Skip to content

Arti Gelar Doktor

Apa yang Anda bayangkan tentang gelar Doktor? Mungkin ada banyak makna sebagaimana beragaman yang kita alami. Saya akan sharing sedikit tentang arti Doktor itu. Yah, mentang-mentang habis ikut Penganugerahan Gelar Doktor Honoris Causa untuk Hermawan Kartajaya.

Sekitar dua minggu yang lalu, saya mendapat email dari The Marketeerstentang undangan untuk mengikuti Penganugerahan Gelar Doktor Honoris Causa untuk Hermawan Kartajaya. Wah menarik, itu yang ada dipikiran sehingga saya langsung membalas email itu untuk menyatakan kehadiran saya. Saya diundang sebagai seorang blogger, catet itu, sebagai blogger. Identitas saya di dunia yang datar. Dan, saya sungguh beruntung telah meluangkan waktu untuk hadir.

Saya datang sendirian, dan seperti anak hilang. Untunglah setelah itu bersua dengan beberapa teman blogger dan panitia yang saya kenal. Saya masuk pilih tempat di sayap kanan yang kebetulan barisan paling depannya masih kosong.Wah, tumben saya duduk di barisan ketiga di sebuah acara resmi. Niat dengerin nih baik proses seremonial maupun cerita yang akan disampaikan Pak Hermawan. Nah, dari dengerin itu ada beberapa pemaknaan saya tentang apa arti sebuah doktor.

  1. Menjadi Doktor itu Menjadi Berkarakter. Pak Hermawan sebagaimana saya tahu sebelumnya, menyampaikan orasi ilmiahnya tetap sebagai Arek Suroboyo. Tanpa teks. Beliau bercerita sambil mengkaitkan dengan orang-orang yang hadir maupun tidak hadir di ruangan itu. Semuanya dengan gaya Arek Suroboyo, dalam bahasa Indonesia maupun bahasa Inggris.Menjadi doktor itu menjaga karakter unik kita sepanjang hayat.
  2. Menjadi Doktor itu Menjadi Pencipta. Saya yakin ada banyak doktor yang melalui proses disertasi, tetapi saya tidak yakin bahwa mereka menciptakan sebuah model atau teori yang menjadi terobosan atas kebekuan pikiran. Pak Hermawan justru menciptakan model yang luar biasa dan diakui di tingkat dunia, Marketing 3.0. Rumusnya simpel: Simplifikasi, Redefinisi, dan Envisioning. Teori marketing yang sudah banyak berkembang disederhanakan oleh beliau. Prinsip Parsimoni. Teori yang berguna adalah teori yang sederhana. Beliau peka terhadap dinamika perubahan yang terjadi sehingga merasakan kebutuhan untuk mendefinisikan ulang marketing dalam konteks kekinian. Lebih dari itu, marketing pun dibayangkan dalam konteks masa depan. Terjadilah proses penciptaan itu.
  3. Menjadi Doktor itu Menjadi Inklusif. Dalam berorasi Pak Hermawan begitu mengesankan sebagai sosok yang terbuka terhadap keragaman. Dan ketika ditarik dalam sejarah hidupnya, sikap itu merupakan cerminan dari orang tuanya yang menegaskan bahwa mereka adalah asli orang Indonesia.
  4. Menjadi Doktor itu Menjadi Pejuang. Saya baru tahu ternyata Pak Hermawan itu lolos dari ITS, eh drop out. Beliau bercerita bagaimana masa mudanya yang miskin sehingga kuliah disambi dengan ngajar sebuah SMP dan kemudian SMU. Tetapi ketekunannya dalam berjuang mengejar impian kelas dunia membuktikan bahwa ITS pun kemudian mengakui beliau sebagai Doktor Honoris Causa kepada mahasiswa yang drop out dari ITS. (hihihi ini bukan pembenaran saya sebagai drop out untuk dapat gelar doktor juga lho)
  5. Nah, itu arti Doktor menurut saya. Bagaimana menurut Anda? Monggo ditambahkan

Pada akhirnya,

Mereka yang sukses hari ini adalah mereka yang puluhan tahun yang lalu berangkat dari nol dan terus berjuang meraih impian.

Selamat buat Pak Hermawan.  Semoga terus menjadi Guru bagi bangsa ini.

Sumber: http://blog.the-marketeers.com/archives/arti-gelar-doktor.html

One Comment Post a comment
  1. mphy #

    siiip…
    semmoga langkah awal menjadi seorang dokter bisa tercapai dengan baik.

    28/12/2010

Ngasih Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: