Skip to content

TDL1: Perubahan itu Alami

Dengarkan The Dancing Leader 1 

Apa yang berubah dari diri anda pada hari ini dibandingkan kemarin? Pertanyaan simpel ini seringkali membuat saya merasa tolol. Ternyata banyak yang berubah dari diri saya pada hari ini dibandingkan kemarin, atau dibandingkan satu jam yang lalu.

Kenyataan yang saya sadari, mau tidak mau, tubuh saya secara alami mengalami perubahan. Kulit, isi perut, rambut, dan banyak lagi. Walau saya tidak sadari, tapi perubahan itu terjadi. Mungkin setelah beberapa waktu, kita akan menyadari dampak perubahan itu, tapi senyatanya perubahan itu terjadi sepanjang waktu.

Begitu juga dengan bisnis atau organisasi saya. Tambahan debu di pojok kantor, keluarnya rekan kerja, respon berbeda dari customer, cash flow yang beda dan banyak lagi. Dari hari ke hari mengalami perubahan. Biasanya saya mengabaikan gejala-gejala kecil dan baru tersadar ketika ada kejadian besar yang menghantam bisnis saya.

Mau tidak mau, perubahan itu terjadi secara alami. Hanya saja, kita seringkali terjebak dalam persepsi indera kita. Karena perubahan itu alamiah, maka tak ada pilihan bagi kita selain menerima dan menari ditengah alunan ritme perubahan.

Kesadaran terhadap perubahan sekecil apapun akan membantu kita berseluncur diatas perubahan. Kesadaran itu akan mempengaruhi tindakan kita sehari-hari, menjadi lebih luwes terhadap gelombang perubahan.

Tanyakan pada diri sendiri dan rekan anda “Apa perubahan alami yang baru anda sadari saat ini?”

No comments yet

Ngasih Komentar

