Skip to content

Mini Tes IPTI : Apa Kepribadianmu?

Skala ini adalah mini Tes IPTI yang HANYA dapat digunakan untuk tujuan bersenang-senang sambil mengenali kekuatan diri. Tidak bisa digunakan untuk tujuan lain, khususnya yang serius.

Sebelum mengikuti mini Tes IPTI ada baiknya anda baca dulu posting ini.

Kita mulai Tes IPTI, silahkan simak dan pelajari caranya yang terdiri dari 9 poin berikut ini :

  1. Mini Tes IPTI akan meminta anda mengenali diri anda termasuk kutub mana dari 4 dimensi. Yaitu….
  2. Apakah anda Introvert (I)/Ekstrovert (E), Sensing (S)/Intuition (N), Feeling (F)/Thinking (T), Judging (J)/Perceiving (P)
  3. Perhatikan kodenya: I atau E, S tau N, F atau T, J atau P. Setiap kode ada 5 pernyataan. Jadi ada pernyataan I1, I2, I3, I4, I5.
  4. Bandingkan setiap pernyataan dengan diri anda. Sesuai skor 1, Tidak Sesuai skor 0. Lakukan pada semua pernyataan. Jangan terlewat
  5. Simak 40 pernyataan dibawah ini. Hitung skor anda. Berapa skor I, E, S, N, F, T, J, P
  6. Bandingkan skor antar pasangan I-E, S-N, F-T, J-P. Mana skor yang lebih tinggi itu adalah preferensi anda.
  7. Misal: I-E. I skor 4, E skor 1. Maka preferensi anda adalah I. Lakukan pada semuanya
  8.  Apabila skor antar kedua kutub sama, silahkan pilih mana yang lebih sesuai dengan diri anda.
  9.  Setelah anda skor semua, anda akan dapat tipe kepribadian anda dengan melihat kutub yang paling besar skornya. Misal: ENFP.

Silahkan cermati item Tes IPTI dibawah ini:

  1. (E1) Ketika berada di sekitar orang-orang, saya mengawali pembicaraan
  2. (E2) Ketika sedang berdua dengan orang lain, saya lebih suka berbicara
  3. (E3) Saya cenderung mudah mendapatkan teman baru
  4. (E4) Saya suka menghabiskan waktu luang untuk berinteraksi dengan orang lain
  5. (E5) Ketika sedang berkumpul dengan teman-teman saya akan lebih aktif bicara
  6. (I1) Ketika berada di sekitar orang-orang, saya menunggu diajak bicara
  7. (I2) Ketika sedang berdua dengan orang lain, saya lebih suka mendengarkan
  8. (I3) Saya cenderung perlu waktu lama untuk mendapatkan teman baru
  9. (I4) Saya suka menghabiskan waktu luang untuk berintropeksi atau sendirian
  10. (I5) Ketika sedang berkumpul dengan teman-teman, saya akan lebih banyak menanggapi pembicaraan
  11. (S1) Saya cenderung fokus kepada suatu hal secara mendetail
  12. (S2) Saya adalah orang yang realistis
  13. (S3) Orang lain mengenali saya sebagai orang yang lebih praktis
  14. (S4) Saya cenderung percaya dengan pengalaman
  15. (S5) Cara yang saya gunakan cenderung konvensional
  16. (N1) Saya cenderung melihat suatu hal secara menyeluruh
  17. (N2) Saya adalah orang yang imajinatif
  18. (N3) Orang lain mengenali saya sebagai orang yang lebih konseptual
  19. (N4) Saya cenderung percaya dengan teori
  20. (N5) Cara yang saya gunakan cenderung orisinil
  21. (T1) Kata yang paling tepat untuk menggambarkan saya adalah berkepala dingin
  22. (T2) Saya ingin orang lain mengenali saya karena bisa bersikap adil dalam mengambil keputusan
  23. (T3) Ketika sedang berbicara dengan orang lain saya mengatakan seperti apa dia sebenarnya
  24. (T4) Ketika saya harus mengkoreksi seseorang yang berbuat salah, saya akan segera melakukannya
  25. (T5) Yang lebih penting bagi saya adalah, mencapai tujuan
  26. (F1) Kata yang paling tepat untuk menggambarkan saya adalah pribadi yang hangat
  27. (F2) Saya ingin orang lain mengenali saya karena perhatian yang besar terhadap orang lain
  28. (F3) Ketika sedang berbicara dengan orang lain saya berhati-hati untuk menghindari konflik
  29. (F4) Ketika saya harus mengkoreksi seseorang yang berbuat salah, saya khawatir menyakiti perasaannya
  30. (F5) Yang lebih penting bagi saya adalah, menjaga perasaan orang lain
  31. (J1) Ruang kerja saya selalu terusun rapi
  32. (J2) Saya merasa diri saya sangat tepat waktu
  33. (J3) Saya menikmati ketika menyelesaikan sebuah tugas
  34. (J4) Saya lebih baik bekerja mengikuti jadwal yang telah dibuat sebelumnya
  35. (J5) Ketika mengerjakan sesuatu, saya membuat rencana mendetil di awal
  36. (P1) Ruang kerja saya tidak selalu rapi
  37. (P2) Saya merasa diri saya fleksibel terhadap waktu
  38. (P3) Saya menikmati ketika memulai sebuah tugas
  39. (P4) Saya lebih baik bekerja sambil memututskan apa yang akan dilakukan berikutnya
  40. (P5) Ketika mengerjakan sesuatu, saya menyesuaikan diri dengan situasi pada saat proses pengerjaan

Bila sudah mendapatkan tipe kepribadian, baca posting ini Hasil Mini Tes IPTI

Cari tahu gambaran kepribadian, cinta dan relasimu.

Ngasih Komentar

