap lebih serius dengan melakukan beberapa perubahan.

Sekitar 1 bulan yang lalu, Bukik.com meluncurkan survey “Masukan buat Bukik.com” yang berisi beberapa pertanyaan simpel. Terima kasih buat teman-teman pembaca yang telah menjawab pertanyaan dan memberikan komentar.

Semua itu sangat berarti untuk mengembangkan Bukik.com lebih menarik dan berguna buat kita semua.  Setelah satu bulan, sekarang saatnya untuk menyajikan hasil survey tersebut sekaligus perkembangan Bukik.com yang terbaru. Berikut hasil survey tersebut:

Berdasarkan rencana awal dan masukan dari hasil survey tersebut maka ada beberapa perubahan yang telah dan akan dilakukan Bukik.com.

1. Fokus bahasan. 

Bukik.com akan lebih terfokus pada topik-topik : Kreativitas, Perubahan Positif, Personal Brand dan Social Media. Sementara, topik The Dancing Leader dan beberapa topik yang lain akan dipisah dalam blog yang berbeda. Beberapa posting yang tidak terkait dengan topik baru tetap dipertahankan. (susah ternyata menghapusnya……gak telaten…hehe). Pemilihan fokus ini karena pembaca Bukik.com adalah orang muda yang usianya kisaran 19 hingga 35 tahun, netizen, optimis, berpikir terbuka dan berani beda.

2. Rubrik Baru

Bukik.com menghadirkan rubrik baru yaitu Bukik Bertanya, sebuah wawancara dengan beragam orang yang bisa menginspirasi pembaca. Sejauh ini, rubrik ini mendapat respon positif dari narasumber maupun pembaca karena memang formatnya beda dengan kebanyakan wawancara atau talkshow. Narasumber kebanyakan takjub dengan pertanyaan yang diajukan, “dalem” dan “menggigit”. (emang apaan ya…..)

3. Integrasi dengan Social Media

Bukik.com akhirnya hadir di Fans Page Facebook untuk memiliah urusan profesional dengan urusan personal saya di akun pribadi. Selain itu, tautan posting Bukik.com di tweet secara otomatis setiap dua jam sekali menggunakan tweet random. Integrasi ini untuk memastikan semakin banyak orang yang terinspirasi. Semoga…. (Amiiiiiin……bantu doa ya…..)

4. Aktivasi langganan via email

Langganan via email pada masa sebelumnya sudah ada tapi belum dioptimalkan. Sekarang langganan Bukik.com menjadi prioritas agar pembaca tidak ketinggalam mengikuti posting terbaru

5. Fokus pada pembaca

Sebelumnya, ngeblog di Bukik.com lebih terfokus pada diri saya sendiri, yang penting asyik. Tapi sejak bulan lalu, posting-posting dituliskan sudah terfokus juga pada pembaca, mulai dari gaya bahasa hingga ide posting.

6. Iklan dan Kerjasama

Pembaca Bukik.com berharap ada kuis dengan hadiah. Sebelumnya sudah ada beberapa kuis seperti itu yang hadiahnya berasal dari kantong pribadi. Nah, sudah nulis dan beli sendiri hadiahnya kan tidak elok dipandang (alias jadi bokek hehe). Oleh karena itu, Bukik.com menawarkan Iklan dan Kerja Sama dengan ketentuan yang fair baik bagi mitra maupun pembaca. Tentu ini butuh dukungan dari pembaca untuk berlangganan dan menyebarluaskan posting di Bukik.com. Semakin banyak pembaca maka semakin terbuka lebar adanya kuis berhadiah dari sponsor.

Bagaimana dampak dari perubahan Bukik.com? Ternyata meski belum semua program diatas berjalan, tapi dampaknya sudah mulai terlihat dan terukur. Apa saja?

1. Jumlah komentar

Saya tidak menghitung peningkatan jumlah komentar tapi secara umum terlihat ada peningkatan komentar untuk setiap posting.

2. Jumlah pelanggan

Jumlah pelanggan melalui WordPress.com meningkat 213% dari sebelumnya 23 pelanggan menjadi 49 pelanggan. Pelanggan melalui Google Feedburner meningkat 875% dari sebelumnya 12 pelanggan menjadi 105 pelanggan. Angka yang sangat kecil tapi menjanjikan prospek positif di kemudian hari.

3. Jumlah pengunjung

Jumlah pengunjung pada tahun sebelumnya relatif labil dan rata-rata per hari dibawah 200 orang. Tapi beberapa perubahan telah menaikkan jumlah pengunjung. Pada bulan Agustus 2010, jumlah pengunjungnya adalah 15.943 orang atau 514 orang/hari. Relatif melonjak meski pada hari sebelum dan saat lebaran mengalami penurunan yang cukup besar.

Demikian perubahan-perubahan yang terjadi pada Bukik.com. Semoga perubahan tersebut berdampak positif bagi kita semua. Terima kasih telah menyimak. Ayo bersama meretas ide beda!

 

Klik untuk Langganan Bukik.com via Email

17 Comments Post a comment
  1. Ihi… menginspirasi blogger lain, bagaimana mengelola blog, tak hanya untuk diri sendiri tapi juga orang lain.

    kurniasepta.com

    10/01/2012
  2. mantab om,, apalagi klo pas bahas kepemimpinan kyk survey itu, lmayan buat instropeksi diri saya..:) wes top2..

    08/09/2011
    • Terima kasih. Semoga berdampak nyata……

      12/09/2011
  3. DV #

    Mantap Gan.. sesuatu yang mau aku terapkan juga tapi nanti lah.. kalau udah ada perkembangan di blog saya hahahah

    07/09/2011
    • Buahahaha iki ngeyek mesti……
      Saya lho belajar dari posting panjenengan ttg menjual blog
      Makanya belajar bikin ketentuan yang lebih fair bagi semua
      *iningomongseolahsudahadasponsorsaja

      07/09/2011
  4. usul saja pak, bagaimana kalo ditentukan setiap hari apa (misalnya tiap selasa) ada blog update tiap minggunya

    06/09/2011
    • Saya sadar diri, bukan orang yang teratur. Itu permintaan yang sangat sangat sulit sekali (lebay mode on hehe). Selain itu, beberapa fenomena bisa jadi tidak bisa menunggu waktu terbit. Menangnya blog dibandingkan majalah justru pada kecepatan. Tapi akan dicari solusi yang pas (komat-kamit berdoa….)

      06/09/2011
  5. Sebenarnya klo terlalu banyak postingan yg serius bosan juga mas.. tetap dipertahankan beberapa postingan random yak mas.. biar pelanggan emailnya yg bosen😀

    05/09/2011
    • Hehehe siap!
      Btw, posting random di blogku itu yang mana ya? *celingakcelinguknyaricontoh

      05/09/2011
  6. semangat terus pak bukik …

    05/09/2011
    • Makasih kak Rusa. Meski masih di WordPress.com. Tetap tancap gas

      05/09/2011
  7. mau tanya mas, aplikasi survey menggunakan apa? *Sukses dengan blog barunya ya kang🙂

    05/09/2011
    • Survey menggunakan PollDaddy karena sudah disediakan oleh WordPress.com | Blog ini tidak menggunakan hosting sendiri.

      05/09/2011
  8. Wah… semakin siap menjadi blog profesional nih. Semoga lancar kaya pak Bukik

    05/09/2011
    • Wahahahaha lancar kaya? Bukan itu, hanya pilihan menjalani jalan passion dan memberi manfaat lebih pada banyak orang. Terima kasih buat dukungannya

      05/09/2011
    • salam dr.,bila membaca kisah2 dootkr paparkan,saya terkenangkan pengalaman diri sendiri yg pernah mengidap salah satu kanser dlm kisah di atas.alhamdulillah,subhanallah Allah Maha kaya saya masih survive sehingga kini setelah menjalani dua kali pembedahan di usia seawal 11 tahun dan dua cycle chemotherapy.kanser saya dikesan pada peringkat awal dan Allah telah memberikan peluang untuk saya meneruskan hidup dan kini saya masih di perantauan untuk menggapai cita2 yg tidak pernah saya mimpikan suatu ketika dahulu..insyaAllah setiap penyakit ada ubatnya,dan setelah berusaha,berdoa dan tawakkal kepada Allah adalah yg terbaik wassalam.

      24/05/2012

Trackbacks & Pingbacks

  1. Eros, Sumber Energi Personal Brand | bukik ideas

Ngasih Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: