Skip to content

Rame-Rame Pasti Murah Rek!

MurahRek

Kekuatan sosial ternyata begitu besar, terhadap kehidupan kita.  Internet dan media sosial mengoptimalkan kekuatan sosial itu menjadi manfaat buat kita  semua. Termasuk dalam berbelanja. Apakah kamu suka belanja murah? 

Seringkali kita yakin bahwa kita begitu mandiri dalam suatu mengambil keputusan. Kita berjuang agar mendapat hak untuk menentukan nasib kita sendiri. Tapi kenyataannya, kita melihat, mengacu atau bahkan bertanya pada orang lain untuk mengambil keputusan.

Sebuah eksperimen psikologi klasik Solomon Asch (1955) membuktikan kekuatan sosial terhadap keputusan-keputusan kita sebagai individu. Eksperimennya simpel. Mana dari 3 garis dibawah ini yang panjangnya sama dengan garis standar? Apa jawabanmu?

Yakin deh, semua pada menjawab garis C. Iya kan?

Nah dalam eksperimen Asch, satu kelompok terdiri dari 8 orang yang terdiri dari 1 peserta asli dan 7 orang yang sebenarnya asisten risetnya Asch. Kelompok ini ditanyain pertanyaan tadi. Tujuh orang asisten Asch menjawab terlebih dahulu kemudian 1 peserta yang asli memberikan jawaban.

Awalnya, peserta asli sudah yakin dengan jawabannya. Iya sama dengan jawabanmu diatas tadi. Tapi ketika mendengar satu persatu anggota kelompok menjawab Garis B, peserta asli ini mulai goyah. Dan akhirnya, memberikan jawaban mengikuti jawaban kelompok.

Hasil akhir eksperimen, 75% peserta riset mengikuti jawaban dari kelompok.

Nah hasil eksperimen itu di gunakan oleh para marketer untuk membuat program marketing yang lebih efektif. Lahirlah yang disebut Social Commerce, penggunaan kecerdasan sosial untuk mengambil keputusan berbelanja. Social Commerce meyakini bahwa berbelanja itu tidak semata hasil dari proses individual, tapi lebih ke proses sosial.

Dulu, produsen membuat ulasan produk yang kita baca untuk pertimbangan dalam membeli produk tersebut. Tapi tidak ada kecap nomor dua, ulasan produsen tentang produknya lebih menonjolkan sisi positifnya. Akhirnya, kita tetap meminta pendapat teman kita untuk membeli sebuah produk.

Mengapa? Kita lebih percaya pada teman kita, dibandingkan pada produsen yang punya kepentingan agar produknya laku. Kita lebih percaya pada teman kita, terlebih teman yang sudah kita kenal baik. Bagaimana kebiasaanmu?

Kalau seabreg gini, mending tanya teman dulu baru belanja

Apa sih manfaatnya Social Commerce?

  1. Membantu menemukan produk yang kita butuhkan dan ingin kita beli dengan cara lebih mudah
  2. Menemukan harga terbaik untuk produk yang ingin kita beli
  3. Memudahkan berbagi tips berbelanja dan tempat belanja yang tepat

Apa saja bentuk Social Commerce?

  1. Peringkat dan ulasan produk, membantu kita mengetahui penilaian teman-teman kita yang sudah menggunakan produk itu
  2. Rekomendasi, membantu kita mengetahui pilihan merek yang tepat untuk sebuah produk yang ingin kita beli
  3. Forum dan komunitas, menyediakan kita tempat ngobrol dan berkumpul dengan orang-orang yang mempunyai minat yang sama
  4. Belanja sosial, melakukan belanja bersama teman-teman kita baik aktivitasnya yang bersama atau produk yang dibeli bersama-sama

Social Commerce yang fenomenal adalah Groupon, sebuah perusahaan AS. Groupun menggunakan prinsip kekuatan pembelian kolektif yang membuat kita bisa mendapat harga yang jauh lebih murah, potongan harganya minimal 50%.

Nah ceritanya kemarin ketemu seorang teman, ngobrol ngalor ngidul, ternyata oh ternyata, Social Commerce sudah ada juga di Surabaya lho. Bahkan ini spesial melayani Arek-Arek Suroboyo dan sekitarnya. Mantap kan?!

Namanya MurahRek. Dari namanya saja sudah jelas apa yang dijanjikan: MURAH. Bikin ingin belanja saja. Misi MurahRek ini adalah “Rame-Rame Pasti MurahRek”. Kebayang caranya untuk bisa murah?

Intinya, MurahRek akan menawarkan kupon diskon dari berbagai merchant keren, kita ajak teman rame-rame untuk dapatkan kupon itu, begitu jumlah pemesan terpenuhi, kupon diskon akan berlaku. Simpel kan? Apalagi ngajak teman bisa berbagai media online seperti Facebook, Twitter dan email. Baca lengkapnya di Cara Pakai MurahRek.

MurahRek memang masih baru, butuh pengembangan di sana-sini. Tapi meski baru, kalau melihat web MurahRek, desainnya asyik dan kerasa elegan. Biar tambah maju, MurahRek butuh partisipasi dan dukungan arek-arek Surabaya semuanya. Gimana caranya?

Pertama, kamu bisa ikutan kuis Rame-Rame #MurahRek di twitter. Ada hadiah uang belanja untuk satu kelompok (3 orang), masing-masing bisa dapat Rp. 100.000,-.  Lebih jelasnya, follow @MurahRek, cek linimasanya atau klik di Favorites.

Kedua, kamu daftar dan praktek menggunakan MurahRek. Kamu bisa dapat IPad 2. Caranya bisa klik di Menangkan iPad2 gratis di MurahRek.com.

Ho Ho Ho Ayo Rek…….

Rame-Rame Pasti Murah Rek! 

11 Comments Post a comment
  1. Yaa.. cuma buat arek2 suroboyo, Kak T_T

    20/07/2011
  2. baru tau kalo ada yang kaya ginian. konsep yang bagus. lebih bagus lagi kalo ada fasilitas semacam “submit deal” buat membernya, biar sesama member bisa ngasih usulan “deal”. pasti lebih rame😀

    12/07/2011
    • Wah ide menarik tuh……tak sampein ke temenku gan

      12/07/2011
  3. wah ikut bangga kalo Surabaya mengeluarkan Social Commerce
    etapi Rusa gak suka, setelah buka webnya masak pengunjung dipaksa subscribe???😦

    11/07/2011
    • Kakak harus bandingin dengan clon groupon yang lain. Di MurahRek, masih ada option untuk menghilangkan tampilan subscribe itu. Coba yang lain……
      etapi makasih buat masukannya

      11/07/2011
      • sebuah kejelekan dan kesalahan bukan berarti harus ditiru kan pak🙂

        11/07/2011
        • Muahaha betul sekali kak rusa…….terima kasih

          11/07/2011
  4. owalah iki toh???

    11/07/2011
    • Wah kak rusa pertamax. Makasih kak rusa

      11/07/2011

Trackbacks & Pingbacks

  1. posting blog te… « daritirta
  2. 17 Tipe Posting Blog | bukik ideas

Ngasih Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: