Skip to content

Tentang Ayah

Dari yogya, malang, bengkulu sampai papua, ayah mencari rejeki buat keluarga #tentangayah

Sering ke luar kota, sekalinya datang ngajak nonton bioskop Superman 2 (atau 4 yah?) ktk aku baru berusia 4 tahun #tentangayah

Di tengah hutan papua dan keterbatasan, bapak tetap konsisten membuat suprise buat anaknya. #tentangayah

Yg paling suprise, bapak pulang membawa 2 dus buku2 keren. Di pelosok papua? Ini bapak tau caranya nyenengin anaknya #tentangayah

Selama liburan SD, 2 dus buku kubaca habis. Dimasukkan dus lagi, dibawa bapak. Eh dikembalikan ke perpus desa yg dipimpinnya #tentangayah

Lebih baik jadi pemimpin di desa, daripada jadi bawahan di kota. Bapak memimpin desa di papua #tentangayah

Di papua, bapak sering perjalananan antar desa. Di tas ranselnya pasti tersimpan sebuah celurit #tentangayah

Bapakku sociable, seneng jagongan (cangkruk), banyak bicara. Hikz tidak menurun padaku #tentangayah

Bapak kerjanya merintis pembentukan desa di papua, berjuang membangun. Tak pernah memelihara. Turun ke aku sptnya #tentangayah

#rindu itu duduk di atas motor yg dituntun bapak melewati jembatan tinggi di pelosok nimbokrang, papua

#rindu itu saat bapak jd pelindung kami yg ada dibawah ranjang ketika dikepung oleh OPM (organisasi papua merdeka)

Bapakku emosional, passionnya meluap-luap. Penuh energi wl di tengah kesunyian hutan papua #tentangayah

#pialadunia 1986, bapak rajin nge-cash aki agar kita bisa nonton tivi. Papua tak ada pln #tentangayah

Sampai suatu hari, bangun tidur bapak ngantuk berangkat nge-cash aki dg naik motornya. Aki jatuh, cuwil. Marah2 ke diri sendiri #tentangayah

Bapak yg ngajari aku catur, remi bahkan gaple (domino) berpasangan! Ketika aku msh 3 SD. Bersyukur bisa jd media sosialisasi #tentangayah

Bapak itu org yg melindungi warganya! Clurit ditangan, siap adu clurit ktk ada warga yg meminta perlindungan di kantornya! #tentangayah

Krn adu clurit utk melindungi warga, bapak ditarik dr lapangan, jadi pegawai staf. Bapak stress. Menurun ke aku #tentangayah

Stress itu jadi pemicu bapak opname.keluar.opname lagi. Aku ebtanas nunut di rumah guru agamaku, pak Abas Saka, orang baik #tentangayah

Sempat keluar dr opname, mengantarku daftar SMP 1 Abepura, 40km dr rumah. Aku keterima 2 bulan. Bapak opname lagi #tentangayah

Bapak opname di RSUD Jayapura di Dok 2 tanpa pernah dokter tahu persis apa penyakitnya. Keluarga berencana mbawa bapak ke jawa #tentangayah

3 hari sblm ke jawa, aku mbesuk dan nginep di RS. Sorenya aku pulang ke rumah. Besok sekolah kata ibu #tentangayah

2 hr sblm ke jawa. Aku di jemput di sekolah.kupikir ngantar bapak ke bandara. Ternnyata, bapakku meninggal #tentangayah

Bapak meninggal subuh 2 september 1987. Beliau dimakamkan di TPU sentani. Sampai sekarang masih damai di sana #tentangayah

Pelajaran: jangan paksa orang bekerja pd posisi yg BUKAN jd passionnya! Tdk hny kurang produktif! Tp jg mengancam eksistensinya #tentangayah

Sekarang rasanya merasakan stress bapakku ktk ditarik dr lapangan menjadi pegawai staf! Belajar dari sejarah #tentangayah

Bapakku itu pelopor, pemberani, pelindung, penuh passion. Selera musik dan baca bermutu. Seorang pemimpin #tentangayah

Wl mukul betisku dg sapu, tp bapak ambil alih tanggung jawab ktk aku merusakkan antena radio orang lain. “Ya begitu anak kecil” #tentangayah

Bapak tidak pernah membuatku malu di depan orang lain. Seakan tahu, anak kecil pun punya martabat #tentangayah

Bapak org slawi, rambut ikat, gendut, kulit putih spt orang cina. Melihat damai, anakku, spt melihat bapakku #tentangayah

Bapak tau politik, tp tak suka politik! Bapak itu birokrat tp tak suka birokrasi! Bapak itu bisa bisnis, tp tak pernah kaya. #tentangayah

Bapak mengajariku dagang jeruk eceran keliling desa jalan kaki. Anak kepala desa? Biarin! Yg penting halal #tentangayah

Sumpah! Aku lupa apa nasehat bapak! Aku hanya ingat kisahnya, dan pelajarannya. Bapak itu guru tp tak menggurui #tentangayah

Sudahan dulu kisah soal bapak. Siap2 nonton bola, kebiasaan warisan bapak! happy father’s day semuanya! #tentangayah

10 Comments Post a comment
  1. Pak Bukik udah berhasil bikin saya galau. Ayah saya juga mantan kades dengan karakter yang hampir sama dengan ayah Pak Bukik, Sering sampai stres juga gara-gara ngurusin orang lain. Saya merasa sifat-sifat beliau banya yang diwariskan ke saya. Alhamdulillah beliau masih ada. Tapi saya merasa belum bisa menjadi anak berbakti.
    Satu lagi yang membuat saya galau, apa bedanya antara berada di tempat yang tidak sesuai dengan passion atau kita belum bisa klop aja dengan lingkungannya. Saya takut “passion” hanya jadi pelarian dan pembenaran saya untuk bisa keluar dari kondisi sekarang.😀

    04/03/2013
    • Hahaha emang…..aku nulisnya juga sambil galau😀
      Gunakan akhir pekan untuk menekuni passionmu, lakukan, lihat hasilnya. Apakah tetap menyenangkan? Apakah bisa konsisten? Apakah bisa menghasilkan? Bila iya, kamu harus pilih passionmu. Bila tidak, tahulah harus bagaimana

      04/03/2013
      • Sip! Terima kasih nasehatnya.😀

        05/03/2013
  2. nisa #

    Salam sukses slalu

    29/10/2010
  3. Sebuah persembahan untuk Bapak yang sangat indah pak Budi …

    Bapak itu guru tp tak menggurui
    Saya suka kalimat ini …
    Dan sedapat mungkin kepingin saya tiru …

    Salam saya Pak Budi

    09/07/2010
    • Terima kasih pak
      Tidak banyak yang bisa saya ingat
      Sesuatu yg saya sesalkan

      09/07/2010
  4. PAI #

    Salam kenal aja mas!,hehe…

    08/07/2010
    • salam kenal juga

      08/07/2010
  5. Teetha Kusuma #

    Suka baca tulisan Pak Bukik tentang ayah ini…

    Hmm, bikin kangen Papa.

    04/07/2010
    • hehehe
      mbrebes mili nulis ini

      04/07/2010

Ngasih Komentar

