Skip to content

TDL4: Perubahan itu Ritmis

Dengarkan The Dancing Leader 4 

Seorang kawan yang penikmat fisika pernah bertanya “coba lihat gedung di seberang itu. Menurutmu, apakah gedung itu bergerak atau diam?” “Ya mesti aja diam, masa gedung sebesar itu bergerak” sahut saya. “Coba perhatikan dan bayangngkan, bagaimana atom-atom yang membentuk gedung itu, apakah diam atau bergerak”. “Ooh, nah atomnya mestinya bergerak” jawab saya sambil setengah terkejut. “Nah, sekarang coba bayangkan kalau kamu bisa melihat gedung itu dari posisi jauh diatas bumi?” “Wah ya mesti bergerak, kan buminya bergerak”. “Betul, seluruh semesta ini bergerak mengikuti pola-pola tertentu”

Saya sempat lupa dengan pengalaman menarik itu tetapi teringat kembali ketika membaca kalimat dari Franciscus Welirang……. seluruh alam semesta ini….hidup dan sedang menari bersama kait-mengkait dalam irama abadi. Wow!  Ternyata pengalaman yang pernah saya alami diakui seorang pebisnis.

Sebuah organisasi pun bergerak dan berubah dalam suatu alunan ritmis tertentu.  Ada organisasi yang polanya serupa jazz yang mengandaikan setiap pemain bisa kreatif berimprovisasi. Organisasi lain, lebih memilih memainkan musik orchestra yang menuntut seluruh pemain bergelora sesuai alunan konduktor.

Setiap organisasi pun berada dalam lingkup bisnis yang mempunyai ritme tertentu. Sebuah pabrik manufaktur tentu berbeda dengan perusahaan telekomunikasi. Mereka berada dalam pola ritme yang berbeda.

Sadari ritme perubahan yang terdengar dalam diri, organisasi dan lingkungan luar yang lebih luas. Simak dan biarkan diri kita menari bersama dalam alunan musik perubahan.

Tanyakan pada diri sendiri dan rekan anda, “Kapan anda sadar akan ritmisnya sebuah perubahan? Bagaimana ritme yang anda rasakan?“

Ikuti terus dengan follow @bukik
Bukik.com bekerja sama dengan Trijaya FM Surabaya
akan menyiarkan insert
The Dancing Leader
mulai Senin 4 Oktober
selama satu bulan
Ingat, setiap 18.45 atau 19.00 WIB
stay tune on Trijaya FM 104.7
Buat rekan-rekan luar Surabaya
Ikuti streamingnya di http://radiotrijaya.co.id
Jangan lupa masukkan reminder
3 Comments Post a comment
  1. ayu_a #

    Pak Bukik, jadi perubahan itu alamiah ya Pak, hal alamiah untuk mencari/menuju keseimbangan, begitukah ?

    03/11/2010
  2. Yup setiap sesuatu ada yang berubah, karna tidak ada yang tidak berubah di dunia ini selain perubahan, thanks ms artikelnya menarik😉

    10/10/2010
    • ikuti terus serial the dancing leader ya

      tengkyu buat komentarnya

      10/10/2010

Ngasih Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: