Skip to content

TDL8: Gunakan Kekuatan Unik Anda

Dengarkan The Dancing Leader 8

Sebuah survey yang dilakukan sebuah konsultan internasional pada jutaan karyawan di seluruh dunia menunjukkan hanya 20% dari mereka yang menggunakan kekuatan dirinya. Sungguh ironis, sebagian besar justru bekerja tidak menggunakan kekuatan diri mereka.  Kekuatan unik justru disimpan ketika bekerja.

Apa dampaknya ketika kita bekerja tanpa menggunakan kekuatan unik? Kita akan merasa terpaksa dalam bekerja, bekerja tidak sepenuh hati. Ketika bekerja kita tidak menjadi diri sendiri, menjadi orang yang berbeda. Kita menghadapi orang yang loyo, tidak antusias, dan enggan mengikuti perubahan. Kita bekerja tanpa hasrat, setengah hidup setengah mati.

Karyawan tidak menggunakan kekuatan uniknya karena para pemimpinnya juga begitu. Banyak pemimpin yang tidak otentik, memimpin dengan menggunakan topeng. Pemimpin yang tidak menggunakan kekuatan unik, anugerah dari sang pencipta. Dalam jangka pendek, mungkin akan baik-baik saja. Tetapi persoalan akan muncul ketika datang gelombang perubahan. Pemimpin yang awalnya baik-baik saja mulai mudah ragu, gampang berganti haluan, gentar dan tidak berani melakukan inovasi.

Menjadi The Dancing Leader berarti kita menjalankan kepemimpinan dengan sepenuh hati. Kita gunakan kekuatan unik dalam setiap aktivitas, sehingga seolah-olah melebur dalam aktivitas tersebut. Kita masuk dalam sebuah aliran energi yang begitu indah. Kaki, tangan dan tubuh terasa begitu ringan bergerak. Kita akan mengerahkan seluruh kapasitas untuk mengatasi tantangan, ibarat alunan ombak yang menghantam karang tantangan.

Tanyakan pada diri sendiri dan rekan anda, “Kapan terakhir kali anda menggunakan kekuatan unik anda dalam bekerja?

Ikuti terus dengan follow @bukik di twitter

Bukik.com bekerja sama dengan Trijaya FM Surabaya
akan menyiarkan insert
The Dancing Leader
mulai Senin 4 Oktober selama satu bulan
Ingat, setiap 18.45 atau 19.00 WIB
stay tune on Trijaya FM 104.7
Buat rekan-rekan luar Surabaya
Ikuti streamingnya di http://radiotrijaya.co.id
Jangan lupa masukkan reminder

3 Comments Post a comment
  1. Evy #

    bener mas Bukik. Mimpi deh hidup dlm organisasi yg spt itu. Krn yg kualami skrg, organisasi yg memayungi unit kerjaku blm spt itu, n entah kapan akan spt itu, mngkin nunggu sampai ada perombakan total dlm pemerintahan negeri kita. (keluhan seorang PNS)

    26/05/2011
  2. Bener, mas Bukik. Semakin sering kekuatan unik digunakan, tentu semakin terasa pemberdayaan yg ada di organisasi tersebut. Oh, betapa asyiknya berada di dalam organisasi seperti itu.

    15/10/2010
    • tengkyu mas

      03/11/2010

Ngasih Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: