Skip to content

TDL19: Berselancar ditengah Ketidakpastian

: Serial Insert The Dancing Leader

Ada cara menarik yang dilakukan sebuah organisasi ketika mereka menghadapi persoalan yang timbul. Ketika ada persoalan mereka cenderung menyelesaikan dengan membuat aturan tambahan. Ketika ada kasus khusus maka dibuat aturan khusus yang mengecualikan ketentuan umum. Apakah anda terbayang akibatnya?

Kekhawatiran dalam diri kita akan ketidakpastian mendorong kita berupaya memastikan segala sesuatu, termasuk diantara membuat aturan. Adanya aturan membuat kita bisa memastikan orang melakukan tindakan tertentu dan tidak melakukan tindakan lainnya. Dengan aturan kita mengontrol  situasi ketidakpastian. Itulah kekuatan aturan.

Tapi kekhawatiran akan ketidakpastian membuat kita lupa akan sisi lain dari aturan. Aturan yang semakin banyak akan membuat potensi orang terkekang. Semakin banyak aturan akan semakin mematikan inisiatif. Semakin banyak aturan semakin besar kemungkinan lahir kontradiksi, celah, dan kerumitan.

Sayangnya, kecenderungan umum yang terjadi, semakin besar organisasi maka semakin rumit pula aturannya. Semakin besar organisasi semakin lupa sejarah bahwa mereka lahir karena adanya tindakan untuk memngoptimalkan peluang, bukan karena aturan. Dee Hock, pendiri Visa menyimpulkan, 50% energi kita habiskan untuk mengurusi birokrasi organisasi kita sendiri. Kecenderungan membuat organisasi seolah seperti orang yang terjerat dalam belitan tali yang membuatnya tak bisa banyak bergerak.

Menjadi The Dancing Leader itu mengasah kapasitas untuk mengelola kecemasan akan ketidakpastian. Ketika menghadapi ketidakpastian, ia tidak berubah menjadi penunggang kuda binal yang hilang akal dan akan melakukan apa saja.

Menjadi The Dancing Leader berarti berdamai dengan kecemasan akan ketidakpastian. Ia menahan diri untuk tidak mengontrol situasi melalui aturan. Ia tetap yakin dengan kapasitas positif dirinya. Ia menerima ketidakpastian sebagai sebuah gelombang yang perlu dihadapi. Menjadi The Dancing Leader akhirnya adalah menjadi peselancar yang meluncur diatas gelombang ketidakpastian.

Tanyakan pada diri sendiri dan rekan anda, “Kapan anda merasakan kerumitan aturan yang membuat hal simpel menjadi kompleks? Apa yang bisa dilakukan agar organisasi fokus pada misinya?”

Ikuti terus dengan follow @bukik di twitter

Bukik.com bekerja sama dengan Trijaya FM Surabaya
akan menyiarkan insert
The Dancing Leader
mulai Senin 4 Oktober selama satu bulan
Ingat, setiap 18.45 atau 19.00 WIB
stay tune on Trijaya FM 104.7
Buat rekan-rekan luar Surabaya
Ikuti streamingnya di http://radiotrijaya.co.id
Jangan lupa masukkan reminder

No comments yet

Ngasih Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: