Skip to content

Monitor Radio Twitter 1: Penggunaan Klout

Gara-gara postingan menarik Miss Indonesia 2011: Popularitasnya di Twitter, linimasaku jadi ramai. Sampai-sampai @nonawiina ngetweet “Aduh gara² @bukik jd penasaran @klout itu apa ya? *gaptek*”. Akhirnya demi kebaikan umat manusia (ho oh lebay emang), aku tulis posting ini. 

Twitter bisa di ibaratkan sebagai radio. Ada berbagai tujuan yang dapat kita raih dalam menggunakan twitter, bisa sekedar kesenangan, membangun jaringan hingga menjadi seorang influencer. Kalau mau mengembangkan radio twitter kita, ada 7 jurus yang bisa dilakukan. Pertanyaannya, bagaimana kita memonitor keberhasilan jurus yang kita gunakan?

Skor Klout

Ada banyak tools yang bisa digunakan untuk memonitor perkembangan radio twitter kita. Tapi sejak setahun yang lalu, aku lebih suka dengan Klout.com. Simpel, visualnya intuitif, dan gratis tentunya. Sekarang, Klout dalam format baru tapi masih versi beta.

Apa itu Skor Klout?

(Buka contekan dulu ya teman, di What is the Klout Score? )

Skor Klout adalah ukuran total pengaruh online kita. Rentang skor 1 – 100, semakin besar skor berarti semakin besar pengaruh suatu akun pada follower. Skor Klout di tentukan berdasarkan 3 komponen: True Reach, Amplification Probability, dan Network Influence.

Sebelum kita kupas (apelnya….) satu-satu komponen itu, kita simak dulu manfaat dan aplikasi dari skor Klout ini.

Manfaat Skor Klout

1. Personal Branding.

Skour Klout membantu kita mengetahui seberapa kuat personal brand kita di kenal oleh follower dan dikenal ahli dalam bidang apa. Melihat profil Klout, kita bisa tahu kesesuaian, kekuatan dan pengakuan personal brand kita. Bagaimana melihat manfaatnya? Dibawah ini ada dua personal brand yang kuat yaitu @Pandji dan @Nukman.

@Nukman - Nukman Luthfie

@Pandji - Pandji Pragiwaksono

Pertama yang perlu dilihat adalah Skor Klout, @Pandji  skornya 80 dan @Nukman skornya 75. Skor 75 berarti akun mampu menciptakan percakapan dan tindakan para followernya. Skor 80 berarti akun mampu menciptakan jaringan yg kuat dan luas melalui content yang terpercaya. Akun yang hanya sekedar ngetweet biasanya skor Klout-nya maksimal 45.

Kedua yang perlu dilihat adalah Klout Style, @Pandji  dan @Nukman sama-sama sebagai Thought Leader. Artinya, ide keduanya dipercaya dan diikuti oleh para follower, bahkan menjadi tempat rujukan atau bertanya tentang topik terkait.

Ketiga, faktor yang perlu dilihat adalah Influential About, yang berisi topik-topik yang terkait dengan suatu akun. Akun @Pandji  diyakini Klout berpengaruh pada 3 kata kunci utama: musik, selebriti dan demokrasi. Akun @Nukman diyakini Klout berpengaruh pada 3 kata kunci utama: social media, media dan blogging.

Bagaimana menilai efektivitasnya? Apakah kata kunci yang diyakini Klout itu sesuai dengan value personal branding sebuah akun? Menariknya kata kunci ini bisa diverifikasi oleh para follower melalui fasilitas yang disebut +K. Bisa juga kita hapus bila tidak sesuai dengan value yang ingin kita tampilkan.

Buat yang berminat membangun personal brand, silahkan cek sendiri ketiga hal itu di Klout.com.

2. Pemilihan Influencer/Endorser Brand.

Skor Klout membantu manajer marketing media sosial memilih influencer bagi produk atau brandnya. Cara paling mudah yang sering dilakukan adalah melihat jumlah follower. Padahal sebagaimana dibahas di Miss Indonesia 2011, popularitas belum cukup memadai sebagai kriteria pemilihan. Apa yang perlu diperhatikan?

Profil Utama Klout @Bukik

Faktor  yang perlu diperhatikan sebenarnya sama dengan 3 faktor di personal. Pertama, Skor Klout disarankan memilih akun yang minimal 50 sebagai buzzer. Skor 50 berarti akun aktif menyebarkan content yang mendorong terjadinya sebuah diskusi.Semakin tinggi skor ini maka semakin besar pengaruhnya pada jejaringnya.

Faktor kedua yang perlu diperhatikan adalah Klout Style. Klout membagi menjadi 16 style. Ada 8 style yang disarankan untuk dipilih sebagai influencer yaitu Taste Maker, Celebrity, Thought Leader, Pundit, Socializer, Networker, Activist dan Specialist. Mengapa? Karena ke-8 style itu aktif menciptakan content dan cenderung konsisten.

Faktor berikutnya yang perlu dilihat adalah Influential About. Faktor ketiga ini masih kecil porsinya dalam menentukan influencer karena masih dalam tahap pengembangan. Intinya, apakah ada kejelasan kata kunci yang sering ditweetkan oleh sebuah akun dan bagaimana kata kunci itu terkait dengan value dari sebuah brand.

Ngomong-ngomong, kalau melihat profil akun @Bukik diatas, sudah pantas kan jadi influencer? *siapsiaptandatangan

3. Bermain Twitter.

Beberapa orang yang berkarakter pemain games menggunakan skor Klout sebagai bagian dari permainan. Perhatikan contoh ini:  I have a little Klout score competition going with my girlfriend, so now that I know the secret recipe, I can out Klout her!” (Engineering Influence)

Kalau sudah baca ulasan ini, semua bisa ikut bermain ngetweet dengan menggunakan Skor Klout. Yuk bermain (hehehe)

Nah begitu manfaat dari Skor Klout. Selanjutnya akan dibedah komponen dari Skor Klout. Walau ada 7 Jurus Kembangkan Radio Twitter Kita, pemahaman akan komponen Skor Klout akan lebih memudahkan untuk meningkatkan Skor Klout Kita. Simak di posting berikutnya.

Berapa Skor Klout Anda? Apa Skout Style Anda?

Klik untuk Langganan Bukik.com Melalui Email

25 Comments Post a comment
  1. ciee cieee..kok aku specialist ya? dia ambil segmentasi itu dari mana sih..? aku kan pengennya yg gaul2 gitu loh.. socializer gitu loh🙂
    sayang ya perks nya banyakan di US.. atau perks indonesia udah ada pak?

    16/09/2011
    • Perks Indonesia belum ada. boleh lho kalau buat cabangnya *hueheheh
      Tentang segmentasi Klout bisa dibaca di http://bukik.com/2011/06/09/monitor-twitter-3-apa-itu-klout-style/

      16/09/2011
  2. Mas, pilihan influencer itu datang dari mana sih? Kok aku Influential about master of business administration, padahal kayaknya nggak pernah ngetwit begituan.

    16/09/2011
    • Klout melakukan analisis isi secara otomatis. Kita bisa hapus atau minta follower buat memverifikasi dengan fasilitas +K | Klik topics di sebelah kiri bawah

      16/09/2011
      • Naah, minta verifikasinya bagaimana ya? Kalau misalnya aku minta diverifikasi sebagai pembuat lagu anak. Itu bagaimana caranya. Aku sudah buka bagian topics tapi tidak ada pilihan untuk menambah topic. Terima kasih lho pencerahannya ^_^

        16/09/2011
        • Iya tidak ada pilihan untuk menambahkan topik. Klout yang melakukan secara otomatis. Kita bisa menghilangkan topik yang tidak cocok, nanti Klout akan mengeluarkan topik yang lain. Follower kita bisa menguatkannya dengan fasilitas +K

          16/09/2011
          • Ooo.. terima kasih banyak jawabannya ^_^

            16/09/2011
  3. Wahahaha 82 top markotop. Cek tandinganmu http://bukik.com/2011/06/05/monitor-twitter-2-sherinamunaf-dan-poconggg/

    Lek levelmu, mesti nambah jurus maneh. Tapi iki rahasia……*ngek
    Kuncine:
    Perhatekno main’ne @Poconggg
    Cek tagar #SPBU

    FB? Gak iso nganggo fan page. Harus pakai akun pribadi. Ngek. Serba salah

    13/07/2011
    • walah lek #spbu versi suroboyo wingi ta’coba malah aku dikiro plagiat, malah serba salah #curcol -__-

      lek aku seh mesti ndelok teko kene : http://trendsmap.com/local/id/surabaya opo seng lagi tren nang arek2 sby pasti ta’gawe versi suroboyoane #eeaa #malahMbukaRahasia -__-

      14/07/2011
  4. lah lek aku 82 pak! lha terus opo’o? -__-” #ngek
    yo’opo carane ce’ iso munggah terus?
    lek nggawe twit seng RT-able y gampang lah lek gawe aku, soale aku nduwe “jurus rahasia” #sombongSitik :p

    seng ke-2 seng pengen ta’takono iku yo’opo carane masuk’no fan page di klout, soale aku nduwe fan page, tapi kok gak mlebu pas ta’compare karo twit wong liyo?

    13/07/2011
    • Wahahaha 82 top markotop. Cek tandinganmu http://bukik.com/2011/06/05/monitor-twitter-2-sherinamunaf-dan-poconggg/

      Lek levelmu, mesti nambah jurus maneh. Tapi iki rahasia……*ngek
      Kuncine:
      Perhatekno main’ne @Poconggg
      Cek tagar #SPBU

      13/07/2011
  5. penjelasannya menarik mas.

    barusan ngecek poinku cuma 53.Specialist😆

    jadi kalo rajin ngeRT bisa naik poinnya yah mas..?

    27/06/2011
    • skor 53 adalah modal yang memadai untuk membangun personal brand.
      Skor naik kalau tweet kita di RT atau direply oleh follower. Nah bagaimana biar di RT? Pertama, tweet kita harus RT-able, singkat dan memikat untuk di-RT. Kedua, kita juga perlu meng-RT tweet orang lain. Jadi ada timbal balik gitu

      27/06/2011
  6. nah klo rusa Thought Leader dengan klout 63 kenapa aku cuma broadcaster? padahal jumlah kloutnya sama 63? mohon penjelasannya pak😀

    06/06/2011
    • Meh…itu harusnya masuk ke posting ketiga
      Tak kasih bocoran dikit
      Broadcaster itu di sisi kiri dibandingkan thouht leader.
      Kiri = sharing | kanan = creating
      Artinya, rusa lebih pelit dalam meng-RT
      Kl pun, Rusa mensharingkan tweet/blog tetap membuat tweet sendiri. Semisal: ‘tweet’ | via @bukik

      Semoga menjelaskan

      06/06/2011
  7. Rusa = Thought Leader apakah benar Rusa dipercaya dan diikuti oleh para follower, bahkan menjadi tempat rujukan atau bertanya tentang topik terkait? koq belum yakin😦

    05/06/2011
    • Mungkin tidak semua follower, hanya sebagian saja. Tergantung pada besarnya skor Klout Rusa

      05/06/2011
      • ow begitu ya pak? ok Thx pak :d

        05/06/2011
  8. Ulasan yang menarik tentang klout.

    Memang untuk saat ini Klout masih menjadi primadona dibanding yang lain. kita sedang disuguhi data-data tentang hasil dari klout itu sendiri. nah sebagai pengamat dunia social media apalagi kelasnya sudah manager socmed mungkin harus mengetahui parameter-parameter yang digunakan klout untuk menentukan bahwa sebuah akun twitter bisa dijadikan influencer.
    🙂

    05/06/2011
    • Btw, siapa tuh yang dimaksud dengan kelasnya sudah manager socmed?

      05/06/2011

Trackbacks & Pingbacks

  1. 8 Media Sosial untuk Kesuksesan Personal Brand | themanagers.org
  2. 3 Akun Berpengaruh di Surabaya | bukik ideas
  3. 8 Media Sosial untuk Kesuksesan Personal Brand | bukik ideas
  4. Monitor Twitter 3: Apa itu Klout Style? « bukik ideas
  5. Monitor Kemajuan Radio Twitter Kita 2 « bukik ideas

Ngasih Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: