Skip to content

6 Tips Sukses Ikut Kompetisi

IMG00888-20110716-1152

Pernah dengar Lomba Bintang Radio RRI? Wahihi pasti banyak yang gak tahu. Ini lomba sudah jadul banget. Pernah dengar nama-nama seperti Hetty Koes Endang, Harvey Malaiholo, Ruth Sahanaya, Yuni Shara? Pernah dengar kan? Lalu apa hubungannya?

Lomba Bintang Radio RRI memang telah lama lahir. Pencarianku di mesin pencari, paling tidak lomba ini sudah diadakan pada tahun 1964. Lomba ini punya cukup nama karena para juaranya memang jawara menyanyi dan banyak yang terbukti sukses. Beberapa juara diantaranya yang cukup akrab terdengar di telinga kita adalah Hetty Koes Endang, Harvey Malaiholo, Ruth Sahanaya, Yuni Shara.

Apa artinya? Talenta penyanyi dari berbagai daerah di Indonesia bisa terangkat berkat Lomba Bintang Radio RRI. Lomba ini menjadi salah satu batu pijakan untuk mengembangkan karir. Terlebih penyanyi tidak punya kejelasan jenjang karir yang bikin orang tua was-was untuk melepas anaknya menjadi penyanyi.

Menjadi juara Lomba Bintang Radio RRI itu bukan semata hadiah atau uangnya. Menjadi juara adalah kesempatan mendapat publikasi dan dikenal orang banyak. Menjadi juara adalah mendapat kesempatan untuk mengembangkan karir yang sesuai dengan passion kita.

Sekarang, ragam lomba atau kompetisi itu semakin meluas. Ada beragam lomba mulai dari kecantikan, film, karya ilmiah, teknologi, rencana bisnis bahkan karya-karya kita untuk pengembangan masyarakat. Artinya, semakin banyak pilihan bagi generasi sekarang untuk mengembangkan karirnya.

Sayangnya, ada keadaan yang memprihatinkan di daerah-daerah, atau paling tidak di Surabaya dan sekitarnya. Banyak orang muda yang apatis dan cuek terhadap kesempatan berupa lomba tersebut. Kecenderungan mencari aman, kembangkan karir semata dari lowongan kerja.

Ironisnya, justru panitia lomba yang kesulitan untuk mencari peserta. Aneh…….

Dalam pengamatanku, pada tahun 2011 ini saja ada begitu banyak lomba atau kompetisi yang diadakan. Bukik.com sendiri berusaha mensosialisasikan beberapa diantaranya, seperti di posting Komunitas dan Taman Kota SurabayaUmur Paralel, Tetap Kreatif Sampai MatiIndonesia Bermain #RoadPlay di Surabaya.

Aku bersama Indonesia Bercerita mengikuti: The Most Inspiring Aksi Klik Hati 2011, dan Pemenang Bubu Awards v.07.

Lomba atau kompetisi itu bukan ajang pamer. Tapi ajang unjuk karya dan kemampuan kita. Kompetisi itu bukan juga untuk mengalahkan orang lain, tapi agar kita berusaha mengoptimalkan kapasitas kita. Menjadi ajang yang memungkinkan kita berlatih, belajar, bekerja sama dan berorientasi pada kualitas.

Menang, bersyukur. Kalah, tetap bersyukur? Lho? Iya, kalah pun bersyukur karena kita dapat ajang buat berlatih. Kalah pun bersyukur karena karya dan nama kita diketahui oleh panitia dan juri.

Hari ini, aku mengikuti kegiatan Fresh Surabaya, sebuah komunitas kreatif di Surabaya. Kegiatan yang diadakan di Hotel Santika itu bertema “Mengaktualisasi Ide Menjadi Prestasi untuk Indonesia”. Selain berbagi pengalaman mereka yang berprestasi, kegiatan ini juga mensosialisasikan IBA 2011.

Paling menarik dari kegiatan ini adalah tampilnya @Alppinsaja, lengkapnya Vincentius Alvin Leonardo. Seorang pelajar yang arek Suroboyo ini yang menjadi pemenang IBA 2010. Walau masih muda, telah membuat Blue Atom Antivirus dan beberapa program yang keren.

Dari kiri @Alppinsaja, Atiqah Hasiholan dan @FNadira

Apa pelajarannya? Jangan anggap remeh orang muda. Jangan anggap remeh diri sendiri. Orang muda bisa berprestasi.

Bagaimana tips sukses dalam mengikuti kompetisi?

  1. Segera temukan passion kamu dan tekuni. Ikut kompetisi bukan sekedar pamer, tapi memang kita mencari jalan buat mengembangkan passion atau diri kita
  2. Asah dan latih passion kamu. Gunakan berbagai media untuk mengasah dan melatihnya. Semisal, bila jago membuat poster tapi tidak ada order poster. Bikin saja poster layanan masyarakat. Bebas saja memilih isu. Atau membuat poster untuk lembaga sosial
  3. Rajin mencari informasi kompetisi. Jaman sekarang jaman internet. Tidak usah bingung mencarinya. Cari saja di internet dengan berbagai kata kunci. Bisa juga aktif di twitter, cari orang-orang yang sesuai dengan passion kamu. Mereka biasa berbagi informasi kompetisi sesuai dengan passion mereka. Coba baca 7 jurus kembangkan twitter kita.
  4. Bergabung atau mengikuti pertemuan komunitas yang sejalan dengan passion kamu. Gauuuul. Jangan jadi kodok dalam tempurung. Kumpul cuma sama teman dekat atau teman sekolah/kampus saja. Kalau malu, ajak teman dekat kamu buat ikutan. Tidak perlu keluar biaya kok. Kalau ingin terjun di industri kreatif, gabung saja sama Fresh Surabaya.
  5. Pahami aturan dan kriteria penilaian. Baca, baca dan baca lagi. Kalau perlu pura-pura berperan sebagai juri yang melakukan penilaian. Kita bisa membayangkan yang diharapkan juri dari peserta kompetisi.
  6. Perhatikan tenggat atau batas waktu.  Sepele, tapi bila diabaikan akan menggagalkan segalanya. Apa gunanya bagus kalau terlambat?

Buat teman-teman di daerah, ayo unjuk kerja, ayo unjuk karya kamu. Para juara bintang radio sudah membuktikan manfaat kompetisi. Ada banyak jalan buat bintang seperti kamu.

Tunggu apalagi? Keburu telaaaat

Klik untuk Langganan Bukik.com Melalui Email

13 Comments Post a comment
  1. Tahun 2006 awal saya ikut Lomba Bintang Radio di RRI ini pak Bukik. Saat itu usia saya 16 tahun saya duduk di bangku kelas 3 SMA. Alhamdulillah saya meraih juara 2. Cukup membuat saya dan orang terdekat senang. Memang, ajang pencarian bakat saat ini menjadi ajang yang digemari khalayak masyarakat kita karena “menyanyi” itu bukan jadi sebuah profesi yang sulit tetapi “kecintaan” dan “kegemaran”. Jika seseorang suka musik ia akan berusaha menyenandungkan iramanya.

    Dan memang menyanyi tidak membutuhkan banyak “modal” karena setiap manusia telah dikaruniai pita suara yang indah dan memiliki ciri khas masing-masing setiap orang. ini yang menjadikan “menyanyi” memiliki nilai plus dibandingkan kegemaran yang lainnya🙂

    Setuju banget kalau kita ingin menang kompetisi minimal kita harus punya “passion”. Karena dengan passion ini akan memunculkan niat untuk berusaha. kalau kita sudah memiliki niat untuk berusaha saya yakin kemenangan akan diraih. Jangan takut gagal apabila pertama kali kita mengikuti kompetisi kita tidak juara. Juara itu bukan ukuran menang kalahnya. Tapi keberanian untuk mencoba berkompetisi dan keinginan untuk menggali “passion” kita sudah menunjukkan bahwa kita juara😀

    jadi keep trying dan terus cari passion di diri kita..

    09/08/2011
    • Terima kasih sudah berbagi pengalaman dan inspirasi yang keren!

      09/08/2011
  2. Seringnya aku telat ngumpulin😀
    poin no 6 nonjok.

    Anw congrats again buat pencapaiannya ya mas ^_^ Semangat terus
    and thank you sharing tipsnya

    03/08/2011
    • Wah makasih sudah berkunjung *terharu
      No 6? hihihihi aku punya teman, perfeksionis banget. Saking perfeksionisnya, biasanya telat. Nah biar sempurna sekalipun kalau telat ya telat hehehe

      03/08/2011
  3. bayu #

    mantab, pak!🙂

    02/08/2011
    • Makasih

      02/08/2011
  4. jadi pengen ikutan lomba-lomba. tapi harus nemuin passion dulu, ya? hmmm…

    02/08/2011
    • Itu kan teorinya, prakteknya ikutan dulu, ntar kalau gak cocok sama passionnya kan kerasa

      02/08/2011
  5. waaah… ada atiqah hasiholan. sayang kemarin gak ikiutan freshsby. reviewnya keren, pak

    02/08/2011
    • Nah nah nah…….jangan lupa untuk bulan2 berikutnya……asyik kok
      Btw, makasih buat pujiannya *bersemumerah

      02/08/2011
  6. Wow! jadi belajar dari tips menarik ini, mas.

    31/07/2011
    • Yuhuuuuu yuuuuuk

      02/08/2011

Trackbacks & Pingbacks

  1. Bagaimana Supaya Ide Menjadi Prestasi? « FreshSurabaya.com

Ngasih Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: