Skip to content

Mengurai Harapan #Surabaya718

Pertama datang ke Surabaya, aku langsung jadi sesat eh tersesat jalan maksudnya. Tidah tahu bahwa kemudian aku hidup berlama di kota yang sekarang masuk ke usia 718 tahun. Coba kalau manusia, sudah seperti apa seumur itu. Aku coba mengurai seuntai harapan (ciiih..sok romantis) buat kota ini.Awal 1994, aku sampai di terminal Jembatan Merah (wih masih ada yang ingat gak ya?) dan meluncur ke wonokromo. Sampai sana, naik lyn ke arah rungkut. Itu yang kuingat. Ternyata saudara-saudara, rungkut itu masih luas sekali. Ada banyak lyn menuju wonokromo. Dan bukik kecil pun kebingungan. Asal milih lyn jurusan rungkut – sedati.

Akhirnya sadar kalau salah jalan ketika melewati perumahan pondok candra. Eh ini perasaan sudah di sidoarjo deh. #ngek Serta merta melompat turun eh enggak sih, kan jatuh kalau langsung lompat. Setelah tanya sana-sini, aku sampai di rumah bulikku di rungkut jaya (bener gak sih?).

Begitulah. Kota besar itu selalu menawarkan banyak pilihan, jutaan alternatif jalan. Kota yang menggoda mereka yang lugu dari pelosok (seperti aku ini contohnya *eh) untuk tersesat ke jalan yang salah.

Tapi lebih dari itu, kota besar menawarkan kehidupan yang terbuka dan beragam. Ada banyak pilihan berarti kita bisa mengembangkan potensi yang beragam dari warganya.

Di Surabaya, 15 tahun aku bergelut (gelut lumpur?) dengan kehidupan. Aku bukan asli Surabaya memang. Aku hanya pendatang di kota ini. Tapi di Surabaya, aku menemukan jalanku. Aku menemukan cintaku (*eh). Aku menemukan kehidupanku.

Surabaya kini sudah jauh lebih ramah pada warganya. Terbuka menerima semua kalangan di taman-taman kota yang cantik. Berbeda jauh dengan Surabaya dulu yang tamak mencaplok lahan hijau untuk bisnis pom bensin.

Ada perubahan positif yang perlu kita apresiasi. Kita akan terus mengurai harapan tentang #Surabaya718 agar menjadi agenda bersama. Harapan demi harapan demi terwujudnya Surabaya yang lebih manusiawi, bermartabat dan menghargai keragaman. Menjadi kota yang sadar bahwa warganya terdiri dari beragam kalangan yang berbeda-beda.

Apa harapanmu terhadap Surabaya? Tulis di komen atau tweetkan dengan tagar #Surabaya718

Posted with WordPress for BlackBerry.

6 Comments Post a comment
  1. alhamdulillah #Surabaya718 yg bapak luncurkan sukses pak😀

    01/06/2011
  2. Selamat ulang tahun Surabaya ke 718 – Semoga Surabaya semakin hijau, semakin banyak jalur seperti Jl. Ahmad Yani dan Darmo rindang adeeem..

    31/05/2011
  3. Harapan dari hati paling dalam untuk Surabaya 718 adalah semakin ramahnya jalanan dan transportasi umum di Surabaya kang.. Biar Surabaya semakin ramah.. ^^,

    30/05/2011
    • Bener kuwi Cak! Gowes yuuuk

      30/05/2011
  4. Aku ikut berpartisipasi buat #Surabay718🙂

    30/05/2011
    • yuuuuk

      30/05/2011

Ngasih Komentar

