Skip to content

TDL21: Bermain itu Bekerja

: Serial Insert The Dancing Leader

Apa artinya bekerja? Teman saya menjawab, bekerja itu adalah melakukan apa yang harus kita lakukan alias menjalankan perintah. Heh masak sih? Kalau mau jujur itulah jawabannya. Semua waktu kita di kantor habis untuk menjalankan apa yang harus kita lakukan. Kita dilarang kan untuk bersenang-senang di kantor. Jangankan bersenang-senang, facebook saja diblokir. Bagaimana menurut anda?

Banyak dari kita memaknai kerja sebagai menjalankan keharusan untuk mencapai target yang sudah ditetapkan. Apabila target tercapai, maka kita akan mendapat reward sebagai apresiasi atas upaya kita. Pola ini merupakan peninggalan era revolusi industri, sebagaimana tercermin dari pernyataan Henry Ford: Ketika kita sedang bekerja kita harus bekerja. Ketika sedang bermain kita harus bermain. Tak ada gunanya mencampur keduanya”.

Sayangnya, pola itu terus berulang dan berubah menjadi mekanis. Kita tenggelam dalam pola itu, seolah-olah pola itu yang harus dilakukan. Apa dampaknya? Kita kehilangan kreativitas dalam bekerja. Kita bekerja seolah sebuah robot. Kehilangan keluwesan dalam menghadapi perubahan. Penurunan daya adaptasi terhadap hal atau orang baru. Dampak ini menyulitkan kita menghadapi kompetisi yang semakin ketat dan perubahan dinamis yang terjadi.

Dalam jaman globalisasi 3.0, perusahaan dotcom semisal Google sadar pentingnya keseimbangan bekerja dengan bermain. Bekerja yang mengasah otak kiri, bermain yang mengasah otak kanan. Berbagai fasilitas bermain dan bersenang-senang disediakan di kantor Google. Perusahaan yang lain menyediakan 30% waktu karyawannya untuk mengerjakan proyek pribadi, proyek yang ingin dilakukannya. Semuanya itu tujuannya menciptakan kegembiraan dalam bekerja. Bermain itu bekerja, berkonstribusi terhadap pekerjaan dengan cara yang berbeda.

Menjadi The Dancing Leader menggunakan seluruh kapasitas dirinya dalam memainkan tarian perubahan. Ia bekerja sekaligus bermain. Ia serius sekaligus bergembira. Dengan bermain, ia mendapatkan ide segar yang inovatif. Dengan bekerja, ia mengeksekusi ide-ide tersebut.

Tanyakan pada diri sendiri dan rekan anda, “Kapan anda bermain penuh kegembiraan yang berkonstribusi positif pada pekerjaan?”

Ikuti terus dengan follow @bukik di twitter

Bukik.com bekerja sama dengan Trijaya FM Surabaya
akan menyiarkan insert
The Dancing Leader
mulai Senin 4 Oktober selama satu bulan
Ingat, setiap 18.45 atau 19.00 WIB
stay tune on Trijaya FM 104.7
Buat rekan-rekan luar Surabaya
Ikuti streamingnya di http://radiotrijaya.co.id
Jangan lupa masukkan reminder

One Comment Post a comment
  1. Andro Medha Wicaksono #

    setelah membaca artikel ini…saya langsung menanyakan pertanyaan closing yang tertera di atas…. dan jawabannya adalah……….

    “yo saiki lah..” (kami sedang ‘mlototin’ blog ini…^^
    ????

    16/11/2010

Ngasih Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: