Skip to content

Bukik Bertanya: @jflowrighthere yang DreamBrave

Jflow Depan

Jflow, seorang musisi yang berani untuk merintis karir musiknya tanpa label. Hidupnya mengalir mengikuti passion, seirama gaya bernyanyinya. DreamBrave! 

Narablog rubrik Bukik Bertanya kali ini adalah Jflow atau di twitter dikenal sebagai @Jflowrighthere. Saya terus terang baru saja mengenal penyanyi asyik ini. Kenal pun kebetulan karena seorang follower memention kami berdua tentang sebuah spirit yang sama, perubahan positif. Follower tersebut membaca buku-e The Dancing Leader sambil mendengarkan single We Are One.

Karena mention itu, saya kemudian melihat bio @Jflowrighthere, wah sepertinya asyik nih. Aku langsung meluncur ke websitenya Jflow di http://www.jflowrighthere.com/. Dengerin lagu-lagunya yang berbentuk video, asyik nih musiknya. Tapi aku paling suka sama liriknya yang penuh semangat dan optimis. Simak saja lirik dari sebuah lagunya “Harapan” ini:

Hidup terkadang memang penuh masalah/ Tapi tidak berarti kau menyerah kalah/ Dibalik setiap awan ada mentari/ Tinggalkan segala beban dan mulai menari

Saya juga baru sadar ternyata Jflow juga bagian dari tim Provocative Proactive, sebuah program pendidikan politik bagi orang muda yang menggugah. Hehehe telat banget ya

Album pertamanya “Facing Your Giants” merupakan sebuah undangan bagi siapapun untuk penuh semangat dan keberanian untuk menghadapi the giant yang ada dalam diri kita. Dalam segala keterbatasan, kita tetap bisa mewujudkan impian kita.

Selepas album pertama itu, Jflow memutuskan untuk mandiri dengan tidak memperpanjang kontraknya dengan sebuah perusahaan rekaman. Jflow nekat meluncurkan single “WOW” yang diragukan banyak oleh banyak pihak. Tapi namanya kerja keras kadang iseng melahirkan keajaiban, WOW di putar di sebuah radio terkenal. Pertama mendengar single itu diputar, Jflow begitu terkejut ketika tengah menyetir sehingga hampir menabrak angkot. Single kedua “Harapan” pun kemudian diluncurkan.

Setelah kedua single tersebut mendapat respon yang cukup positif, membuat Jflow yakin untuk membuat album keduanya. Album bertajuk “Dream Brave” yang diluncurkan pada 1 September 2011 ini melukiskan keberaniannya dalam bermimpi. Cara pesannya unik, bisa dilihat di akun twitter @FOJofficial.  Dalam album ini ada single We are One yang nasionalis banget. Lagu ini dinyanyikan pada saat Upacara Bendera 17 Agustus 2011 di PP.

Ingin tahu lebih jauh tentang Jflow? Simak cerita hidupnya….

Nama saya adalah Joshua Matulessy, kurang jelas kenapa kedua orang tua saya tidak memberikan nama tengah, sedangkan kedua kakak saya semuanya memiliki nama tengah, bahkan ada yang sampai dua. Nama Joshua sendiri diambil dari Alkitab dan memiliki arti “Sang Penyelamat”. Matulessy adalah nama fam (marga) dari Maluku.

Nama JFlow (sebagian orang menulisnya J-Flow atau J Flow) mulai melekat ketika bergabung di grup musik hiphop Saykoji di tahun 2003. Nama itu diberikan oleh Igor a.k.a Saykoji karena karakter cara rap saya yang “mengalir” mengikuti nada dan tidak terpatah2 seperti pada umumnya rapper lain.

Kejadian-kejadian penting dalam hidup saya yang menjadi milestones ada beberapa, diantaranya saat saya berusia 7 tahun dan ayah saya meninggal dunia. Itulah saat dimana saya melihat kekuatan seorang perempuan yang seumur hidup saya sampai saat itu tampak lembut penuh cinta dan tak terbayang menyimpan ketegaran sebesar itu. Respek dan kekaguman saya terhadap perempuan bermula dari sini.

Kejadian kedua adalah saat saya menerima beasiswa untuk berkuliah di universitas elit yang sangat tidak mungkin bisa saya masuki dengan cara normal. Disini saya belajar bahwa hidup tak selamanya hanya tentang bersenang-senang dan terlihat keren. Tinggal di bekasi barat dan berkuliah di karawaci mengajarkan saya tentang manajemen waktu dan disiplin menentukan prioritas.

Saat kuliah ini jugalah dimana saya berjumpa dengan Igor yang akhirnya mengajak saya bergabung di Saykoji dan dimulailah langkah pertama saya di dunia musik-hiburan.

Salah satu milestone lain adalah saat saya magang dan akhirnya bekerja selama lebih dari setahun di Yayasan Cinta Anak Bangsa, disinilah saya belajar segala-galanya tentang team work, networking, public speaking, submission terhadap atasan dan banyak hal lain yang terbukti sangat membantu saya hari ini.

Moment dimana saya akhirnya memutuskan meninggalkan Saykoji dan bersolo karir juga menjadi titik penting karir saya, begitu juga saat saya meninggalkan label J Records setelah album pertama saya mereka rilis.

Yang terakhir adalah keputusan saya untuk turut serta bekerja dan berkarya bersama sekumpulan orang-orang gila dan nekat yang menamakan dirinya team random dan menghasilkan program TV Provocative Proactive. Acara ini memberikan begitu banyak hal kepada saya, dan kami semua. Mudah-mudahan juga untuk Indonesia.

Enam tahun yang lalu saya sempat memutuskan untuk meninggalkan dunia hiburan dan menekuni pekerjaan kantor karena desakan ekonomi. Saya sudah lolos tahap interview dan psikotest di sebuah perusahaan, dan diminta melakukan general check up di sebuah RS. Keteledoran saya yang sarapan kecil dijalan walaupun sudah diminta berpuasa membatalkan segalanya. Sebuah kebetulan yang saya syukuri sampai hari ini .

Saya mencoba merangkumnya seperti ini: saya sangat menghargai segala nilai, bakat dan anugerah yang ada dalam saya yang semuanya terbentuk dan dibentuk oleh keluarga dimana saya dilahirkan dan negara Indonesia dimana saya bertumbuh dan berkembang sehingga kehidupan yang saya miliki saya akan pastikan tidak terbuang sia-sia. Semoga realisasinya tidak seklise penulisannya ya.

Saya itu ibarat air. Seperti saya ceritakan diatas, hidup saya dan kami sekeluarga sempat mengalami pasang surut. Saya hanya percaya bahwa ibu saya, seorang yang sangat dekat dengan Tuhan, akan membawa kami semua ke tempat yang terbaik. Saya menjadi seperti air yang mengalir kemana saja dan menyesuaikan bentuk sesuai wadahnya. Kami pindah rumah total sebanyak 14 kali sebelum akhirnya memiliki rumah sendiri. Saya menamatkan SD saya di 4 sekolah berbeda🙂 mengambil kuliah jurnalistik, bekerja di sebuah LSM dan sekarang menjadi musisi dan TV host? Ya, hidup saya sangat mengalir..

Terbangun pada tahun 2030? Saya akan terbangun di dunia dimana masalah tetap ada, kesulitan tetap muncul. Tapi cara pandang dan tanggapan orang-orang akan itu semua sudah berubah. Kebahagiaan melanda seluruh umat manusia, apapun keadaannya. Ini khayalan terbaik saya tentang dunia.

Tindakan kecil berdampak besar yang ingin saya lakukan adalah mentweet hal-hal positif! Kecil tapi semoga berdampak besar. Positive vibes are contagious.

Andaikan ada biografi tentang diri saya, judulnya mungkin adalah DreamBrave. Seorang yang berani bermimpi dan mempunyai mimpi yang berani.

Kejadian konyol? Terlalu banyak untuk dimuat disini sepertinya, tapi berkelahi dengan sekitar 20 orang dijalan pada hari ulang tahun ke 27 seharusnya bisa menjadi highlight🙂

Yuhuu….hidup mengalir seperti air bukan berarti pasrah, tapi berjuang dengan penuh keberanian mengikuti passion dan mimpi kita. Seburuk apapun keadaan yang tengah kita jalani, selalu ada harapan.

Apa inspirasi yang kamu dapatkan dai kisah Jflow?

Tidak ingin ketinggalan Bukik Bertanya edisi berikutnya atau ide-ide dari Bukik.com? Klik untuk Langganan Bukik.com Melalui Email

11 Comments Post a comment
  1. Airin #

    Saya ngefans banget dengan bang Jflow. Saya sangat kagum dari mimpinya yang luar biasa dan usahanya untuk menggapai mimpinya itu. Selain itu saya juga sangat menyukai lagu2 bang Jflow, luar biasa menurut saya. Dan juga saya kagum dengan konsistensinya di dunia musik dan memilih untuk tidak mengikuti selera pasar. Saya percaya, walaupun karya-karyanya itu ga meledak-ledak di pasaran, tapi tetap punya penggemar setianya. Sesuatu yang bagus itu belum tentu sesuatu yang disukai oleh banyak orang🙂

    15/09/2011
    • Aku suka kalimat
      “Saya percaya, walaupun karya-karyanya itu ga meledak-ledak di pasaran, tapi tetap punya penggemar setianya”

      Aku pesan album terbarunya lhooooo…..hehe

      16/09/2011
  2. selain musisi, yang saya salut dari JFlow adalah dia cukup memperhatikan dan peduli dengan apa yang terjadi di negara ini.
    kapan-kapan wawancarain Pandji juga dong pak.😀

    07/09/2011
    • Wahahaha Pandji? Siap! *catetdiagenda

      12/09/2011
  3. denmas soepar #

    Indonesia mmg butuh anak muda yg idealis spt j.flow.salut buat j.flow

    07/09/2011
  4. Oh hebat sekali cerita kali ini bareng jflow.. sangat menginspirasi mengenain batu loncatan hidupnya. Sangat berani bermimpi tinggi dan mengambil keputusan…

    05/09/2011
    • Dan semoga kita belajar dari setiap inspirasi

      12/09/2011
  5. Ternyata banyak yak org org indonesia yg berfikiran luas seperti dia ini.. tapi mungkin karena kendala media jadi kita kurang mengenal mereka.. bener bener beruntung kita yg bs menukmati dunia internet seperti sekarang sehingga pilihan kita banyak dan kita bs memilih dengan baik..

    Btw aku baru tahu dia ini mantan personil saykoji.. udh sering lihat di provocactive proactive seh.. hehehe

    04/09/2011
    • Yup, media lebih suka orang yang kontroversial, yang bikin masalah, yang melakukan kesalahan.
      Menurutku, tugas kita sebagai blogger mengungkap apa yang jarang diungkap oleh media.

      12/09/2011
  6. …hidup mengalir seperti air bukan berarti pasrah, tapi berjuang dengan penuh keberanian mengikuti passion dan mimpi kita. Seburuk apapun keadaan yang tengah kita jalani, selalu ada harapan…

    Terima kasih…
    untuk JFlow, atas kesederhanaan yang begitu menginspirasi.
    untuk Om Bukik, atas rubriknya yang memberikan kesempatan untukku dan lainnya, mengenal dan belajar dari hidup orang lain, dari kacamata pribadi itu sendiri. Teknik bertanya yang tidak mengungkap kesombongan tingkat tinggi, namun kesederhanaan yang menginspirasi.

    04/09/2011
    • Terima kasih buat komentarnya yang menarik. Sebuah apreasiasi yang menggugah

      12/09/2011

Ngasih Komentar

