Skip to content

Mari ber-Bincang Edukasi

Sejak mengenal TED.com, forum berbagi ide berharga, dari Mas Dani, aku punya mimpi menciptakan forum serupa di Indonesia. Pernah mimpi itu mendapat kesempatan terwujud menjadi SL MPPO selama 2 tahun. Tahun ini, luar biasanya mendapat kesempatan kembali untuk wujudkan impian itu dalam bentuk Bincang Edukasi, sebuah forum berbagi ide dan praktek pendidikan untuk Indonesia yang lebih baik.

Semua berkat provokasi Kreshna, yang aku kenal berkat interaksi @IDcerita dan @WajibBelajar. Kreshna berkali-kali melontarkan ide dan ajakan untuk membangun sebuah platform yang bisa menjadi media komunikasi beragam gerakan pendidikan.

Sebagaimana TED.com dan SL MPPO, pengalaman pendidikan yang diperbincangkan di Bincang Edukasi di rekam dan videonya bisa diunduh gratis.

Banyak teman yang diajak tapi perjalanan mengerucutkan menjadi 6 orang yaitu @salsabeela, @inandatiaka, @akhmadGuntar, @dwikrid, @kreshna dan @bukik.

Kegiatan pertama pun dirancang bertempat di, sengaja memilih, Surabaya. Rapat lebih banyak melalui email, dengan 2-3 pertemuan offline baik di Surabaya maupun Sidoarjo.

Akhirnya, kegiatan pertama Bincang Edukasi berhasil di gelar 21 April 2011 di Library Cafe, Gramedia Expo. Videonya bisa disaksikan di web Bincangedukasi.

Peserta Bincang Edukasi 1

Kegiatan pertama ini menghadirkan Sulistyanto Soejoso – Dewan Pendidikan Jatim, Bukik – Indonesia Bercerita, Inanda Tiaka – Child Can Lead, Dito Christianto – Rumah Orkestra, dan Nila Mardiana – Pusat Pemberdayaan Komunitas Perkotaan.

Bincang Edukasi sebagai platform beragam gerakan pendidikan mendapat momentum ketika undangan untuk bergerak menyikapi kasus Bu Siami disambut oleh kalangan netizen. Undangan untuk bergerak ini diberi nama #IndonesiaJujur.

Dalam waktu singkat, para netizen menulis di blog masing-masing atau mengemail tulisan mereka. Aku menulis 2 posting yaitu Jujur itu Mujur? dan Menjadi Waras, Nyanyikan Hio.

Total ada 162 tulisan tentang #IndonesiaJujur sebagai sebuah peringatan bagi kita semua tentang pentingnya kejujuran dalam pendidikan. Sekarang, 162 tulisan itu sedang diseleksi dan diproses menjadi buku.

Sekarang, Bincang Edukasi kembali lagi untuk kegiatan kedua, ketiga dan berikutnya. Ada beberapa kota yang sudah siap terlibat dalam Bincang Edukasi.

Kegiatan kedua Bincang Edukasi akan diadakan pada Rabu, 27 Juli 2011 di @Atamerica, Jakarta. Siapa saja yang berbagi ide dan pengalaman?

Bila berminat hadir, daftar di http://evn.to/rgxYLc

Pantau perkembangan terbaru dengan follow @BincangEdukasi di Twitter.

Klik untuk Langganan Bukik.com Melalui Email

2 Comments Post a comment
  1. Artikel ini memberikan cahaya di mana kita dapat mengamati realitas. Hal ini sangat bagus dan memberikan informasi yang mendalam. terima kasih atas artikel ini, bagus….
    ahlulkisa_raikhannahdliyin

    26/07/2011
    • Terima kasih

      15/08/2011

Ngasih Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: