Skip to content

Umur Paralel, Tetap Kreatif Sampai Mati

Berapa umur kamu? Kebiasaan kita menyebutkan sebuah angka yang menunjukkan umur kita. Tapi apakah umur kita hanya satu? Apakah kita bisa punya umur lebih dari satu? Simak yuk…….

Apa arti umur? Umur ternyata mempunyai beberapa arti. Umur bisa berarti rentang kehidupan sejak kita lahir hingga saat ini atau kematian kita, biasa disebut umur fisik/kronologikal. Umur bisa berarti seberapa banyak stamina kita dalam melakukan suatu tindakan, ini disebut umur biologis. Umur juga bisa dimaknai sebagai cara berpikir kita, yang sering disebut umur psikis. Mana arti umur yang sering kamu gunakan?

Dalam keseharian kita, umur identik dengan arti umur fisik/kronologikal. Sebuah fim atau acara televisi mencantumkan 17 tahun keatas berarti ditujukan bagi penonton yang lahir lebih dari 17 tahun yang lalu atau umur fisik. Kita baru bisa mengurus SIM kalau sudah berumur 17 tahun, itu juga artinya umur fisik. Apakah memang harus selalu seperti itu? Apakah kita bisa punya banyak umur? Bisa!

Kita bisa baru berumur 17 tahun tapi semangat kita sudah seperti orang berumur 71 tahun. Kita bisa baru berumur 17 tahun tapi cara berpikir kita sudah begitu kolot. Tapi bisa juga, kita sudah berumur 71 tahun tapi cara berpikir kita terbuka dan penuh antusiasme seperti baru berumur 17 tahun. Kita bisa mempunyai umur fisik, umur biologis dan umur psikologis yang berbeda karena ketiganya bersifat paralel. Nah kunci untuk menjadi kreatif adalah memelihara umur psikologis kita tetap muda.

Itulah sekelumit presentasiku ketika diundang dalam Roadshow Indonesia Kreatif, sebuah upaya untuk mensosialisasikan Pekan Produk Kreatif Indonesia 2011 (PPKI 2011) ke berbagai kota di Indonesia. Nah aku diminta untuk presentasi Roadshow Indonesia Kreatif di Surabaya. Acaranya sendiri sudah agak lama, 30 April 2011 di Match Box Too Cafe, Jalan Jawa. Dalam kesempatan itu, disosialisasikan pula Kontes Rencana Bisnis dan Kontes Unjuk Karya Klip Kreatif. Kalau kamu mengaku umur psikologisnya masih muda dan kreatif, wajib tuh ikutan kontes tersebut. Kapan lagi karya dan ide kreatif kita mendapat panggung untuk tampil di pentas nasional.

Setelah presentasi, lanjut dengan tanya jawab yang awalnya dingin tapi semakin lama semakin panas. Wah warga Surabaya ini kayak diesel, lambat panas ya. Ada beberapa poin menarik dari tanya jawab tersebut. Pertama, banyak yang belum mengoptimalkan media sosial atau online untuk mengembangan ide kreatif. Beberapa peserta mengkhawatirkan penjiplakan terhadap ide atau desain kreatif mereka. Selain itu, kebanyakan penggunaan media sosial sebatas untuk “berjualan”, bukan membangun brand, baik untuk bisnis maupun personal brand.

Padahal, media sosial atau online merupakan panggung promosi yang relatif murah mendekati gratis. Aku menyarankan mereka menciptakan sebuah karya yang diunggah di media sosial. Biarkan orang tahu karya dan kemampuan kamu. Buat yang jagoan desain grafis, ciptakan sebuah poster buat social movement, seperti Indonesia Bercerita (promosi nih ceritanya…….). Ajukan diri untuk membuatkan poster kampanye dari berbagai gerakan sosial yang banyak bertebaran di media sosial. Kerja sama dengan social movement ini akan membantu memperkenalkan karyamu ke orang banyak.Dan akhirnya, karya kamu akan menjadi portofolio yang membangun kredibilitasmu.

Kredibilitas kamu juga bisa dibangun dengan rajin-rajin mengikuti kompetisi terkait bidang yang kamu tekuni. Kalau kamu tertarik dengan industri kreatif, kamu wajib ikutan Kontes Rencana Bisnis dan Kontes Unjuk Karya Klip Kreatif. Jangan khawatir soal menang kalah. Manfaat utama sebuah kompetisi adalah memberikan tekanan pada kita untuk berlatih, berlatih dan terus berlatih menciptakan ide kreatif. Semakin sering ikut, semakin kita terlatih jadi orang kreatif.

Bagaimana kalau karya kita dijiplak? Karya kita dijiplak itu artinya karya kita disukai orang. Kalau sudah dijiplak, artinya karya kita memang layak mendapat perhatian. Nah setelah itu, baru kita memikirkan cara untuk mengatasi penjiplakan pada karya kita yang lain. Jangan biarkan penjiplakan menghalangi kreativitas kamu.

Sudah siap menjadi orang muda dengan berjuta ide kreatif?

Ngasih Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: