Skip to content

TDL17: Tanpa matahari, terlihat bintang

: Serial Insert The Dancing Leader

Saya pernah diminta untuk memfasilitasi sebuah pertemuan yang bertujuan untuk membangkitkan kesadaran akan mendesaknya sebuah perubahan. Sebelum pertemuan, sang direksi mengeluhkan tentang para manajernya yang tidak berani berinovasi. Saya simak dan jadikan keluhan itu sebagai pengayaan wawasan dalam memfasilitasi pertemuan.

Apa yang terjadi dalam pertemuan. Sang direksi mendominasi jalannya pertemuan. Direksi menjadi orang yang paling banyak bicara. Berkali-kali meminta bawahannya untuk mengajukan ide. Para bawahan lebih memilih diam. Ketika ada satu orang yang menyampaikan ide, langsung dibantah dengan argumentasi yang kuat.

Saya jadi ingat dengan metafor “Tanpa matahari, terlihat bintang”. Matahari mewakili segi dominan dari suatu hal, situasi, keadaan, orang, maupun pendekatan. Semisal, orang yang mendominasi kelompok, cara lama dalam menyelesaikan persoalan, bumbu yang menenggelamkan bumbu yang lain. Sementara bintang mewakili yang kurang nampak, kurang menonjol.

Cara dominan ibarat matahari yang begitu terang benderang. Adanya matahari akan menyulitkan kita melihat bintang. Tanpa ada matahari, kita akan melihat bintang. Penemuan cara atau ide baru bisa jadi adalah menyingkapkan apa yang sudah ada selama ini tetapi tertutup oleh terangnya matahari.

Seorang The Dancing Leader bukan matahari, bukan pula bintang. Ia adalah matahari sekaligus bintang. Dalam pagelaran tari, seorang The Dancing Leader sadar kapan berperan sebagai matahari, kapan lebih baik menjadi bintang. Ia percaya diri menjadi matahari dan sekaligus sabar menyingkap terangnya bintang.

Tanyakan pada diri sendiri dan rekan anda, “Apa yang dominan dalam situasi yang anda hadapi saat ini? Apa yang berubah ketika sisi dominan itu diabaikan? Apa bintang yang terlihat terang?”

Ikuti terus dengan follow @bukik di twitter

Bukik.com bekerja sama dengan Trijaya FM Surabaya
akan menyiarkan insert
The Dancing Leader
mulai Senin 4 Oktober selama satu bulan
Ingat, setiap 18.45 atau 19.00 WIB
stay tune on Trijaya FM 104.7
Buat rekan-rekan luar Surabaya
Ikuti streamingnya di http://radiotrijaya.co.id
Jangan lupa masukkan reminder

No comments yet

Ngasih Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: