Skip to content

Twitter buat Pemula 1

Wahahaha setelah nulis beberapa posting tentang twitter, ada yang ajukan pertanyaan mendasar, apa itu RT? Iya ternyata belum bikin posting tentang Twitter buat Pemula, yang menjelaskan dasar dan fasilitas dari Twitter. Buat pemula, wajib simak posting ini. Buat yang sudah profesional, baca sekilas saja, siapa tahu dapat inspirasi baru. Yuuuk….

Kebanyakan orang, terutama anak muda, mengenal Twitter setelah mengenal Facebook. Termasuk aku juga sih. Akibatnya, Twitter dipahami sebagai Facebook, seperti memasang status tapi dengan karakter lebih sedikit. (errrr…..)

Facebook adalah jejaring pertemanan. Apabila kita ingin berteman dengan seseorang (baik sudah kita kenal atau belum), maka kita akan meminta “add as friend”. Permintaan kita itu perlu disetujui oleh orang tersebut. Bila disetujui, maka kita akan berteman.

Akun Facebook personal membatasi jumlah teman kita maksimal 5000 orang. Dengar-dengar sih itu batas maksimal kita masih bisa mengenal seseorang sebagai teman kita.

Karena jejaring pertemanan, maka kita bisa sharing banyak informasi personal kita di Facebook. Mulai dari status, bidota, notes, foto bahkan sampai video. Mengapa? Biar kita akrab sebagai teman, saling mengetahui satu sama lain.

Terakhir, kita bisa menulis di status Facebook sampai 420 karakter, sekitar satu paragaf pendek. Status yang cukup panjang buat bergalau ria.

Twitter sendiri adalah jejaring informasi, bukan pertemanan. Apabila kita butuh informasi atau berbagi informasi, Twitter adalah tempat yang tepat. Sebelum mengenal lebih jauh kekuatan Twitter, kenalan dulu yuk sama istilah-istilah di Twitter.

  1. Tweet : status atau informasi yang kita tuliskan di twitter, maksimal 140 karakter. Disarankan, menuliskan cukup 120-an karakter saja
  2. Ngetweet: membuat status atau menulis informasi di twitter
  3. @xxxx : akun di twitter. Contoh: @Bukik adalah akunku di twitter
  4. Follow atau Unfollow: pilihan untuk mengikuti (follow) atau tidak mengikuti (unfollow) tweet dari orang atau akun lain
  5. Mention : Cara kita ngetweet pada orang atau akun lain. Caranya: Ketik @, keluar list nama akun, klik untuk memilih akun yang kita tuju, dan ketik tweet/informasi yang ingin kita sampaikan
  6. Reply: cara kita untuk membalas tweet sebuah akun
  7. Retweet atau RT : Cara bagi kita untuk mengulang tweet dari akun lain untuk kita sebarkan ke follower kita
  8. Direct Message atau Pesan Langsung: Cara bagi kita untuk menyampaikan informasi langsung pada sebuah akun yang memfollow kita. Direct Message hanya bisa dibaca oleh akun yang kita tuju.
  9. Timeline atau Linimasa: berisi seluruh update tweet dari akun yang kita follow
  10. Hashtag atau Tagar: Topik yang sedang kita bahas. Digunakan apabila kita menulis beberapa tweet dengan topik yang sama. Caranya : # + topik kita. Contoh: #AyoRek
  11. Trending Topics: Topik yang tengah menjadi trend, pembicaraan banyak orang.

Beda dengan Facebook yang butuh approve dari orang lain, kita bebas untuk follow atau unfollow orang atau akun lain di twitter, tanpa perlu persetujuan siapapun. Kalau suka, tinggal klik tombol follow. Kalau gak suka, klik unfollow.

Karena jejaring informasi, maka twitter menyediakan kita sebuah fasilitas untuk menyebarkan ulang informasi dari orang atau akun lain ke follower kita. Nama fasilitasnya adalah Retweet atau disingkat RT.

Retweet ini menjadi kekuatan utama bagi twitter sebagai media penyebar informasi. Tweet dari sebuah akun bisa disebarkan berbagai akun yang lain melalui RT. Berkat RT, informasi bisa menular begitu cepat.

Sebagai jejaring informasi, kita bisa memfollow atau difollow tanpa batas. Paling tidak sekarang sudah ada akun yang followernya belasan juta. Beda dengan Facebook yang membatasi jumlah teman hanya 5000 orang.

Bagaimana agar twitter kita bisa lebih berkembang? Simak 7 Jurus Kembangkan Twitter Kita

Ngasih Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: