Skip to content

Miss Indonesia 2011: Popularitasnya di Twitter

Awalnya semalam sekilas saja memperhatikan acara miss Indonesia di linimasa. Sampai kemudian, salah satu kandidat yang dipuji adalah wakil dari Jatim dan seorang teman, @jessicaangkasa, menyebutnya sebagai teman kuliahnya. Aku cek profil wakil Jatim itu, yaitu @astrid_ellena. Penilaian sekilasku, jarang ngetweet dan follower masih 1687. Perubahan mulai terjadi ketika dia terpilih sebagai miss favorit, terlebih ketika jadi Miss Indonesia 2011. 

Setelah melalui sekian tahap penjurian, akhirnya @astrid_ellena terpilih sebagai miss favorit dan Miss Indonesia. Selamat buat Astrid Ellena dan masyarakat Jawa Timur yang bergembira karena wakilnya menang.

Astrid Ellena (Sumber: http://on.fb.me/mzvIT8 )

Jumlah follower Astrid Ellena meningkat dengan pasti. Satu jam setelah jawabannya dipuji di twitterm, jumlah follower naik jadi berlipat dua. Setelah menang jadi Miss Indonesia, @astrid_ellena menjadi Trending Topics dan satu jam kemudian followernya berlipat menjadi 10 kali lipat.

Apa artinya? Seseorang yang disiarkan media konvensional secara nasional akan mendongkrak popularitasnya dan konsekuensinya pada peningkatan jumlah follower. Semakin popular atau semakin dikenal maka semakin banyak follower seseorang di twitter.

Popularitas ini tidak harus dalam arti favorable (disukai publik), bisa juga popular karena unfavorable (tidak disukai publik). Ada yang tahu contohnya? Bukan pak menteri itu lho ya

Apa kunci popularitas? Menjadi dikenal dan dikenal secara unik baik secara online maupun offline. Secara online, bisa jadi kita membuat tweet yang kontroversial dan dibicarakan di twitter. Secara offline, disiarkan oleh media konvensional atau melalui kopi darat.

Brand seringkali ambil jalan mudah memilih seorang influencer untuk mewakili produk/brandnya berdasarkan jumlah follower. Walau beberapa pengamat twitter seperti @pitra dan @iimfahima, sudah menyampaikan bahwa pemilihan influencer hendaknya bukan sekedar jumlah follower. Lebih penting justru melihat besarnya pengaruh dan content tweet dari sebuah akun.

Nah dalam kasus ini, akan dilihat bagaimana popular (jumlah follower banyak) tidak terkait dengan besarnya pengaruh. Tools yang digunakan adalah @klout, yang sekarang sudah banyak mengalami pengembangan menarik.

Klout yang baru menyediakan fasilitas bagi kita untuk membandingkan profil 2 akun yaitu antara akun kita dengan akun yang lain. Tidak bisa kita membandingkan dua akun lain. Terpaksa, diperbandingkan profilku dengan @astrid_ellena yang hasilnya sebagai berikut:

Ini adalah profil Astrid Ellena dimana menunjukkan skor Klout 50, perannya sebagai specialist dan kata kunci yang diyakini Klout menggambarkan contentnya. Skor 50 berarti Astrid efektif menggunakan twitter untuk melakukan diskusi pada berbagai topik yang berbeda. Specialist berarti ngetweet pada topik tertentu dengan teman-teman dekat. Tiga kata kuncinya sedikit menarik : java, Indonesia & politics. Saya masih belum bisa mengartikan kata kunci ini.

Grafik diatas menggambarkan perbandingan dinamikas skor Klout Astrid dengan skorku. Skor Astrid bergerak dari 40-an hingga 50.

Apa yang membedakan besaran skor Klout Astrid dengan skorku? Ini nampak pada grafik ketiga. Bisa dilihat walau jumlah follower Astrid lebih banyak tetapi sedikit followernya yang meng-RT dan tweet yang di-RT pun lebih sedikit. Begitu pula dengan jumlah mention.

Paparan tersebut menunjukkan popularitas tidak berbanding lurus dengan pengaruh. Bisa popular tetapi pengaruhnya kecil. Pilihan sekarang ada di tangan Astrid Ellena, apakah dalam menjalankan misinya sebagai Miss Indonesia akan menggunakan media konvensional atau dikombinasikan dengan media sosial.

Apakah Astrid akan mengoptimalkan popularitasnya di twitter untuk melakukan kampanye atau dibiarkan saja. Pastinya, jumlah follower yang besar merupakan potensi untuk melakukan sebuah kampanye dan membangun personal brand yang kuat.

Apakah Anda setuju dengan @RusaBawean yang mengatakan kalau Astrid Ellena itu cantik? (kabuuur)

Gara-gara diseruduk sama @RusaBawean nih kutambahkan analisisnya

Perbandingan pasangan @RusaBawean & @Astrid_Ellena

Analisis yang dilakukan @RusaBawean malam ini (selisih 1 hari dalam perhitungan klout dengan analisisku) menunjukkan skor @Astrid_Ellena melejit tajam menjadi 70 dan Klout Style berubah menjadi Pundit.

Skor 70 berarti kehadirannya menciptakan percakapan yang ramai di linimasa. Tidak heran karena Astrid menjadi TT pada malam sebelumnya. Kalau di lihat, lejitan ini bukan karena jumlah tweet yang di-RT (skor: 622) dan jumlah orang yang meng-RT tweetnya (321), tetapi karena jumlah yang mention ke Astrid (4894).

Sementara Pundit berarti pencipta berita. Bener kan kalau Astrid diberitakan dimana-mana karena kemenangannya sebagai Miss Indonesia.

Mau naikkan skor klout? Simak 7 Jurus Kembangkan Radio Twitter Kita

13 Comments Post a comment
  1. Jessica Angkasa #

    Ellen itu mang jarang ngetweet sih mas, hehehe..

    Tapi aku setuju dengan ini:
    “Seseorang yang disiarkan media konvensional secara nasional akan mendongkrak popularitasnya dan konsekuensinya pada peningkatan jumlah follower. Semakin popular atau semakin dikenal maka semakin banyak follower seseorang di twitter.”

    Kita sering menemukan kasus orang yang followernya mendadak banyak karena dia diberitakan ini ato itu, bukan karena kualitas tweetnya sndri.
    Semakin terkenal dan happening “si dia”, terlepas dari baik ato buruk yang diberitakan, orang-orang akan semakin penasaran dengan sosoknya. Cara termudah untuk “kenal dekat” dengan sosoknya ya follow twitternya..

    Makanya, mgkin ada orang yang followersnya banyak, belum tentu kloutnya juga tinggi krn bisa jdi yang difollow itu “hanya” orangnya, bukan tweetnya..

    IMHO
    hehehhe

    07/06/2011
    • Yup. Mungkin dirimu perlu memberitahu Astrid tentang
      Apakah Astrid akan mengoptimalkan popularitasnya di twitter untuk melakukan kampanye atau dibiarkan saja. Pastinya, jumlah follower yang besar merupakan potensi untuk melakukan sebuah kampanye dan membangun personal brand yang kuat.

      21/06/2011
  2. dari kasus @bukik dan @astrid_ellena, belum bisa dibandingkan saat ini, Karena apa? jelas karena penambahan follower pada @astrid_ellena baru semalam. Dan dia tentunya belum banyak ngetwit setelah followernya bertambah itu.

    Score kloutnya si @astrid_ellena itu kan hasil dr twitnya saat followernya masih 1.600an mungkin akan berubah jika nanti dia rajin ngetwit lagi setelah terpilihnya sbg Miss Indonesia

    Tapi memang benar bahwa jumlah follower lebih banyak tidak menentukan score kloutnya lebih tinggi

    *komen cari masalah, kaburrrr*

    BTW semacam inilah posting yg Rusa tungg2u di blog yg ini🙂

    04/06/2011
    • Hahaha makasih rusa
      Insigthnya adalah popularitas menaikkan jumlah follower, bukan besarnya influence
      Besarnya influence tetap tergantung pada kualitas dan konsistensi ngetweet
      Aku sudah bandingkan dengan artis lain yg followernya 40 ribu dan lebih duluan tenar

      04/06/2011
  3. Betul. Populer tidak berarti orang itu bisa mempengaruhi.
    Yang hebat sih yang emang populer dan bisa mempengaruhi..

    Bahkan ada suatu kasus dimana seorang teman saya @ekaotto yang jelas2 punya follower jauh di bawah @rahneputri, misalnya, ternyata memiliki Klout Score lebih besar. Saya coba telusuri sebabnya. Ternyata beberapa hari sebelumnya, ada tweet2 dari @ekaotto yang mendapat RT dalam jumlah besar. Semakin banyak ia di-RT, bisa diasumsikan kalau ia semakin dipercaya. Bisa jadi perhitungan Klout mempertimbangkan hal ini memiliki bobot lebih besar daripada pertambahan jumlah follower. Hal itu yang membuat Klout Score @ekaotto meningkat cepat dibanding @rahneputri pada saat itu.

    Namun Klout Score itu sangat dinamis. Ia mengecek rutin dari waktu ke waktu. Kalau ia mentweet dalam jumlah konsisten dan di-RT banyak user secara konsisten, maka nilainya akan bertahan. Namun kalau dalam minggu2 berikutnya, kualitas dan kuantitas tweet berkurang, Klout Score pun akan terjun bebas pula (hihi, pengalaman pribadi, Klout saya terjun bebas selama sebulan ini dari 70 menjadi 67).

    04/06/2011
    • Huaaa dikasih komen sama kak @Pitra. Terima kasih
      Setuju semua pendapatnya
      Pengalaman pribadi, sehari dua hari gak ngetweet langsung ngedrop. Beda dengan klout lama yang berapa hari sekali ngeceknya
      Klout baru ngecek tiap hari. Ada perubahan sekitar tengah malam waktu Indonesia
      Sehari ngetweet gak mutu alias gak di RT sama follower, alamat skor Klout drop deh

      04/06/2011
  4. hiihihih kloutnya sampe di compare sama punya pak bukik loh.. ya wajar kan emang baru menang pak.. nanti deh klo udah ngucapin selamat.. dan lihat berapa kenaikan kloutnya… hehehehe

    04/06/2011
    • Hehehe ku compare sama Rusa gak bisa’e. Gimana lagi
      Btw, Astrid tadi siang sudah ucapkan selamat kok. Sekali tweet
      Menurutku, klout tidak tergantung pada popularitasnya.
      Klout lebih tergantung pada kualitas dan konsistensi dalam ngetweet.
      Makanya di akhir posting, aku buka dua kemungkinan itu

      04/06/2011
      • yaampunnnn mention Rusa ternyata di sini, ok habis ini tak kirim compare-nya, tak twitpickan ya, awas kalo gak diupdate di sini😀

        04/06/2011

Trackbacks & Pingbacks

  1. 8 Media Sosial untuk Kesuksesan Personal Brand | themanagers.org
  2. 8 Media Sosial untuk Kesuksesan Personal Brand | bukik ideas
  3. Monitor Kemajuan Radio Twitter Kita 1 « bukik ideas
  4. 7 Jurus Kembangkan Radio Twitter Kita « bukik ideas

Ngasih Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: