Skip to content

#imagineview 2 @devieriana

Halo kakak semua. Hari ini kita #imagineview dengan @devieriana seorang pencerita. Siapa dia?

#imagineview @devieriana itu seseorang PNS yang suka menulis, suka mendongeng sekaligus didongengi :D 

#imagineview @devieriana adalah seorang pencerita pada http://kisahanak.wordpress.com. Silahkan nikmati podcast ceritanya

Tweet pertanyaan #imagineview akan ditandai dengan kode Q. Jawaban dg kode A. Selamat menikmati inspirasinya

#imagineview Q1. Apa kesibukan saat ini? Adakah yang terkait cerita (story)?

#imagineview A1a. @devieriana Kesibukan saat ini sbg PNS di Sekretariat Negara.Tdk ada kaitannya sama sekali dgn perdongengan ya?😀

#imagineview A1b. @devieriana Tp kl dr segi suara sering terlibat sbg master of ceremony di acara2 kantor/protokoler kenegaraan (end)

#imagineview Q2. Apa pengalaman paling mengesankan tentang cerita atau anda sebagai pencerita?

#imagineview A2a. @devieriana Saya ceritain dl awalnya knp saya ikut2an mndongeng via web ya.

#imagineview A2b. @devieriana Saya penasaran aja dgn http://kisahanak.wordpress.com yang dikelola @wongiseng.

#imagineview A2c. @devieriana Nah kebetulan background saya mantan callcentre, jadi saya coba mendongeng dg suara alakadarnya ala saya

#imagineview A2d. @devieriana Jadi sebenarnya menjadi seorang pencerita itu tidak sengaja😀

#imagineview A2e. @devieriana Kesukaan saya berawal dari pengalaman masa kecil. Dulu biasa didongengi orangtua, dibelikan buku dongeng

#imagineview A2f. @devieriana Juga dibelikan kaset Sanggar Cerita yg waktu itu ngehits banget😀 (ketahuan deh usia saya berapa).

#imagineview A2g. @devieriana Semua cerita saya suka krn ada nilai2 yg disampaikan dg sederhana & mudah utk anak seusia saya pd waktu itu

#imagineview A2h. @devieriana Pengalaman mengesankan sbg pencerita, saya itu orangnya ekspresif.

#imagineview A2i. @devieriana Kl saya sedang bercerita ya saya akan sertai mimik, suara dan gaya sesuai tokoh yang saya ceritakan.

#imagineview A2j. @devieriana Nah, paling seneng kl melihat ekspresi bocah-bocah itu tertawa atau melihat saya dengan ekspresi heran,

#imagineview A2k. @devieriana Karena itu berarti saya sudah berhasil menjadikan saya manusia yang aneh buat mereka, hihihi..

#imagineview Q3. Sebagai pencerita, apa sebuah benda yang melukiskan diri anda? Apa artinya?

#imagineview A3a. @devieriana Oh ya, saya mengibaratkan diri saya seperti sekotak pensil warna.

#imagineview A3b. @devieriana Krn punya bnyk warna itu penting. Sekarang coba bayangkan apa jadinya kl dunia ini cuma ada 1 warna sj?

#imagineview A3c. @devieriana Nah, kebetulan saya memang orangnya rame, jd semoga saya bisa ikut melengkapi “warna-warna” yg sdh ada

#imagineview A3d. @devieriana Sehingga terlihat lebih harmonis dan manis (kaya saya), hahaha.. :)) (end)

#imagineview Q4. Cerita itu sendiri bisa dianalogikan sebagai apa? Apa kekuatannya?

#imagineview A4a. @devieriana Dongeng itu bisa dianalogikan sebagai sebuah tempat sekolah dengan halaman bermain didalamnya.

#imagineview A4b. @devieriana Kita bisa sambil bermain dengan imajinasi melalui kata/gambar

#imagineview A4c. @devieriana Sekaligus mendapatkan pengetahuan & pelajaran berharga ttg hidup mlalui pesan moral yg tersirat didalamnya.

#imagineview A4d. @devieriana David McClelland mengatakan dongeng sebelum tidur bisa mempengaruhi nasib sebuah bangsa (end)

#imagineview Q5. Menurut anda, apa arti anak-anak (jamak) bagi kehidupan dan Indonesia?

#imagineview A5a. @devieriana Anak2 itu ibarat kertas putih kosong, mnjadi brwarna apa tergantung lingkungan yg “menggambarnya”

#imagineview A5b. @devieriana Mereka punya kecenderungan menyimpang dr aturan, hukum, & ketertiban krn keterbatasan pengetahuannya.

#imagineview A5c. @devieriana Mereka lbh mudah belajar dgn contoh2 sederhana. Dia nantinya jg tumbuh berkembang mjd dewasa spt kita.

#imagineview A5d. @devieriana Tentu saja jiwa yang terbentuk adalah hasil olahan didikan di masa kecil.

#imagineview A5e. @devieriana Jadi kl ingin menjadikan mereka sbg sosok manusia yg positif ya tanamkan nilai-nilai positif sejak dini.

#imagineview A5f. @devieriana Positive parenting akan membuat anak Indonesia tumbuh lbh optimal scr fisik, psikososial, verbal & kreatifitas

#imagineview Q6. Bila semua harapan anda bisa terwujud, Indonesia seperti apa yang anda saksikan pada tahun 2045?

#imagineview A6a. @devieriana Wah, kl semua harapan saya bisa terwujud, Indonesia di 2045 menjadi sebuah bangsa besar yg maju pesat

#imagineview A6b. @devieriana Tak hny kaya sumber daya alam, tp mempunyai SDM berkualitas, mumpuni & berkarakter

#imagineview A6C. @devieriana SDM yang bisa mengolah sumber dayanya secara mandiri. Ah bakal kerenlah pokoknya🙂 (end)

#imagineview Q7. Bagaimana cerita dan pencerita bisa berkonstribusi dalam pembentukan karakter anak dan bangsa?

#imagineview A7a. @devieriana Lewat dongeng daya fantasi anak bisa lebih berkembang.

#imagineview A7b. @devieriana Lewat dongeng anak dibawa ke sebuah dunia tanpa batas yg pencitraannya bisa diatur sesuai imajinasi mereka.

#imagineview A7c. @devieriana Lewat cerita, scr tak langsung kita (pencerita atau orangtua) membantu anak menambah perbendaharaan kata

#imagineview A7d. @devieriana Melalui cerita kita akan ikut membantu anak untuk mengembangkan imajinasi

#imagineview A7e. @devieriana sehingga akal pikiran mereka tetap aktif, terlatih untuk memecahkan beragam masalah.

#imagineview A7f. @devieriana Kita juga bisa menjadikan cerita sbg media penyampaian pengetahuan, akhlak, nilai2 di masyarakat.

#imagineview A7g. @devieriana Sehingga diharapkan nantinya melalui dongeng kita juga bisa ikut membentuk karakter anak dan bangsa.

#imagineview Q8. Adakah tips untuk membuat Indonesia yg kita imajinasikan terwujud?

#imagineview A8a. @devieriana Kita kadang perlu mempunyai mimpi, imajinasi, khayalan, keinginan yang kuat untuk mencapai sesuatu.

#imagineview A8b. @devieriana Seperti kata Paulo Coelho, “When you want something, all the universe conspires in helping you to achieve it”.

#imagineview A8c. @devieriana Ya, jika kita punya keinginan & niat yang kuat, dunia akan membantu kita untuk mewujudkannya.

#imagineview A8d. @devieriana Jadi, jgn remehkan kekuatan mimpi & imajinasi. Kl kita punya mimpi Indonesia akan lbh baik di masa yg akan datang,

#imagineview A8e. @devieriana Ya mulailah dari diri sendiri dulu. Nggak perlu menunggu atau menyalahkan orang lain.

#imagineview A8f. @devieriana Karena yg ada sekarang kita cenderung menyalahkan, blm sampai pada tahap mampu memberikan solusi.

#imagineview A8g. @devieriana Jgn tanyakan apa yg negara bisa berikan kepadamu tapi tanyakan apa yg bisa kau berikan pada negara (end)

Demikian #imagineview. Bila menginspirasi kamu, RT ya. Terima kasih sudah mengikuti

Follow Imagine Indonesia di Twitter: @imagineID

Posted with WordPress for BlackBerry.

3 Comments Post a comment
  1. Eh, termakasih sudah menginterview saya yah.. Walaupun balasannya lama banget😆 *sungkem*

    30/10/2010
    • hehehehe makasih juga dah bersedia diinterview

      31/10/2010

Trackbacks & Pingbacks

  1. Imagine View « Blog Indonesia Bercerita

Ngasih Komentar

