Skip to content

TDL3: Perubahan itu Bersama

Dengarkan The Dancing Leader 3 

Terkadang saya merasa terlalu yakin dengan kemampuan diri saya sendiri, seolah perubahan bisa saya lakukan. Sampai suatu ketika saya berkenalan dengan seorang rekan kerja baru, yang berbeda karakternya dengan saya. Dalam bekerja sama, saya mencoba memaksakan gaya saya, tetapi sia-sia hasilnya. Justru malah sering terjadi pergesekan diantara kami.

Sampai akhirnya, Saya coba perhatikan gayanya, sesekali mengikuti gaya itu. Sampai suatu hari seorang sahabat lama berkomentar “kamu kok sekarang berubah? Jadi positif sih, tapi berubah”. “Ah masa sih?!” saya langsung membantahnya. Tapi setelah dipikir-pikir ada benarnya juga

Ternyata dalam lingkup lebih luas, bisnis kita sangat mungkin berubah dengan kehadiran pemain baru dalam pasar bisnis kita. Pemain baru itu bisa jadi kompetitor atau peran pendukung kita seperti suplier, customer baru atau rekan kerja. Kehadiran iPod misalnya, menjadi guncangan bagi para pemain di industri musik.

Saya belajar bahwa perubahan terjadi dalam konsteks interaksi kita dengan pihak-pihak lain. Kehadiran pemain baru bisa berdampak lahirnya perubahan. Ada interaksi baru dengan pihak lain bisa berdampak pada perubahan. Semuanya saling kait terkait secara langsung maupun melalui pihak lain.

Kita tidak pernah berubah sendirian. Perubahan itu bersama. Perubahan pada diri kita akan berdampak pada pihak-pihak yang berinteraksi dengan kita, begitu pula sebaliknya.

Tanyakan pada diri sendiri dan rekan anda “Kapan kita merasakan kehadiran rekan kerja atau orang dekat kita membawa dampak perubahan pada diri kita?”

No comments yet

Ngasih Komentar

