Skip to content

Pemimpin itu awalnya tolol

Sebuah video inspirasi The Dancing Leader


Perhatikan awalnya gerakan simpel, yang kemudian berubah menjadi sebuah tarian bersama! Apa inspirasi dari video ini bagi anda sebagai seorang The Dancing Leader?
Baca transkrip lengkapnya:

Derek Sivers: Bagaimana memulai sebuah gerakan

Jadi, para hadirin semua di TED kita sering berbicara mengenai kepemimpinan dan cara menciptakan sebuah gerakan Jadi, mari menonton terciptanya sebuah gerakan, dari awal sampai akhir, kurang dari tiga menit dan menarik beberapa pelajaran darinya.

Pertama, seperti kamu ketahui, seorang pemimpin itu harus berani untuk terlihat berbeda dan jadi orang yang ditertawakan. Tapi apa yang dilakukannya sangat mudah diikuti. Jadi inilah pengikut pertamanya yang memegang peranan penting. Dia akan menunjukan kepada semua orang tentang bagaimana cara untuk mengikuti.

Sekarang, perhatikan sang pemimpin merangkul dia sebagai orang yang sederajat. Jadi sekarang, ini bukan mengenai diri sang pemimpin, ini tentang mereka berdua, bersama-sama. Sekarang, si pengikut pertama memanggil teman-temannya Sekarang, jika anda perhatikan, pengikut pertama sebenarnya merupakan kepemimpinan yang agak diremehkan. Padahal menjadi pengikut pertama itu membutuhkan nyali besar untuk tampil beda. Tapi si pengikut pertamalah yang merubah seorang sinting menjadi pemimpin (Tertawa) (Tepuk tangan)

Dan kini datanglah pengikut kedua. Kini bukan satu orang sinting, bukan pula dua, tapi tiga, dan tiga adalah kerumunan, dan sebuah kerumunan adalah berita. Jadi, sebuah gerakan haruslah tampil di depan umum. Itu sangat penting, tidak hanya menampilkan sang pemimpin, tetapi juga menampilkan sang pengikut karena karena seperti kamu lihat, para pengikut baru meniru pengikut sebelumnya, bukan mengikuti sang pemimpin.

Sekarang, datang lagi dua orang, dan segera setelah itu tiga orang lagi. Kita dapatkan momentum. Inilah titik ekstrimnya (TIPPING POINT). Kini kita punya sebuah gerakan. Perhatikan, semakin banyak orang yang ikut, resikonya jadi berkurang. Jadi mereka yang hanya duduk dipinggir sebelumnya, tak punya alasan lagi untuk tidak melakukannya. Mereka tidak akan terlihat aneh. Mereka tidak akan diolok. Namun, mereka bisa bergabung bila bergerak cepat (Tertawa). Lalu, sepanjang satu menit kedepan, terlihat semua orang bergabung dengan keramaian karena mereka akan diolok-olok bila tidak bergabung, dan inilah cara bagaimana anda memulai suatu gerakan.

Ayo kita petik beberapa kesimpulan dari ini. Jadi pertama, jika anda bertipe, seperti pria tak berkaos yang berjoget sendirian, ingatlah akan pentingnya mendidik para pengikut awal anda sebagai sederajat sehingga jelas bahwa ini semata mengenai gerakan, bukan tentang anda. Oke, tetapi kita kurang menyadari pelajaran utamanya.

Pelajaran terbesar, jika kamu perhatikan — kamu sadar tidak? — yaitu kepemimpinan agak terlalu dilebih-lebihkan, memang iya, si pria tak berkaos yang memulai, dan dia mendapat semua pujian, tetapi sebenarnya pengikut pertamalah yang merubah seorang sinting menjadi pemimpin. Jadi, kita sering didorong agar menjadi pemimpin semua, itu akan sangat tidak efektif.

Jika kamu sangat ingin memulai sebuah gerakan, beranilah untuk mengikuti dan tunjukkan yang lain caranya mengikuti. Bila kamu melihat seseorang melakukan sesuatu yang aneh tapi bagus, beranikan diri untuk menjadi yang pertama untuk berdiri dan bergabung. Dan tempat terbaik untuk itu, adalah TED.

Terima kasih. (Tepuk tangan)

Apakah anda terbayang akan spirit dan tindakan seorang The Dancing Leader?

Sumber:

http://www.ted.com/talks/lang/ind/derek_sivers_how_to_start_a_movement.html

No comments yet

Ngasih Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: