Skip to content

Psikologi @Poconggg atau Mengapa Orang Begitu Menyukainya

Ternyata banyak yang terkejut dengan postinganku yang meyebutkan twitter @Poconggg lebih berpengaruh dari pada akun @SherinaMunaf. Bahkan, @Poconggg sendiri dijamin terkejut. (Bener kan Cong? Ayo jujur aja). Pertanyaan yang tersisa, Mengapa orang begitu menyukai @Poconggg

Sebagai informasi saja nih, aku tidak pernah dan tidak akan follow @Poconggg. Tapi akun itu sudah sejak sejak lama seliweran di linimasaku (Timelineku). Aku cek linimasanya, kuperhatikan tweetnya, asyik juga tapi tetap kuabaikan.

Kemudian, sempat otak-atik sebuah aplikasi analisis twitter yang menampilkan daftar akun twitter yang berpengaruh di seluruh dunia. Ada dua akun dari Indonesia yang nampang di daftar itu, @Radityadika dan @Poconggg. Nah lho….. (apa-apaan nih Cong….).

Beberapa waktu kembali buka aplikasi itu dan terlihat dua akun itu stabil di daftar atas akun berpengaruh. Hanya saja, kadang posisinya saling tertukar. Kadang @Radityadika diatas, tak jarang @Poconggg yang diatas.

Akhirnya aku kembali lagi menyimak linimasa mencari tahu, mengapa orang begitu menyukai @Poconggg? Sebelum aku sampaikan tuduhan-tuduhanku (bener, lebay emang….), kita lihat bersama-sama wajah, tweet @Poconggg dan mention dari para followernya.

Ini penampakannya

@Poconggg lagi valentinan

Ini tweetnya

Ada komentar?

Kalau ini mention dari para followernya

Ada komentar?

Apa yang bisa kita simpulkan dari tweet dan mention diatas? Aku punya beberapa poin dari tampilan itu, silahkan saja ditambahkan kalau punya poin yang berbeda di kolom komentar.

Pertama, isinya berkisar lelucon, olokan, ejekan, hinaan sampai agresi. Singkatnya penghinaan dalam bentuk yang paling halus sampai vulgar.

Kedua, penghinaan dilakukan baik oleh @Poconggg maupun para followernya. Tapi lebih sering dilakukan oleh para followernya karena hinaan bisa dilakukan terhadap tweet @Poconggg maupun inisiatif sendiri oleh followernya. Bahkan dibagian mention paling bawah, ada follower yang sengaja memberitahukan kalau @Poconggg tengah online (#ngek).

Ketiga, hal-hal negatif yang bagi kebanyakan orang menjadi aib yang disimpan rapat, justru ditampilkan oleh @Poconggg. Terlebih citra yang dibangunnya adalah serba tidak punya, khususnya tidak punya pacar alias Jomblo.

Keempat, @Poconggg sendiri menempatkan diri sebagai obyek, yang memberikan ruang bagi followernya untuk melancarkan hinaan. Menjadi korban yang menempatkan followernya sebagai subyek. Lebih jauh, membebaskan follower untuk ber”kuasa” penuh.

Keempat faktor itu yang mungkin membuat orang menyukai akun @Poconggg, sehingga akun itu menjadi punya pengaruh yang besar dibandingkan akun-akun yang lain. Pertanyaannya, mengapa keempat faktor itu begitu penting bagi para follower?

Pertama, setiap orang pada umumnya mempunyai suatu dorongan yang tidak selalu bisa diwujudkan dalam kehidupan nyatanya. Karena dorongan itu dianggap tabu, tidak pantas dan bahkan dilarang oleh norma masyarakat. Orang harus menahan dorongan itu. Orang butuh energi yang semakin lama semakin besar untuk menahannya. Pada titik tertentu, dorongan ini akan terwujud dalam berbagai bentuk yang tidak disadari, baik bentuk kreatif maupun agresif.

Apa contohnya? Sex. Dorongan yang selalu ada dalam diri manusia tetapi tidak selalu bisa diwujudkan. Masyarakat membangun norma dan mekanisme tertentu untuk mengatur pemenuhan dorongan itu. Ingat isu jomblo yang diusung oleh akun @Poconggg.

Contoh lain? Agresi, baik non verbal maupun verbal seperti mengolok dan menghina. Permainan komputer yang bertema perang merupakan salah satu bentuk mewujudkan dorongan ini. Begitu juga kompetisi olah raga. Tetapi permainan itu tidak nyata. Kompetisi olah raga sendiri terbatas aksesnya, tidak semua orang bisa terlibat.

Kedua, kehidupan modern semakin lama semakin menuntut individu, memberikan tekanan yang semakin besar. Orang mendapat stressor (stimulus yang menimbulkan stress) semakin sering dan semakin besar. Dibawah tekanan itu, orang merasa menjadi obyek atas keadaan. Orang merasa harus menerima perlakuan orang/pihak lain.

Dalam kedua keadaan itulah kemudian kehadiran akun @Poconggg serasa menjadi solusi kehidupan bagi followernya yang rata-rata masih remaja. Ketika @Poconggg online, serasa itu waktunya untuk terapi, ramai-ramai para followernya menyerbu. Beneran deh Celebrities nih.

Apakah kehadiran akun @Poconggg itu positif atau negatif?

31 Comments Post a comment
  1. yups memang sangat fenomenal mas..tp yg sering bikin sya bingung,bagaimana dia memulai semua ini?
    langkah apa kira2 yg prtma harus dilakukan,,

    trims infonya sangat menarik🙂

    10/08/2011
    • Saya tidak punya data sejarahnya, tapi dugaan saya ada beberapa teman yang membantunya mengenalkan ke publik media sosial.

      10/08/2011
  2. Kanyaknya huruf ‘G’ ada 3 juga mumpunyai pengaruh tersendiri. #opoiki #ngawur #gaknyambung

    13/07/2011
    • Muahahaha artinya G 3 itu apa plus plus plus ya *ngek

      13/07/2011
  3. awalnya itu karena pembentukan karakter poconggg yang jomblo, tapi kadang sok bijaksana, lucu dll yang membuat karismanya bersinar2 dan disukai anak2 muda.. dan yaa seperti yang kita tau, anak muda indonesia jagonya bikin trending topic, dan followernya poconggg itu super aktif lah gimana ngga? waktu adain acara offline aja ratusan anak smp sma nongol padahal pocongggnya ternyata ngga ada, apalagi online? hebat deh pembentukan karakternya..

    dan karena dia orang jadi ngga takut lagi sama poconggg, karena imagenya yang lucu dan ngenes😀

    09/06/2011
    • Wah terima kasih sudah berkunjung dan memberi komentar.
      Pembentukan karakter Podonggg yang sesuai dengan keadaan psikologi anak-anak muda mungkin lebih tepatnya. Memberi ruang kebebasan bagi anak muda untuk berekspresi secara bebas, termasuk menghina2

      09/06/2011
    • weasley #

      ini om benakribo ya?

      07/09/2011
  4. Pak saya numpang wifian dong dirumah pak bukik #eaa *OOT*

    08/06/2011
    • #ngek

      09/06/2011
  5. bukannya @poconggg di follow justru karena follower-nya takut pocong?🙂

    07/06/2011
  6. Strategi yang pas… dan target follower anak muda yang mempermudah semua menjadi cepat tersebar… serta pencetak Trending topic dengan banyak follower RT abuser! great cong… love you.. #MinumBaigon #NyusulPocongKeNeraka

    07/06/2011
    • Wah sepertinya sudah belajar
      Siap-siap muncul akun alter ego baru nih

      07/06/2011
  7. Ucup #

    mas bukik orangnya sumbung >.< saya follow.
    terus reply tweet-tweetnya ga pernah dibales..
    org-org baru yg ditemuinya di kopdar..
    malah langsung di ramah-ramahin.. seperti rusa,dll

    07/06/2011
    • Waaaaa siapa ini? sorry sorry

      07/06/2011
  8. aku follow pocong😀 lucu sih, lumayan ada temen jomblonya hihihihii

    07/06/2011
    • #Pengakuan

      07/06/2011
  9. Habis analisis ini, bakalan tambah populer tuh si @poconggg. Dia sudah masuk arus spiral menaik untuk saling memperkuat popularitasnya. Ini spt warung yg ramai dikunjungi orang. Akan ada yg komentar, “wah warungnya ramai. Mungkin masakannya enak, atau harganya murah kali ya”. Dicobalah makan di situ. Gantian orang lain melihatnya, dan punya cara berpikir yg mirip.ini terjadi terus-menerus.
    Selain itu memang perlu memperjelas karakter diri yg dituangkan dalam tweet. Yg terpenting dari itu adalah konsisten dg karakter itu. Jujur thd diri sendiri dan menikmatinya, dari hati. Penggabungan konsistensi dan kekuatan karakter ini bs belajar menggabungkan strategi @soalbowbow dan @poconggg ini. Dan akun yg berhasil melakukan itu adalah @bukik hehehe

    07/06/2011
  10. wahahhaa…sombong kan akhirnya.. kalo gitu kapan2 numpang wifian ya om😀
    lhayaa, saya ndak perlu follow juga ud seliweran terus di temlen.. -.-

    06/06/2011
  11. wow! om bukik produktif sekali menulis😀 kayaknya tiap hari update terus ya.
    haduuuuh, saya juga nggak mau kok follow si pocong. Denger namanya aja merinding, apalagi sampe muncul2 di timeline. hehe.
    kalo om bukik knp ndak mau follow?
    aneh emang ya, kontras sekali imej pocong di real world sama pocong satu ini.
    tapi bukan berarti lantas orang2 jadi terbiasa dg penyebutan nama itu kan ya? -_______-
    *merem*

    06/06/2011
    • hahahaha….pertama, karena mood nulis lagi kambuh, kedua, lagi luang waktunya. ketiga, baru bulan pertama pasang wifi di rumah. #ngek

      Gak follow @Poconggg? Gengsi ah. Dia pasti gak mau followback aku. Dia dibayar semilyar gak bakalan (hahaha)

      Followernya sudah terbiasa memantau tuh. Di tampilan mention, ada followernya memberitahukan kl @poconggg lagi online.

      06/06/2011
  12. Rusa gak follow @poconggg karena gak nakutin
    itu aja sih😀

    06/06/2011
    • hahahahaha (tuh dengerin Cong…..jadi serem dikit po’o)

      06/06/2011

Trackbacks & Pingbacks

  1. Antara Tjokroaminoto, Pahlawan dan @Poconggg | bukik ideas
  2. Skenario-Skenario Pengungkapan Identitas @Poconggg « akuqzero
  3. Paparazzi Digital : Pengungkap Identitas @Poconggg « akuqzero
  4. Psikologi @Poconggg atau Mengapa Orang Begitu Menyukainya « akuqzero
  5. Skenario-Skenario Pengungkapan Identitas @Poconggg | bukik ideas
  6. Paparazzi Digital : Pengungkap Identitas @Poconggg | bukik ideas
  7. Monitor Twitter 2: @SherinaMunaf dan @Poconggg « bukik ideas
  8. Monitor Twitter 2: Antara @SherinaMunaf dan @Poconggg « bukik ideas
  9. Monitor Kemajuan Radio Twitter Kita 2 « bukik ideas

Ngasih Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: