Skip to content

Rumah Zakat: Rebrand!!

Baca di twitter kalau Rumah Zakat ganti logo. Kebayang di benakku kalau warnanya “hijau”. Tapi setelah ditelisik, WOW! Ternyata…….


Warna logonya oranye. Saya membayangkan warna hijau mungkin saya semena-mena menilai kalau gerakan Islam itu identik dengan warna hijau. hehe saya kolot banget ya….? Pikiran kolot saya semakin merasa WOW ketika melihat websitenya di http://www.rumahzakat.org/. Keren!

Saya tidak mendapatkan penjelasan akan arti warna oranye di websitenya. Tapi kesan saya, warna oranye itu melukiskan semangat, optimisme, visi cerah akan masa depan. Suatu warna yang penuh percaya diri dalam melangkah ke depan.

Nah pergantian logo yang memikat itu menyimbolkan sebuah perubahan yang mendasar dari Rumah Zakat. Sekarang, Rumah Zakat mendefinisikan diri sebagai World Class Socio-Religious NGO! Sebuah gerakan sosial Islam yang percaya diri untuk tampil terbuka di dunia global. Lepas dari kesempitan agama. Jadi, walau tetap berpijak pada pondasi Islam namun melangkah ke depan dengan tangan terbuka. Mereka menyebutnya sebagai sharing confidence.

Rumah Zakat menetapkan 3 nilai utama trusted, progressive, dan humanitarian. Saya terpesona dengan pilihan Rumah Zakat. Saya membayangkan Zakat bisa jadi berasal dari umat Islam tetapi dikonstribusikan pada seluruh golongan masyarakat. Ini mungkin penerjemahan bahwa Islam membawa rahmat pada semesta alam.

Bahkan Rumah Zakat telah melampui kebiasaan-kebiasaan banyak organisasi sosial dan bisnis. Rebranding tidak semata-mata berkaitan dengan pihak eksternal. Rebranding juga berkaitan dengan pihak internal, anggota organisasi sendiri.

Salut! Semoga impian Rumah Zakat terwujud di masa mendatang!

Baca juga Branding: Menemukan Identitas Diri

4 Comments Post a comment
  1. meta #

    makasih pak posting ini, sangat mengingatkan ^^
    semoga kita semua bertindak

    11/07/2010
    • Mengingatkan apa emangnya?
      Belum bayar zakat?

      12/07/2010

Trackbacks & Pingbacks

  1. Branding: Menemukan Identitas Diri « Smart Thinking Point and Idea
  2. Branding: Menemukan Identitas Diri « bukik ideas

Ngasih Komentar

