Skip to content

7 Jurus Kembangkan Twitter Kita

Twitter sebagai sebuah radio tentu mempunyai pendengar. Ada pendengar setia yang begitu aktif. Banyak juga yang pasif, menyimak tapi tidak ikut berinteraksi. Bagaimana cara mengembangkan aku twitter kita sebagai sebuah radio?

Ketika awal menggunakan twitter, sangat wajar bila follower kita sangat sedikit. Awalnya, kita saling follow dengan sahabat dan teman-teman kita saja. Itu wajar dan lebih dari cukup. Kita bisa mulai siaran twitter kita, mulailah berbagi informasi dan pengetahuan menarik. Hitung-hitung latihan sebagai penyiar pemula.

Kembangkan Twitter Kita Seindah Radio Magno Ini

Seiring berjalannya waktu, apakah cukup dengan jumlah follower sejumlah teman kita? Ada yang merasa cukup, ada yang merasa perlu berkembang. Kalau ingin menambah jumlah follower, ada beberapa tips yang bisa dilakukan dibawah ini:

1. Carilah orang-orang yang mempunyai minat yang sama dengan kita 

Setiap pengguna twitter mempunyai minat tidak hanya satu. Identifikasi kata kunci dari setiap minat itu. Gunakan search untuk mencari siapa yang membicarakan kata kunci tersebut.

Semisal: @pradikarabbit minatnya pada kelinci. Mungkin tidak banyak peminatnya, tapi tetap perlu menambah follower kan? Mulailah dengan identifikasi kata kuncinya, semisal: kelinci, hewan peliharaan, dan lainnya. Lakukan pencarian ini setiap 3 atau 4 hari sekali. Begitu bertemu, mulailah menyapa orang yang membicarakan kata kunci itu. Bila mungkin, ajukan solusi yang membantu orang tersebut.

2. Rajin-rajinlah menyapa celebtweet

Cara lain sebagaimana yang dilakukan radio, rajin-rajinlah menyapa pengguna twitter yang mempunyai follower banyak alias celebtweet. Gunakan mention untuk menyapa celebtweet. Sapaan ini membuat nama kamu tampil di linimasa (timeline) celebtweet tersebut. Tanpa menyapa, follower tidak terlihat oleh celebtweet.

3. Optimalkan fasilitas RT (Retweet) 

Retweet berarti kita ikut menyebarkan informasi dari seorang pengguna twitter ke follower kita. Dengan retweet maka kita sedang membangun kerja sama dengan pengguna twitter lain.  Dengan melakukan retuit ini, kita bisa minta tolong untuk meng-RT ketika kita butuh bantuan untuk menyebarkan sebuah informasi. Baca juga The Power of Retweet

Bagaimana kuncinya agar tweet kita di RT? Semakin sibuk celebtweet maka semakin jarang ngetweet. Pertama, perhatikan kapan ia aktif ngetweet. Kedua, perhatikan apakah ia sedang serius ngetweet serangkaian informasi. Ketiga, cari celebtweet yang mempunyai keselarasan nilai dengan isi tweet yang ingin di-RT atau kemiripan dengan kita (sama-sama dari Surabaya misalnya).

Tetapi jangan terlalu berharap ya. Setiap orang tetap punya hak untuk meng-RT atau tidak sebuah tweet.

4. Buatlah gratisan untuk para follower

Awalnya dulu disuruh @memethmeong buat niru apa yang dilakukan @pamantyo, bikin buku-e gratis. Aku langsung lihat buku-e itu kemudian mencoba menuangkan ideku jadi buku-e. Tipis boleh kok.

Buku-e tentang apa? Topik apa saja bebas sesuai dengan passion dan gaya kamu. Bisa sejumlah teori. Bisa petualangan kulinermu. Bisa khayalanmu. Bisa puisimu.

Buku-e bisa didesain yang keren atau apa adanya yang penting mudah dibaca. Cek saja buku-e dari @Pandji, Nasional.is.me, yang teks dan desainnya apa adanya, tetapi isinya menggetarkan.

Prinsipnya, gratisan ini bisa berguna buat followermu. Bisa dalam bentuk buku-e, desain grafis, video, atau lagu.

5. Buatlah sebuah permainan yang menyenangkan

Dulu waktu ngetweet, aku sempat bikin tes psikologi mini. Aku ngetweet sejumlah item terus follower yang menjawabnya. Dari jawaban itu, aku menentukan tipe kepribadian follower. Gambaran kepribadian tiap follower kutweetkan.

Nah, setiap radio twitter boleh saja melakukan berbagai permainan. Bisa saja kita menggunakan permainan yang sudah biasa kita mainkan secara offline seperti dalam training atau permainan yang kita temukan dalam buku atau web. Kuncinya, menyenangkan dan/atau bermanfaat bagi follower.

6. Ajukan pertanyaan simpel 

Follower seringkali bosan membaca beragam tweet informatif. Bukan hanya dari kita tetapi juga dari followingnya yang lain. Buatlah radio twittermu lebih interaktif dengan rajin menyapa dan melontarkan pertanyaan simpel. Contoh, halo apa kabar? Makan siang apa ya enaknya? . Semakin menggelitik pertanyaan kita maka semakin terpancing follower buat menjawab. Pertanyaan juga bisa bikin trending topics lho, baca saja Kekuatan Sebuah Soal Tweet

7. Ngetweet lelucon

Nah ini. Setiap orang suka tertawa. Buatlah tweet lucu. Hati-hati untuk tidak melampui batas atau menyinggung perasaan follower.

Akhirnya, jurus dasar yang paling penting adalah rajin dan konsiten berbagi content bermutu yang sesuai passion kita dan dibutuhkan oleh follower. Kesemua jurus ini akan meningkatkan daya pengaruh (influence) kita yang dapat dimonitor dari skor Klout kita.

Klik untuk Langganan Bukik.com Melalui Email

18 Comments Post a comment
  1. kerennn banget, langsung praktek ah ^^

    04/08/2011
  2. perlu dicoba nih🙂

    05/06/2011
    • Yuuuk ah…..

      02/08/2011
  3. Wah ndak nyangka bakal kesebut di atas😀
    Inti sebenarnya di twitter itu kan kicauan, nah daripada berkicau yg tidak ada inti dan kejelasan lebih baik berkicau tentang info yg berguna kepada semua dan tentu menambah teman, terutama yg berhubungan dengan hobi/pleasure🙂
    Menyebarkan 1 kebaikan akan mendapat 10 kebaikan, mungkin seperti itu rumusnya *sotoy mode: on

    04/06/2011
    • Niat baik adalah pondasi, tapi tidak cukup untuk bisa ditinggali. Perlu strategi sebagai rumahnya

      04/06/2011

Trackbacks & Pingbacks

  1. 9 Harta Karun di Twitter | Rina Marlina
  2. Andai Aku Menjadi Ketua KPK, Dunia Pasti Tertawa | Bukik Ideas
  3. 6 Aplikasi Twitter untuk Personal Brand | bukik ideas
  4. Antara Tjokroaminoto, Pahlawan dan @Poconggg | bukik ideas
  5. Monitor Twitter 2: @SherinaMunaf dan @Poconggg « akuqzero
  6. 8 Media Sosial untuk Kesuksesan Personal Brand | bukik ideas
  7. Mau Optimis? Berhenti Baca Koran dan TV | bukik ideas
  8. Twitter buat Pemula 1 | bukik ideas
  9. 6 Tips Sukses Berkompetisi | bukik ideas
  10. Ada Banyak Jalan Bagi Bintang | bukik ideas
  11. Monitor Kemajuan Radio Twitter Kita 2 « bukik ideas
  12. Monitor Kemajuan Radio Twitter Kita 1 « bukik ideas
  13. Miss Indonesia 2011: Popularitasnya di Twitter « bukik ideas

Ngasih Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: