Skip to content

Cerita itu Ibarat Lem

Lem melekatkan dua benda, menyatukannya. Cerita ternyata punya kekuatan serupa, melekatkan sebuah tim.Entah mimpi apa, aku diundang buat ngadakan workshop buat auditor di BPK Perwakilan Jawa Timur. Workshop ini sendiri merupakan program dari Employee Care Center BPK, untuk mengembangkan kapasitas pegawai dan tim kerja. Workshop ini sendiri bagiku mengesankan karena dinamika didalamnya.

Workshop diawali dengan pembukaan resmi. Aku sempat kikuk karena ada rencana yang tidak berjalan sebagaimana mestinya. Ketika pembukaan selesai, bapak yang membuka acara harusnya meninggalkan ruangan eh ternyata masih tetap duduk. Terpaksa ada sedikit modifikasi. Untungnya, MC cekatan dan semua kembali lancar.

Sesi awal difasilitasi Mas Ken, berusaha mendefinisikan topik afirmatif sebagai agenda perubahan bersama. Entah kenapa, proses berjalan sangat otak kiri. Argumentatif. Defensif. Bahkan defisit. Waktunya pun molor dari rencana.

Akhirnya, setelah makan siang aku turun lagi sebagai fasilitator. Ada beberapa modifikasi untuk menumbuhkan spirit apresiatif dan mensiasati waktu. Aku meminta peserta berpasangan dan saling bercerita kisah luar biasa selama bekerja sebagai auditor. Wow! Langsung terlihat bedanya.

Peserta antusias terlibat dalam obrolan berduaan. Beberapa orang bingung menemukan cerita luar biasanya. Beberapa orang terkesan malu-malu menceritakan kisahnya. Bahkan, ada yang wajahnya sampai bersemu merah.

Begitu cerita disampaikan, suasana semakin cair, hangat dan intim. Apalagi, ternyata banyak cerita yang belum mereka ketahui sebelumnya dari pasangan ngobrolnya. Ada persepsi yang berubah. Ada persepsi baru yang terbangun. Cerita melekatkan mereka sebagai pasangan, bahkan tetap lengket ketika dibawa dalam proses kelompok.

Berdasarkan cerita luar biasa itu, peserta menemukan kunci sukses sebuah tim. Kunci sukses bukan dari teori, tetapi berdasarkan pengalaman nyata. Tiba-tiba semua peserta menjadi jauh lebih cerdas berkat refleksi pengalaman yang didialogkan. Sampai akhir, peserta merumuskan tindakan untuk merealisasikan kunci sukses itu dalam pekerjaan.

Terima kasih buat tim Employee Care Center BPK! Terima kasih buat para auditor atas antusiasmenya! Sukses buat semuanya

Posted with WordPress for BlackBerry.

Ngasih Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: