Skip to content

Appreciative Inquiry at Myrada

Bagaimana kiprah Appreciative Inquiry dalam pengembangan kapasitas komunitas?

4 Comments Post a comment
  1. Ferry Arrison #

    Very nice and inspiring. Mohon izin saya download filenya ya mas bukik. Tugas saya di business development, dan sangat tertarik dengan subject seperti pengembangan organisasi seperti ini.
    Salam kenal and thanks.

    25/05/2010
  2. asri #

    hemmm… utk comdev? bisa juga ya pak dipake? bolehlah ikut belajar soal AI utk comdev klo mmg bisa dipake. saat ini utk comdev mmg baru sebatas temu kenali potensi masyarakat/komunitasnya dgn social mapping. saya jadi inget ketika menyebut kata “kepribadian masyarakat”, lalu ada yg merasa aneh dan tertawa. tp mmg sy lihat blm sampe ke aspek psikologinya. yaitu td. baru sebatas pk social mapping, dipetakan soal segala potensi sumber daya materiil maupun non materiil kecuali psikologi.

    23/05/2010
  3. Pertama
    Appreciative Inquiry itu pendekatan untuk pengembangan komunitas, bukan pengembangan individu. Ai lebih fokus pada relasional daripada pada individu per individu. perubahan terjadi ketika perubahan relasi

    Kedua
    Saya pun sampai saat ini belum menemukan CSR yg menggunakan pendekatan AI untuk comdevnya. ada tanggapan?
    Di Indonesia saja sudah ada kok. Apalagi di dunia.
    Kalau tidak dicari tentu tak ada
    Ada kalau hanya dicari

    Coba cek link ini
    http://appreciativeinquiry.case.edu/practice/organization.cfm?sector=22

    Indonesia
    http://www.access-indo.or.id/docs/ACCESS_AI_Presentation_Nepal.pdf

    aku email juga sebuah cerita lepas tentang pengalaman kawan-kawan di nusa tenggara (yang mungkin secara ekonomi lebih terbelakang dari pada surabaya/kota besar, tapi secara metode bisa jadi jauh lebih maju)

    19/05/2010
  4. muze #

    hemm..

    Pertama buka podcast ttg AI ini, saya langsung tertarik dengan tagline “Inquiry dalam pengembangan komunitas”. Sesuai dengan apa yang saat ini sedang saya coba kenali mengenai CSR, dimana didalamnya terdapat konsep tentang community development. Tidak jauh beda dengan apa yang dilakukan oleh Myrada.

    Saya memang belum begitu memahami tentang AI dan bagaimana penerapannya, satu hal yang saya sangat setuju adalah konsep pengembangan individu dengan melihat pada nilai positif yang dimiliki, kekuatan dan impian terhadap masa yang akan datang. Dengan melihat hasil dari proyek Myrada itu, saya yakin AI dapat menjadi sebuah pendekatan bagi CSR untuk mencapai salah 1 dimensinya yaitu comdev. Saya pun sampai saat ini belum menemukan CSR yg menggunakan pendekatan AI untuk comdevnya. ada tanggapan?🙂

    Best Regards,

    18/05/2010

Ngasih Komentar

