Skip to content

Apa Gunanya Bermain?

Peter Pan & Wendy

Bermain adalah hak semua makhluk. Karena itu, ayo kita bermain….. Lagipula bermain itu banyak gunanya.

Dunia modern membagi kehidupan menjadi tahapan-tahapan. Terkadang tahapan itu membantu kita memahami diri kita dan orang lain. Tak jarang, tahapan itu justru menipu diri kita.

Jadi hidup itu dibagi menjadi anak kecil, remaja, dewasa, tua. Aktivitas setiap tahapan pun dibedakan, bermain, bermimpi, belajar, bekerja, bercinta dan beristirahat menikmati hidup. Pentahapan ini yang kadang membuat kita jadi tertipu.

Dalam film Peter Pan, Ibu dari Wendy menjelaskan tentang ayahnya yang bekerja keras buat orang lain dan mengabaikan impiannya. Impian sang ayah disimpan dalam lemari sehingga membentuk cahaya indah yang dikeluarkan tiap makan untuk dikagumi keindahannya.

Dalam dunia nyata, ada seorang teman yang suka bermain. Apa akibatnya? Dikatakan kekanak-kanakan. Mengapa? Ya yang bermain itu anak-anak. Padahal bohong banget itu kan? Setuju?

Bermain sendiri adalah aktivitas yang penting buat kita semua. Coba apa saja manfaat dari bermain?

Apa sih bermain itu? Simpelnya, melakukan permainan. Apa itu permainan? Kalau baca-baca dari K. Bertens, ada beberapa ciri permainan:

  1. Bermain itu spontan. Tidak bisa dibawah perintah atau paksaan. Bisa mulai main kapan saja, bisa berhenti semaunya.
  2. Bermain itu seolah-olah. Orang yang bermain itu keluar dari kehidupan nyata dan masuk ke dunia permainan. Kata anak kecil, ini cuma permainan.
  3. Bermain itu ada batas-batasnya tersendiri. Batasan ini maksudnya batas ruang dan waktu. Main bola beda batasannya dengan main sim city.
  4. Bermain itu sebuah keteraturan. Ada waktunya mulai, ada saat menegangkan, ada saatnya berakhir.
  5. Bermain itu ada aturannya. Aturan ini yang bikin permainan jadi asyik. Bisa sih main curang atau pakai cheat. Tapi mainnya jadi gak asyik. Jadi serba cepat tapi gak seru lagi

Dalam permainan itu, kadang kita diminta untuk memperebutkan sesuatu atau memperlihatkan sesuatu atau kedua-duanya. Main bentengan semisal, kita berebut untuk menguasai sebuah benteng dengan cara-cara tertentu. Main jamuran, kita diminta menunjukkan gerakan-gerakan tertentu sesuai aturannya.

Senyum Damai yang Tengah bermain

Ketika bermain, kita bisa melepas ketegangan kehidupan sehari-hari. Kita bisa tenggelam dan asyik dalam dunia permainan. Selain itu, bermain menstimulasi kita untuk berani melakukan langkah atau keterampilan baru. Toh ini cuma permainan.

Anak berlatih berbagai macam keterampilan dalam permainan. Keterampilan yang dipelajari di permainan dan dipraktekkan dalam kehidupan sehari-hari.

Bahkan, bermain dan permaianan adalah asal muasal kebudayaan suatu suku bangsa. Setiap suku bangsa mempunyai jenis permainannya tersendiri. Begitu pula, setiap jaman mempunyai jenis permainannya.

Nah besar kan manfaatnya bermain? Jangan sekali-sekali meremehkan bermain teman.

Asyiknya, sekarang ada yang namanya Indonesia Bermain. Sebuah gerakan untuk menghidupankan kembali bermain dalam kehidupan kita. Apa saja programnya? Bisa cek di Program Indonesia Bermain.

Oh ya, buat Arek-Arek Surabaya siap-siap buat datang di #RoadPlay @IDBermain di Surabaya pada 21 Juli 2011. Informasi lain di posting berikutnya ya. Kosongkan waktumu untuk bermain bersama IDbermain. Gratis kok…….

Info Indonesia Bermain #RoadPlay di Surabaya

Klik untuk Langganan Bukik.com Melalui Email

7 Comments Post a comment
  1. Wah…kerenn… surabaya lokasinya dimana??

    17/07/2011
    • Desava Cafe, di Petra Togamas Pucang. Lengkapnya di http://bukik.com/2011/07/18/indonesia-bermain-roadplay-di-surabaya/

      18/07/2011
  2. Wuaaa suka dengan idenya. Bikin juga dong mas, Indonesia Bernyanyi🙂 kan banyak juga materi pendidikan yang bisa dimasukkan lewat lagu.

    12/07/2011
    • Aku gak bisa nyanyi kakak. Pun damai bisa tahu ketika aku salah dan tertawa ngikik

      13/07/2011

Trackbacks & Pingbacks

  1. Indonesia Bermain di Surabaya [[roadplay]] « drottningu
  2. Indonesia Bermain #RoadPlay di Surabaya « bukik ideas
  3. Apa Gunanya Bermain? : Indonesia Bermain

Ngasih Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: