Skip to content

Street Attraction: Peluncuran Berbahaya.org

Satu orang berkaos merah bertuliskan Berbahaya.Org melintas. Melintas lagi orang berkaos merah Berbahaya.org. ..eh lagi…..eh lagi …lho ada lagi…..lho ada lagi….. Kalau telaten ngitung pasti nemu angka 16 yang telah melintas. Tepatnya, dari depan Plasa Surabaya menuju bunderan perempatan balai pemuda.

Kemudian, satu per satu menyebrang jalan menuju bunderan. Barisan ini mengisi formasi masing-masing. Setiap sisi terdiri dari 4 agen berbahaya. Setelah semua menempati posisi, seluruh agen tiba-tiba membeku begitu saja. Mereka membeku dengan berbagai gaya. Gaya menantang, gaya kosong, gaya menari, gaya kupu-kupu, gaya dada, gaya bebas……heheh kayak renang aja ya…. Aksi membeku itu simpel tapi memikat. Pengguna jalan memperhatikan dan melambatkan kendaraan mereka, walau sebenarnya kondisi jalan memungkinkan mereka melaju lebih cepat.

Beberapa menit membeku, seorang agen berteriak lantang “Kabar Baik Indonesia?”. Dan dijawab serempak, “Berbahaya!”. Itulah tanda diluncurkannya Berbahaya.org, sebagai sebuah komunitas kreatif di Surabaya. Sekaligus, peluncuran pagelaran “street attraction” sebagai sebuah atraksi yang mengimprovisasi situasi rutin keseharian yang monoton. Atraksi yang sifatnya praktis, simpel, mendidik dan memikat. Nantikan atraksi-atraksi lainnya. Dan siap-siap apabila kamu tiba-tiba nantinya akan menjadi bagian dari sebuah atraksi. Nikmati saja
Setelah itu, para agen kembali melintasi jalur semula menuju kembali ke Plasa Surabaya. Wah ternyata street attraction itu bikin ketagihan. Dari depan delta, formasi barisan satu per satu di peragakan kembali menuju food court. Makan dulu. Energi terisi lha kok masih ketagihan. Akhirnya, sang sutradara menyusun skenario kilat.

Meluncurlah para agen menuju ke TB Gramedia. Masuklah para agen ke toko buku itu. Pas di depan pintu masuk, setiap agen tiba-tiba bergerak dengan gaya slow motion. Wah agen paling berbahaya adalah Miftah. Slow motionnya seperti di film. Begitu penuh penghayatan. Miftah masuk dan satpam takjub-takjub menyaksikan atraksi itu. Apalagi disusul oleh agen-agen yang lain. Pengunjung yang kebetulan berpapasan tak urung menoleh dan tersenyum. Bapak-bapak satpam itu mulai memanggil seluruh personel melalu radio panggil mereka untuk memantau keberadaan agen berbahaya.

Dalam toko, setiap agen beraktivitas layaknya pembeli buku. Tapi datanglah sang sutradara yang memegang remote control. Sekali di remote, maka agen akan membeku selama 20 detik. Agen tiba-tiba diam ditengah aktivitas mereka. Ada yang membuka buku, terus diam. Ada yang beku ketika menggaruk kepala. Ada yang habis jongkok terus mau berdiri eh kena remote, berdiri nanggung gitu. Apapun aktivitasnya, para agen langsung membeku ketika kena remote.

Setelah 10 menit dalam toko, sang sutradara memberikan kode untuk keluar dari toko buku. Keluarlah para agen berbahaya. Tunggu dulu. “Kok mereka jalannya mundur?”. Betul. Agen berbahaya keluar dengan jalan mundur. Dimanapun posisi mereka. Hehe jadi sampai ada agen berbahaya yang menabrak bapak-bapak yang tengah membaca buku. Maafkan pak. Kami sengaja kok. Hehe Semuanya mundur sampai keluar toko dan berbaris di depan toko.

Setelah semua agen keluar, seorang tak dikenal berteriak lantang “Kabar Baik Indonesia?”. Dan serentak para agen berteriak “Berbahaya!”.
Itulah serangkaian “street attraction” pertama kami. Orang-orang yang bergabung di komunitas Berbahaya.Org. Berani melakukan yang lebih berbahaya? Lebih memikat? Lebih gila?

Sumber: http://www.berbahaya.org/?page=news-detail&id=22

11 Comments Post a comment
  1. debyahudh #

    pantomim.. pantomiim..
    pantomim yuuk

    25/05/2010
    • Pantomim? Ayo aja
      Pantomim jadi bintang favorit masing-masing yang bertugas membantu kelancaran lalu lintas yang padat/macet?

      26/05/2010
  2. hei-hei…
    boleh kah saya ikut.
    tapi saya masi kecil..😦

    14/05/2010
    • Bukik #

      hei hei hei
      siapapun boleh ikut street attraction berikutnya
      ikuti infonya di web ini atau http://berbahaya.org
      kita briefing sebentar trus beratraksi
      berani?

      14/05/2010
  3. dyz #

    Bagus..bagus..pak..
    Unik…lucu..menyegarkan..dan pastinya BERBAHAYA…
    Bisa di bayang’in tuch reaksi satpam’e manggil teman-teman’e yang lain, pasti syok liat sekumpulan orang-orang berbahaya tiba-tiba menyerbu dengan gerakan slow-motion’nya.. Hahahaha..
    Keep up your good work..

    11/05/2010
    • Bukik #

      Huehehehehehe
      Aku sendiri di awal sempat sakit perut, ngakak sendiri.
      Ayo ayo
      Berani ikutan?
      Nantikan atraksi berikutnya

      11/05/2010
  4. salam kenal dan salam berbahaya!

    kreatifitas tanpa batas untuk indonesia jaya😉

    11/05/2010
    • Bukik #

      Huehehehehe
      Salam berbahaya!

      Matur nuwun kunjungannya

      Semoga jadi segar setelah berkunjung

      11/05/2010
  5. ratna #

    ya ampun nyeselnya saya gak bisa ikut pak..padahal saya dah siap berangkat wktu itu tapi adek saya pulang dari sekolah dan sakit, jadi saya nganter dia ke RS deh..

    lain kali kalo ada lagi saya mau ikut pak..boleh??
    seru bgt tuh,…hehhee

    08/05/2010
    • Bukik #

      yeaaaaaah
      ayo ayo ntar ikutan atraksi berikutnya yaaa

      masih banyak kok
      dan pasti lebih seru

      09/05/2010

Trackbacks & Pingbacks

  1. kultuit #streetattraction « bukik ideas

Ngasih Komentar

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: