Skip to content

Nyanyikan Lagu Perubahan

Piala Dunia 2010 telah berlalu. Tapi setiap perhelatan akbar akan meninggalkan banyak pelajaran bagi kita. Termasuk dalam manajemen perubahan organisasi. Apa itu?

Prinsip Positive
Piala Dunia melahirkan energi positif ke seantero penjuru dunia. Energi yang memicu emosi-emosi positif. Kegembiraan. Excited. Antusiasme. Kebahagiaan. Solidaritas. Bahkan, ketika tim kesayangan kalah pun masih bisa melahirkan emosi positif, rasa kebersamaan. Kita saksikan ekspresi emosi positif itu tidak hanya di arena pertandingan, di layar kaca, bahkan disekitar kita yang ribuan kilometer dari tempat penyelenggaraan. Emosi positif akan memberdayakan orang untuk melakukan tindakan-tindakan yang lebih positif dan kreatif.

Prinsip Anticipatory
Piala Dunia mengkonstruksikan kembali citra (image) suatu bangsa. Dalam kehidupan sehari-hari, suatu bangsa cenderung menjalani kehidupan sebagai individu atau kelompok tertentu yang berinteraksi dengan individu atau kelompok lain. Ada batas-batas imajiner yang memecah suatu bangsa. Perayaan piala dunia menyatukan kembali keterpecahan itu menjadi kesatuan bangsa yang utuh. Bukan lagi, orang Uruguay kaya atau orang Uruguay miskin. Hanya ada satu, Uruguay! Tak heran apabila Presiden Uruguay, mengatakan aksi Luis Suarez, Diego Forlan dkk yang penuh semangat mempersatukan Uruguay yang menurut sang presiden secara sosial dan politik sulit dipersatukan. “Anda semua telah memberi negeri ini pelajaran soal keberanian dan memberi kami keberanian untuk berharap dan bermimpi,” ujar Presiden Jose Mujica.

Prinsip Social Constructionist
Piala Dunia adalah sebuah perhelatan yang dikonstruksikan secara sosial. Ada percakapan dan interaksi antar pihak yang terlibat piala dunia. Proses konstruksi sosial tidak saja berlangsung diantara FIFA, panitia penyelenggara, negara peserta, sponsor atau pihak-pihak yang “besar”. Tapi juga antara pihak yang “besar” dengan pihak “kecil” seperti penonton. Bahkan, konstruksi terjadi diantara para penonton. Apa saja proses konstruksi yang menarik?

  1. Upacara pembukaan dan penutupan. Tuan rumah berhasil menyajikan sebuah atraksi yang tidak saja meriah tetapi sangat khas Afrika Selatan.
  2. Vuvuzela. Alat musik khas Afrika yang kontroversial. Keras, meriah tapi dapat merusak pendengaran.
  3. Lagu “Waka-Waka” dan Tarian Waka-Waka. Lagu dan tarian yang memeriahkan sepanjang pagelaran piala dunia

Bagaimana poin pelajaran dari piala dunia 2010 itu kita gunakan dalam manajemen perubahan?

  1. Langkah awal perubahan adalah sense of urgency. Upaya agar semua anggota organisasi merasakan berada dalam situasi krisis dan keterdesakan perubahan. Tetapi setelah itu, eksekutif perlu mengkonsolidasikan emosi positif pada seluruh anggota organisasi. Bagaimana rasa yakin, saling dukung, kegembiraan, percaya diri, dan passion bisa mewarnai suasana organisasi?
  2. Ketika visi dan strategi perubahan telah tersusun, tantangan seorang eksekutif adalah melakukan eksekusi dan menjaga kelestarian proses perubahan. Seorang praktisi perubahan dapat membantu eksekutif menghadapi tantangan tersebut, dengan mengggunakan artefak seperti upacara, simbol, tarian dan lagu perubahan. Artefak ini dapat digunakan agar spirit dan emosi positif terus terjaga sepanjang proses perubahan. Mungkin terlihat remeh dan bukan hal yang rasional. Tetapi, perubahan organisasi tidak semata urusan bisnis atau rasional semata. Perubahan organisasi juga mempunyai sisi manusianya. Perhatikan dan perubahan akan berjalan mulus.
  3. Artefak-artefak piala dunia seperti upacara, lagu dan tarian tidak semata-mata bersifat emosional. Praktisi perubahan dapat mengkemas artefak itu agar spirit dan isi-nya sesuai dengan arah perubahan. Oleh karena itu, menyanyikan lagu perubahan berarti membangun emosi positif sekaligus upaya mengingatkan kembali akan arah perubahan.

Nyanyikan, nyanyikanlah Lagu Perubahan.

Apa lagu perubahan organisasi anda?

6 Comments Post a comment
  1. Inspiratif sekali artikelnya mas, piala dunia ternyata menyimpan berbagai hal positif diluar sekedar pertandingan sepakbloa kelas dunia. Salam kenal dan salam dasyat!😀

    17/07/2010
    • Salam kenal pula

      Saya sudah berkunjung ke blog kamu
      Tapi sepertinya komentaar saya gak ke submit

      17/07/2010
      • Sudah diperbaiki mas.. kemarin sistem moderasinya masih nyala. Makasih buat kunjungan baliknya😀

        18/07/2010

Trackbacks & Pingbacks

  1. Waka-Waka: Tarian Perubahan « bukik ideas
  2. K’naan: Wavin Flag « bukik ideas
  3. Shakira: Waka Waka (This Time For Afrika) « bukik ideas

Ngasih Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: