Skip to content

TDL5: Inti The Dancing Leader

Dengarkan The Dancing Leader 5

Apakah anda masih ingat Mahatma Gandhi? Betul, seorang pemimpin kemerdekaan India, pemimpin yang rendah hati, sederhana, meyakini perjuangan tanpa kekerasan.

Anda ingat gaya Bung Karno? Berkobar-kobar dan penuh keyakinan diri dalam membakar semangat revolusi kemerdekaan. Inggris kita linggis, Amerika kita setrika.

Banyak orang kagum, bahkan dunia pun mengagumi keduanya!

Saya pernah ajukan pertanyaan kepada kawan-kawan saya, apa yang terjadi apabila mereka bertukar peran? Seorang teman menyergah, “Gak kebayang deh!” Teman lain sinis “Kamu itu tanya aneh-aneh aja”.  Tapi kawan yang awalnya diam kemudian menyela kami, “Sepertinya menarik, kekuatan mereka jadi tidak ada artinya!” “Sepertinya mustahil Bung Karno yang berkobar-kobar mengajak Rakyat India untuk bersabar dan mengalah mengikuti prinsip Ahimsa”

Ternyata, kepemimpinan itu bukan soal kemampuan super seseorang. Menjadi seorang pemimpin bukan berarti mempunyai sekian sifat atau keterampilan tertentu.

Apapun kekuatan anda, apakah semangat berkobar-kobar seperti Bung Karno, kerendahan hati seorang Gandhi atau kekuatan lainnya, anda bisa menjadi seorang pemimpin. Kepemimpinan itu soal interaksi, bagamana memijarkan kekuatan melalui interaksi kita dengan semesta.

Ibaratnya, seorang pemimpin itu penari, yang memijarkan kekuatan diri melalui gerakan sepenuh hati dan selaras dengan ritme perubahan. Terkadang bergerak selaras bersama penari yang lain, tak jarang pula bermain sendiri, tetapi kesemuanya serasi dalam sebuah pagelaran tari.

Tanyakan pada diri sendiri dan rekan anda, “Kapan terakhir kali anda memijarkan kekuatan diri anda dalam mengajak perubahan positif? Apa yang terjadi?”

Ikuti terus dengan follow @bukik
Bukik.com bekerja sama dengan Trijaya FM Surabaya
akan menyiarkan insert
The Dancing Leader
mulai Senin 4 Oktober selama satu bulan
Ingat, setiap 18.45 atau 19.00 WIB
stay tune on Trijaya FM 104.7
Buat rekan-rekan luar Surabaya
Ikuti streamingnya di http://radiotrijaya.co.id
Jangan lupa masukkan reminder

No comments yet

Ngasih Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: