Skip to content

Branding: Menemukan Identitas Diri

Corporate Branding itu upaya perusahaan mengenalkan diri pada masyarakat luas! Betul! Tetapi juga mengenalkan diri pada karyawan perusahaan itu. Nah lho!? Apa artinya?

Beberapa waktu yang lalu mengisi sesi di sebuah perusahaan. Mereka telah mempunyai serangkaian nilai yang menjadi nilai perusahaan, sebuah bagian dari upaya branding mereka. Herannya, eksekutifnya banyak mengeluhkan para manajernya yang kurang inisiatif, lebih menunggu dan kurang inovatif. Nah lho!? Bagaimana mengenalkan diri ke masyarakat sebagai perusahaan inovatif dengan orang-orang yang tidak inovatif?

Pikiran saya langsung terbersit ide liar! Saya membayangkan sebuah bisnis konsultan yang menggabungkan upaya eksternal dengan upaya internal. Selama ini yang banyak dikenal adalah konsultan marketing yang mengurus relasi perusahaan dengan lingkungan eksternal dan konsultan HRD atau OD/OC (organizational development/organizational change) yang mengurus pembenahan sistem internal organisasi. Seakan dunia luar terpisah dengan dunia dalam.

Apa dampaknya? Perusahaan menjadi berkepribadian ganda, mempunyai dua wajah. Wajah eksternal dan wajah internal. Ketika perubahan terjadi, perusahaan memperlakukan costumer sebagai manusia tetapi memperlakukan costumer sebagai mesin. Ketika perubahan terjadi, perusahaan melakukan upaya marketing yang memikat hati masyarakat tetapi hanya menginformasikan melalui surat tugas kepada karyawan. Tak heran apabila perusahaan bisa merebut hati costumer tetapi karyawannya resisten terhadap perubahan.

Sudah saatnya dua dunia itu bersatu dan terintegrasi menjadi kesatuan yang utuh. Melalui apa? Branding! Branding menjadi upaya mengenalkan diri kepada masyarakat sekaligus mengenalkan diri kepada anggota organisasi. Identitas perusahaan yang dikenal oleh customer adalah identitas perusahaan yang dikenal oleh karyawannya.

Kebetulan setelah lama memendam rasa ingin tahu, akhirnya saya berkunjung ke website Rumah Zakat. Mereka telah melakukan upaya reband yang luar biasa, Rumah Zakat: Rebrand!!. Saya mengikuti intuisi saya, dibalik karya luar biasa ada praktisi yang luar biasa. Ternyata upaya Rebranding itu dilakukan oleh sebuah konsultan branding internasional, The Brand Union. Mereka pula yang menangani Vodafone, Standard Chartered, Credit Suisse, Allianz, Castrol, Bank of America dan Shell.

Setelah masuk ke websitenya, The Brand Union memang luar biasa. Mereka tidak hanya menangani brand sebagai komunikasi ke pihak eksternal, tetapi juga mengkomunikasikannya ke pihak internal. Itu tergambar dari 5 aktivitas utama mereka yaitu riset, desain, strategi branding, engagement dan evaluasi.  Aktivitas engagement ini meliputi

  • Behaviour Change
  • Brand Experience
  • Employee Insight and Diagnostics
  • Internal Communications
  • Leadership Engagement and Team Dynamics
  • Measurement
  • Organisational Development

Jujur saya baru tahu ada konsultan branding yang sampai menangani perubahan perilaku dan pengembagan organisasi. Menurut saya, mereka melakuakn terobosan yang luar biasa. Pikiran saya berputar bagaimana mengembangkan kurikulum MPPO (magister perubahan dan pengembangan organisasi) yang tengah saya pimpin sekarang.

Ehm terpikir dalam benak ini sebuah ide bisnis, sebuah blue ocean strategy. Apa itu? Ada yang tahu?

6 Comments Post a comment
  1. yup!
    saya sendiri merekomendasikan corporate branding ditangani oleh departemen pengembangan organisasi atau change management specialist. Atau paling tidak pada unit yang menangani budaya organisasi. Mengapa? harus ada konsistensi (bukan berarti harus sama) antara nilai yang ditawarkan ke pihak eksternal maupun ke internal

    menurut saya, corporate branding kurang lebih sama dengan employer branding

    21/07/2010
  2. Benar Pak …
    Corporate Branding kepada Internal … kepada karyawan sendiri sangat penting …
    Di beberapa perusahaan saya lihat ada yang khusus menangani masalah ini …
    ada juga yang dirangkap dengan Dept. Komunikasi dan Hubungan Internal Karyawan

    Ini sama nggak ya dengan Employer Branding ?

    21/07/2010

Trackbacks & Pingbacks

  1. Branding: Menemukan Identitas Diri « Smart Thinking Point and Idea
  2. Rumah Zakat: Rebrand!! « bukik ideas

Ngasih Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: