Skip to content

Google Plus: Akankah Tutup Juga?

Ramai di linimasa tentang Google+, layanan jejaring sosial terbaru dari Google. Awalnya sih cuek, tapi beberapa kali ngetweet banyak yang tanya-tanya, akhirnya bikin deh posting ini. Sedikit tapi semoga menjelaskan.

Persaingan yang semakin ketat dan kecenderungan semakin sosial, bikin Google tak pantang menyerah membangun layanan jejaring sosial. Walau telah beberapa yang gagal, Google tetap meluncurkan ujicoba untuk layanan baru yang diberi nama Google+.

Secara tampilan, Google+ ini sangat Google banget. Putih, bersih dan terkesan lapang. Kalau pertama masuk ke Google+ akan tampak seperti

Seakan bisa langsung masuk melalui tombol Sign in, tapi begitu masukkan email, masih ditolak. Karena Google+ masih tahap ujicoba sehingga membatasi penggunanya. Kalau sudah punya akun, maka tampilan mukanya seperti ini:

Secara umum, fitur yang dimiliki oleh Google+ ini mirip dengan Facebook. Tapi 2 fitur utama yang menjadi pembeda Google+ ini, yaitu Circle (Lingkaran) dan Sparks.

Beda dengan Facebook, kita pertama diminta mengkonfirmasi apakah seseorang itu teman kita dan kemudian memasukkan dalam kategori pertemanan. Google+ meminta kita memasukkan seseorang dalam Circle untuk mengkonfirmasi kita berteman dengan orang itu.

Dengan demikian, sejak awal kita telah mempunyai beberapa circle yang berisi teman-teman dengan kesamaan tertentu. Semisal, teman SMU, teman kerja, teman gila dan lainnya.

Ketika kita berbagi content (status, link, foto dll) kita harus memilih pada circle mana kita akan berbagi. Jadi pesan kita langsung tertuju pada cirlce yang kemungkinan berminat dengan pesan kita tersebut. Gak nyampah istilahnya

Sparks adalah kategori minat. Jadi Google+ meminta kita untuk memilih topik minat kita yang disambungkan dengan content hasil pencarian Google. Ngek banget ya. Topik minat ini akan tampil disebelah kiri, dibawah fitur Circle.

Bila sebuah topik Sparks kita klik, maka akan tampil hasil pencarian Google. Kita bisa klik untuk membacanya atau kita berbagi, sekali lagi dengan Circle yang harus kita pilih. Gak usah nyampah ya. Berbagi hal-hal tertentu (tahu kan maksudku….) ya dengan teman tertentu saja kan. Jangan ketahuan guru, apalagi dosenmu…..hihihihi

Bagaimana ramalanku (jiaaah ramalan…) tentang Google+

  1. Potensi Google+ adalah pada dua fungsinya yaitu sebagai jejaring pertemanan (seperti Facebook) dan jejaring informasi (seperti twitter). Cukup 1 media sosial untuk 2 fungsi. Google+ adalah penantang Facebook, juga Twitter
  2. Circle pada Google+ mempunyai potensi bisnis (juga keamanan) yang memungkinkan Google melakukan analisis jejaring sosial kita. Paling tidak, Google bisa mengidentifikasi influencer kunci yang berdampak paling luas
  3. Dalam tahap ujicoba ini, terkesan Google+ terlalu serius, paling tidak bagi kita-kita yang alay (Kita???). Sebuah kekuatan potensial untuk menyebarluaskan Google+. Bagi yang serius pun tetap perlu bersenang-senang kan?
Memang ada 2 faktor positif, tapi faktor ketiga yang seringkali menjadi daya pikat utama orang untuk menggunakan media sosial. Nah, apakah Google+ akan mengalami nasib seperti layanan jejaring sosial dari Google lainnya?

Semua masih ujicoba, kita perlu melihat perkembangan lebih lanjut untuk melihat prospek Google+. Bagaimanapun Google+ layak untuk dicoba. Berkembang atau tutup, paling tidak sudah tahu rasanya

16 Comments Post a comment
  1. net #

    jika tidak ada verifikasi untuk accept di – add to circle, semua orang bisa liat status ato informasi yang kita buat juga donk.. salah ya?

    27/07/2011
  2. Aku sudah di cirkel belum ya ? :p

    05/07/2011
  3. sekilas tampilannya mirip kaya facebook cuman aksen warnanya putih. kayanya yang bikin facebook rame itu justru karena bisa update status dan langsung diliat banyak orang. kalo dengan circle kayanya ngga bisa lagi kaya gitu. tapi kita liat saja apa kata nanti😀

    04/07/2011
  4. Sepertinya memanfaatkan kekurangan facebook dan twitter, tapi belum yakin bisa seramai keduanya..

    03/07/2011
  5. Circle back donk kak *_____*

    02/07/2011
    • Muahahaha sudah kak Rusa | jaman twitter deh

      02/07/2011
  6. edofaqeeh #

    hmm.. google plus ini sudah banyak dibicarakan, mungkin saya baru tau di ranah socmed saja. tapi yang jelas sudah banyak yang tau tentang ini.
    untuk ramalan -eh ini bener pak bukik ngeramal?? hehe..- yang nomer 2 saya setuju, setidaknya dari segi itu, googleplus bisa jadi ‘bumerang’ bagi penggunanya.
    dan untuk nomer 1, oke, kalo dibilang penantang pesbuk, itu mungkin bisa dipastikan. tapi saya ada sedikit pertanyaan, bisa menyaingi twitter dari sisi mananya pak? segi simpelnya atau apa?😀
    http://wp.me/p1ymKM-2p

    02/07/2011
    • Twitter? Lebih ke segi pengelolaan informasinya sih. Fungsi penyebarannya masih menang twitter

      02/07/2011
      • edofaqeeh #

        penyebaran informasi?? hmm…. mungkin iya ya.. hehehe..
        tp yang jelas mereka punya keunggulan drpada twitter dan pesbuk, dengan akun google yg sudah dimiliki banyak orang, tentunya secara otomatis terdaftar pula di googleplus. so, customer sudah banyak. hehe..
        *hebat juga neh google..
        oiya, circle back juga dong pak..;D

        03/07/2011
    • Ada artikel menarik nih http://tekhabel.blogspot.com/2011/07/9-alasan-beralih-dari-facebook-ke.html

      03/07/2011

Trackbacks & Pingbacks

  1. 8 Media Sosial untuk Kesuksesan Personal Brand | themanagers.org
  2. 8 Media Sosial untuk Kesuksesan Personal Brand | bukik ideas
  3. Bedanya Google Plus, Facebook dan Twitter | themanagers.org
  4. Bedanya Google Plus, Facebook, dan Twitter | Asep Yudha Wirajaya
  5. Google+ : Tips Buat Ababil « bukik ideas
  6. Bedanya Google+, Facebook dan Twitter « bukik ideas

Ngasih Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: