Skip to content

TDL16: Sungai itu sama juga beda


: Serial Insert The Dancing Leader

Kebiasaan itu candu. Kebiasaan itu menyenangkan, sehingga begitu menyenangkannya kita mempertahankannya, mirip seperti orang kecanduan. Ketika awal bekerja, kita masuk dengan penuh ketakjuban dan antusiasme mempelajari segala sesuatu. Kita mendapatkan pelajaran-pelajaran penting pada tahun-tahun pertama. Entah tahun pertama sebagai karyawan, sebagai manajer, sebagai direktur, maupun sebagai pebisnis.

Setelah tahun-tahun pertama lewat, sebagian besar dari kita menggunakan pelajaran itu untuk menempuh perjalanan selanjutnya. Kita merasa sudah mahir menyelesaikan berbagai tantangan. Tetapi apa jadinya? Kenyataannya, tantangan baru terus bermunculan. Kontelasi mengalami perubahan. Orang lama hilang, orang baru muncul. Kemudian, kita akan merasa tidak berdaya, dipermainkan oleh situasi yang tak kita pahami.

Dari waktu ke waktu, kehidupan itu mengalir seperti sebuah sungai. Kita tidak pernah bisa melintasi sungai yang sama dua kali. Walau tampak sama, tetapi isi dan bentuk sungai itu terus berubah. Kalau anda perhatikan selama beberapa bulan, anda bisa melihat bagaimana perubahan lekukan tubuh sungai. Belum lagi isinya yang berubah-ubah terus.

Dunia masa lalu berbeda dengan masa kini, beda pula dengan masa depan. Apa yang berhasil di masa lalu, belum tentu berhasil hari ini. Apa yang mustahil di hari ini, bisa jadi kepastian esok hari. Kita terus melintasi sungai yang senantiasa berubah setiap saat. Dengan melangkah ke dalam sungai, kita telah mengubah sungai itu sekaligus mengubah diri kita.

Sungai yang kita lintasi adalah sungai yang sama, tetapi sekaligus sungai yang berbeda. Persoalan mungkin mirip dengan masa lalu, tetapi sebenarnya persoalan tidak persis sama.  Menjadi The Dancing Leader itu mempertanyakan kembali keberhasilan dan kebiasaan selama ini. Usaha untuk memperbaharui keyakinan kita tentang apa yang nyata dan apa yang baru. Sehingga, kita bisa mengajukan solusi yang tepat untuk persoalan yang kita hadapi hari ini.

Tanyakan pada diri sendiri dan rekan anda, “Apa keyakinan yang perlu diperbaharui untuk menghadapi persoalan saat ini?”

Ikuti terus dengan follow @bukik di twitter

Bukik.com bekerja sama dengan Trijaya FM Surabaya
akan menyiarkan insert
The Dancing Leader
mulai Senin 4 Oktober selama satu bulan
Ingat, setiap 18.45 atau 19.00 WIB
stay tune on Trijaya FM 104.7
Buat rekan-rekan luar Surabaya
Ikuti streamingnya di http://radiotrijaya.co.id
Jangan lupa masukkan reminder

No comments yet

Ngasih Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: