Skip to content

Rekreasi Indonesia: Menyegarkan Energi dan Imajinasi

perahu terdampar

Perubahan di Indonesia itu ibarat orang yang telah kelelahan bekerja dengan setumpuk pekerjaan rutin. Terus mencoba bekerja lebih keras, tapi semakin keras pula pekerjaan menendang balik orang tersebut.

Orang yang lelah bekerja telah kehabisan energi untuk belajar. Akibatnya, malas mempelajari cara baru dan memilih betah dengan cara-cara lama. Jangankan belajar cara baru, melupakan cara lama pun enggan.

Orang yang sudah kehabisan energi memilih beban kerja yang mediocore, bisa-biasa saja. Tidak pernah total menjalankan sebuah misi besar. Misi yang nanggung, energi dan usaha pun nanggung. Tidak mampu menggerakan semangat banyak orang.

Misi yang nanggung berdampak pada hasil sesaat. Orang yang lelah bekerja mudah puas dengan hasil jangka pendek. Hasil dalam 1 – 5 tahun lebih penting dari pada dampak jangka panjang. Toh kerusakan jangka panjang bukan generasi sekarang yang merasakannya.

Orang yang lelah bekerja memandang ke depan hanya selemparan batu. Sejauh kenyataan yang bisa disaksikannya saat ini dan disini. Orang yang sudah malas mengimajinasikan sebuah kenyataan yang berbeda karena terpaku dengan pekerjaan berat yang dihadapinya.

Kelelahan menghilangkan keyakinan akan kemampuan diri untuk mengatasi tantangan baru. Bertanya-tanya “apakah aku bisa?” tanpa pernah mencoba menghadapinya. Pada akhirnya, kita mudah menyerah dan mengikuti tuntutan orang meski harus kehilangan harga diri.

Saksikan diri kita, perubahan Indonesia, yang compang-camping ini penuh keringat karena saling menyikut dan saling ambil untung. Tidak tahu malu serobot milik orang lain. Terang menjadi gelap. Gelap menjadi terang.

Sudah waktunya, perubahan Indoensia, sebagai orang yang lelah bekerja, menghentikan langkah. Berhenti! Ya, berhenti…

Kita lakukan rekreasi Indonesia. Kita segarkan kembali energi kehidupan kita. Kita lemaskan otot-otot yang kaku karena rutinitas. Kita tenangkan dan heningkan pikiran sibuk kita.  Kita hentikan sejenak kejenuhan mencerna informasi-informasi lama.

Hanya dengan otot yang tidak kaku kita siap untuk mengambil tindakan baru. Hanya dengan pikiran yang hening kita bisa mencerna ide imajinatif. Hanya dengan pikiran kosong kita bisa menerima komitmen melakukan tindakan baru.

Saatnya Rekreasi Indonesia untuk menyegarkan energi dan imajinasi kita! Menemukan kembali keliaran Tan Malaka mengimajinasikan Republik Indonesia 20 tahun sebelum Indonesia Merdeka. Merasakan lagi kegagahan Bung Hatta menyatakan imajinasi bernama Indonesia di forum internasional 19 tahun sebelum merdeka. Merasakan lagi keberanian Bung Karno membacakan Indonesia Menggugat tepat di wajah penjajah.

Dengan rekreasi, kita dapatkan energi baru yang membuat kita yakin untuk mengatasi berbagai tantangan di masa depan. Kita bisa bermain bebas dengan penuh rasa percaya diri.

Energi baru yang memungkinkan kita merasa segar untuk mengimajinasikan kemungkinan-kemungkinan baru. Imajinasi yang mengarahkan pada ide dan cara yang belum pernah terbayangkan sebelumnya.

Kita tidak mudah tergoda oleh tujuan dan kepentingan sesaat. Kita sadar betul bahwa setiap kenikmatan sesaat akan berdampak kerusakan pada jangka panjang. Kita bisa menyaksikan secara jernih masa depan penuh harapan.

Masa depan cerah yang memicu lahirnya sebuah misi besar buat kita semua. Misi bersama yang kita emban untuk wujudkan kehidupan yang lebih baik. Misi yang membuat bangga bahwa kita adalah orang Indonesia.

Sebuah misi yang menggairahkan semangat kita dalam bertindak. Sebuah semangat untuk bekerja dan berkarya demi Indonesia. Sebuah semangat untuk terus mencipta kembali, sebentuk imajinasi bernama Indonesia

Indonesia bukanlah warisan nenek moyak yang kita terima begitu saja. Indonesia adalah sebentuk ide yang kita imajinasikan dan wujudkan untuk generasi mendatang.

Rekreasi Indonesia adalah kunci perubahan Indonesia yang baru dan penuh semangat. Rekreasi mensyaratkan kita untuk sejenak melupakan cara-cara lama. Rekreasi menantang kita berimajinasi tentang keadaan idaman yang ingin kita tuju. Ayo berimajinasi! Ciptakan Kado Merdeka untuk Indonesia!

Agar Rekreasi Indonesia bisa terwujud, apa Kado Merdeka kamu untuk Indonesia? 

Klik untuk Langganan Bukik.com Melalui Email

5 Comments Post a comment
  1. Denger kata rekreasi..yg muncul di pikiran saya adalah hamparan laut yg luas sejauh mata melihat atau kawasan batu malang yg dingin dan menyegarkan :p
    Indonesia butuh rekreasi yg menyegarkan dn menyehatkan. Biar ngga semakin panas suhunya ya pak.hihi
    Apalagi pemimpin2 nya mungkin kurang rekreasi jadinya makin serius+makin suka emosi tinggi.
    Adih jd ngelantur.hehe..pak saya masih tertarik pengen bikin kado merdeka buat indonesia..masih diterima ngga ya?hehe

    25/08/2011
    • Yuhuuuuuuuu ke malang yuk *salahfokus *muahahaha
      Ayo mana kado merdekanya…….Indonesia sabar menanti kok

      25/08/2011
  2. Yuk bikin parade Indonesia 2045. Kita pamerkan wajah Indonesia Impian

    05/08/2011
    • Yuuuuk….nulis cerita anak atau bikin puisi?

      05/08/2011

Trackbacks & Pingbacks

  1. Apa #KadoMerdeka Kamu untuk Indonesia? | bukik ideas

Ngasih Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: